Ini Dia Perbedaan Aneka Minuman Boba | Bubuk Minuman JAPO

Ini Dia Perbedaan Aneka Minuman Boba

Bagikan artikel ini

Istilah minuman boba tentu sudah dikenal oleh banyak orang. Terlebih kaum milenial. Di Indonesia sendiri minuman boba sering disebut dengan bubble tea atau boba drink. Padahal sebenarnya, boba, bubble dan pearl memiliki perbedaan asal usul loh. Yuk simak penjelasan berikut tentang aneka minuman boba.

 

Boba Drink

Asal boba drink sebenarnya dari Taiwan. Seiring perkembangan, boba masuk ke Indonesia dan mendapat tanggapan positif. Boba sendiri merupakan isian untuk minuman yang terbuat dari tapioka dan berbentuk bola – bola. Bisa untuk isian teh, jus, kopi atau susu.

 

Di Indonesia,milkshake boba adalah minuman yang sangat laris dijual. Hampir tiap usaha minuman boba menjual jenis minuman milkshake dengan isian boba. Milkshake boba merupakan minuman milkshake pada umumnya namun dengan diberikan pugasan berupa boba. Boba yang diisikan ke dalam milkshake merupakan bola tapioka atau tepung singkong yang dimasak menggunakan gula aren. Tekstur dari boba adalah kenyal atau al dente jika diistilahkan dalam pasta.

 

Bubble Tea

Setelah belajar tentang isian boba dalam milkshake boba, sekarang waktunya kita belajar apa itu bubble tea dan apa bedanya dengan boba. Mirip dengan boba, bubble merupakan bola – bola tapioka juga, namun asal usul bubble tea ternyata berbeda dengan boba.

 

Jika boba berasal dari Taiwan, bubble tea berasal dari Amerika Serikat kemudian masuk ke Taiwan. Penjual minuman bubble tea pertama adalah Tu Tsong-he. Ia menjual minuman bubble tea di Hanllin Tea House. Kala itu ia hanya menjual minuman dengan isian bubble bewarna putih yang rasanya hambar dengan tekstur sedikit keras.

 

Lama kelamaan ia menambahkan rasa dan warna pada bubble hingga menjadi manis. Inovasinya itu kemudian diterima dengan baik oleh dunia hingga saat ini. Sebenarnya minuman bubble tea telah ada sebelum 1895. Dan mulai terkenal serta digandrungi di Indonesia baru – baru ini.

 

Pearl Milk

Di Indonesia, pearl dikenal juga dengan boba. Padahal pearl dan boba berbeda ya. Sama – sama berbentuk bola dan memiliki tekstur kenyal serta rasa yang manis, ternyata pearl dan boba memiliki perbedaan.

 

Pearl berukuran lebih kecil dibandingkan dengan boba. Jika disandingkan keduanya maka kita akan bisa melihat perbedaan pearl dan boba dengan jelas. Pearl sendiri sudah lama dikenal di Indonesia melalui gera- gerai minuman kekinian. Gerai pertama yang menjual pearl milk dengan aneka rasa adalah Chatime, MyCha, Calais dan Come Buy.

 

Dari gerai – gerai inilah lahir gerai lainnya yang menjual aneka minuman boba serupa baik dengan isian boba maupun isian pearl atau bubble. Biasanya pearl dipadukan dengan susu aneka rasa seperti taro, apel, dan lain – lain. Sedangkan bubble biasanya dipadukan dengan teh seperti teh hitam, teh hijau, dan, juga teh oolong baik dengan rasa orisinil maupun tambahan buah – buahan. Untuk boba sendiri campurannya bisa lebih bervariasi, mulai dari milkshake, teh hingga kopi.