kedai minuman kekinian

Ungkap! 7 Alasan Utama Kegagalan Kedai Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Bagi Anda yang punya keinginan terjun ke dunia bisnis, cobalah untuk membuka kedai minuman kekinian. Sebab, banyak kaum muda menggunakan kedai minuman sebagai tempat hiburan atau mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Namun, dibalik besarnya peluang bisnis minuman kekinian, pasti juga ada kendala yang harus Anda antisipasi. Apa saja?

Alasan Kegagalan Kedai Minuman Kekinian

Adapun beberapa hal yang menyebabkan kegagalan kedai minuman kekinian yang dapat Anda hindari yaitu:

1. Pemilihan Lokasi Kedai Kurang Strategis

Salah satu alasan paling mendasar kedai minuman gulung tikar adalah kurang tepat dalam memilih lokasi. Padahal, sebenarnya ketepatan dalam memilih lokasi yang strategis adalah kunci utama sebuah bisnis bisa berlanjut atau malah bangkrut.

Lokasi yang strategis untuk membuat kedai kekinian adalah tempat yang cukup ramai, memiliki pemandangan yang bagus dan estetik, adanya tempat parkir yang memadai, harga sewa tempat tidak terlalu mahal. Serta mempunyai akses yang mudah, baik itu bagi pejalan kaki, motor atau mobil.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk membangun kedai minuman, pastikan Anda telah melakukan survei terlebih dahulu. Khususnya ke tempat-tempat yang sekiranya cocok untuk membangun usaha. Anda juga bisa mengumpulkan informasi secara umum dari orang sekitar terkait apa yang mereka sukai dan tidak sukai.

Dari informasi yang telah Anda dapatkan tersebut, barulah Anda bisa memutuskan untuk membangun kedai minuman. Tentu dengan mempertimbangkan konsep atau tema seperti apa dan menu apa saja yang akan Anda sajikan sesuai dengan sasaran target pembeli di kedai.

Sebagai tips tambahan, sebaiknya hindari lokasi yang dekat dengan kompetitor, apalagi mereka yang sudah memiliki nama besar. Karena ini akan membuat tingkat persingan lebih ketat dan sulit Anda tembus.

2. Mengabaikan Keberadaan Pesaing Bisnis Minuman Kekinian

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda perlu mempunyai rancangan yang kuat untuk mengembangkan bisnis. Termasuk menentukan sasaran dan strategi penjualan, bahkan mengamati adanya pesaing dalam bisnis kedai kekinian yang sedang Anda jalankan.

Mengabaikan keberadaan pesaing bisnis dapat menyebabkan usaha kedai minuman yang sedang Anda jalankan mengalami kegagalan. Terutama jika Anda tidak mampu meningkatkan kualitas bisnis dan membuat produk serta brand justru terlupakan.

Karena itu, Anda harus mengamati kedai minuman milik pesaing. Temukan kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada dalam kedai minuman mereka. Dari situ, Anda bisa melakukan evaluasi pada kedai untuk meningkatkan kualitas baik dari segi pilihan menu, harga jual, pelayanan, kebersihan, dan lainnya.

3. Memberikan Pelayanan yang Kurang Maksimal

Sebagai pembeli tentu tidak hanya akan memperhatikan perihal kualitas rasa, tetapi juga persoalan pelayanan. Sehingga, jika kedai minuman kekinian Anda memberikan pelayanan yang tidak bagus, maka pembeli tidak akan lagi mengunjungi kedai. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh pada target penjualan.

Pelayanan yang buruk dapat terjadi ketika Anda mempekerjakan pegawai yang tidak profesional. Seperti kasir yang salah hitung, barista yang tidak bisa meracik minuman dengan baik, pelayan yang lelet, tidak ramah, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pilihlah pegawai yang sudah berpengalaman, hebat, unggul, dalam bidangnya. Atau setidaknya berikan mereka pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sebagai pegawai.

Ini bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan di kedai minuman. Karena pelanggan yang happy akan menjadi pelanggan setia dan memberikan ulasan dan rating terbaik di semua jenis platform media sosial. Di mana ini akan berguna untuk membangun atau menaikkan reputasi kedai.

4. Tidak Adanya Inovasi Baru di Kedai

Menjalankan bisnis perlu menghadirkan inovasi-inovasi baru agar pelanggan tidak merasa bosan. Jika kedai sepi, kemungkinan bisnis memang kurang inovasi. Padahal, dalam berbisnis Anda harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak kesulitan untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah lebih banyak.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset pasar mengenai apa saja tren minuman yang sedang populer saat ini. Memberikan lebih banyak inovasi dan varian rasa akan menjadi cara ampuh untuk menarik minat konsumen dan calon konsumen Anda.

5. Mengabaikan Arus Kas dan Akuntansi Hingga Kehabisan Modal

Adanya arus kas dan akuntansi sangat membantu Anda dalam mengelola kedai minuman Anda dengan baik. Karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan hal ini. Memperkirakan arus kas sangat penting untuk mengembangkan laporan untung dan rugi penjualan di kedai Anda.

Memiliki laporan keuangan sejak awal menjalankan kedai minuman akan sangat membantu dalam melakukan perencanaan anggaran dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir kekurangan bahkan kehabisan modal.

6. Alokasi Dana yang Salah

Dalam membangun bisnis kedai minuman kekinian, hindari melakukan pengeluaran berlebihan pada komponen yang dirasa kurang penting. Sebab, hal itu hanya akan menghabiskan dana dan memicu terjadinya kebangkrutan.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan dana bisnis minuman untuk mendapatkan bahan-bahan yang berkualitas. Lalu, mempekerjakan barista yang berbakat dan sudah profesional kerimbang membeli furniture untuk meningkatkan suasana kedai padahal dana pas-pasan.

Pastikan terlebih dahulu semua kebutuhan dasar di kedai minuman Anda terpenuhi. Baru kemudian Anda bisa tambahkan komponen-komponen lain secara perlahan ketika pemasukan dari hasil penjualan mulai stabil.

7. Kesalahan dalam Memilih Agen Bubuk Minuman

Penyebab terakhir yang dapat menyebabkan kegagalan dalam membuka kedai minuman adalah salah dalam memilih agen bubuk minuman. Sebagai bahan utama, bubuk minuman tentu sangat berpengaruh terhadap kualitas rasa minuman yang dijual di kedai.

Karena itu, pastikan Anda membeli bubuk minuman dari agen yang jual bubuk minuman berkualitas. Jika Anda mencari brand bubuk minuman dengan kualitas premium, maka JAPO (Jakarta Powder) adalah solusinya.

Kelebihan bubuk minuman JAPO adalah diproduksi dengan bahan baku yang bermutu tinggi yang diproses secara higienis oleh tenaga profesional. Sehingga, bubuk minuman yang dihasilkan pun sangat terjamin.

Selain itu, JAPO juga menciptakan bubuk minuman dengan berbagai varian rasa yang sesuai dengan selera pasar. Seperti kopi, teh, coklat, buah-buahan, milkshake, dan masih banyak yang lainnya. Jadi, Anda bisa berkreasi sebanyak mungkin.

Sudah Siap untuk Membuka Kedai Minuman Kekinian?

Dalam menjalani bisnis, tidak ada yang benar-benar aman dan terhindar dari risiko kegagalan, termasuk dalam bisnis kedai minuman kekinian. Namun, Anda bisa mengurangi risiko kegagalan dengan melakukan riset pasar dan belajar sebanyak-banyaknya tentang minuman kekinian.

Selain itu, Anda juga harus sering bertanya kepada orang lain yang sudah sukses dan lebih banyak paham tentang bisnis. Tujuannya adalah untuk memperlancar bisnis yang sedang Anda jalani melalui pengalaman mereka.

Gunakan juga bubuk minuman yang berkualitas dari JAPO dengan cara menghubungi kontak JAPO sekarang!