Mengenal Lebih Banyak Tentang Bubuk Minuman

Bagikan artikel ini

Bubuk minuman merupakan sesuatu yang sangat populer di era yang serba cepat seperti sekarang ini. Produk ini populer karena memiliki cita rasa yang lezat dan cara penyajiannya juga praktis. Namun, apakah Anda sudah mengetahui banyak tentang minuman bubuk ini?

Jika belum banyak, maka Anda berada di artikel yang benar! Sebab, artikel ini akan membahas seputar minuman bubuk secara tuntas mulai dari pengertian, jenis-jenis, olahan, merek minuman bubuk yang enak, dan lain sebagainya. Penasaran bukan? Yuk baca artikel ini sampai habis.

Pengertian

Bubuk minuman merupakan produk olahan minuman dalam bentuk butiran serbuk yang dibuat dari campuran perisai (alami, identik alami, atau tiruan), bahan pangan, dan pemanis (optional).

Sedangkan, menurut Yolandari (2019), minuman bubuk adalah salah satu jenis produk minuman yang berbentuk bubuk atau serbuk. Produk ini memiliki sifat mudah larut dalam air, praktis dalam penyajiannya, memiliki waktu rehidrasi yang singkat, dan umur simpan yang lebih lama.

Minuman bubuk banyak ditemui di pasar, supermarket, mitra, atau agen-agen yang bekerja sama dengan produsennya.

Pada zaman sekarang, minuman bubuk menjadi favorit banyak orang, terlebih pada golongan anak-anak muda. Banyak orang yang melihat fenomena tersebut sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. 

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengusaha yang mulai menjalani bisnis di industri ini. Tidak hanya sebagai produsen saja, banyak juga yang memutuskan untuk menjadi supplier, mitra, distributor, pengecer, atau franchise.

Kelebihan

Harga cenderung terjangkau

Bubuk minuman instan diproduksi di industri besar dalam jumlah banyak, sehingga biaya produksinya pun juga menjadi lebih murah. Oleh karena itu, harga minuman bubuk di pasaran harganya terjangkau, tetapi tetap perhatikan kualitasnya ya.

Mudah didapatkan atau ditemui dimana saja

Seperti yang sudah disebutkan, minuman bubuk dapat didapatkan dimana saja, seperti pasar, supermarket, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan ketika sedang mencari minuman bubuk.

Pengolahannya mudah dan waktu penyajian cenderung singkat

Minuman bubuk merupakan pilihan yang mudah bagi orang-orang yang sibuk dengan mobilitas yang cepat. Sebab, cara mengolahnya mudah cukup dengan diseduh saja dan waktu penyajiannya juga singkat.

Praktis dibawa kemana saja

Bubuk minuman memiliki sifat yang kering (tidak berair), sehingga aman jika dibawa kemana saja. Apalagi, saat ini minuman bubuk banyak yang sudah dikemas dalam bentuk sachet, sehingga praktis untuk dibawa kemana saja.

Terdapat banyak varian rasa

Saat ini, minuman bubuk terdapat banyak varian rasa, seperti cokelat, kopi, buah-buahan, dan rasa-rasa lainnya.

Jenis-jenis

Herbal

Seperti namanya, minuman bubuk ini terbuat dari bahan-bahan herbal yang alami. Bahan herbal tersebut nantinya akan dikeringkan dan digiling menjadi bentuk bubuk. Minuman bubuk jenis ini dapat menjaga kesehatan tubuh, mencegah penyakit, dan meningkatkan daya tahan.

Berperisa

Perisa atau flavor adalah bahan tambahan pangan yang mampu mempertegas, menambah, atau memberikan suatu rasa dalam makan/minuman. Jadi, minuman berperisa adalah minuman yang mengandung tambahan perisa.

Suplemen

Minuman suplemen biasanya dikonsumsi dengan tujuan membantu menambah atau memenuhi kebutuhan zat gizi di dalam tubuh. Biasanya, zat gizi yang terkandung adalah vitamin, mineral, dan lain sebagainya.

Berenergi

Power drink atau minuman berenergi yakni minuman mampu memberikan energi tambahan, meningkatkan konsentrasi, dan membantu menjaga diri. Anda harus mengonsumsi minuman jenis ini dalam jumlah yang wajar, karena jika berlebihan akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Bentuk Olahan

Hot Drink

  1. Masukkan bubuk minuman dari JAPO sebanyak 25 gram ke dalam gelas atau cup.
  2. Tambahkan 125 ml air panas ke dalam gelas atau cup yang sama, lalu aduk hingga rata.
  3. Tambahkan topping atau pelengkap sesuai selera.
  4. Minuman hangat pun siap dinikmati kala cuaca dingin.

Ice Blend

  1. Masukkan minuman bubuk JAPO sebanyak 35 gram dan sedikit air panas.
  2. Aduk hingga rata, jika belum rata, tambahkan lagi sedikit demi sedikit air panas.
  3. Apabila sudah rata, tambahkan air biasa hingga mencapai 125 ml. Intinya, jumlah air panas dengan air biasa sama dengan 125 ml.
  4. Beri es batu secukupnya, yakni sekitar setengah hingga kurang dari satu cup.
  5. Shake, blend, atau aduk dengan merata.
  6. Tambahkan susu UHT atau kental manis sesuai selera (optional, boleh ditambahkan atau tidak)
  7. Beri topping sesuai keinginan.
  8. Ice blend pun siap dinikmati.

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menciptakan sendiri kreasi minuman yang unik dan ‘tidak biasa’. Misalnya, dicampur dengan pisang untuk membuat banana smoothies atau diblender bersama susu untuk membuat milk shake.

Merek Minuman Bubuk yang Berkualitas dan Enak

Salah satu merek minuman bubuk yang menawarkan produk berkualitas yakni Jakarta Powder atau biasa disingkat JAPO. Merek ini menggunakan bahan baku yang berkualitas dalam pembuatannya. Sehingga, produk yang dihasilkan pun berkualitas dan memiliki cita rasa yang enak.

Jakarta Powder sudah ada sejak tahun 2013, sehingga berpengalaman di bidang industri minuman dan melayani pelanggan. Tidak hanya itu, JAPO juga menawarkan berbagai macam varian rasa yang akan disebutkan di bagian selanjutnya.

Merek minuman ini menjual dalam bentuk eceran dan juga supplier bubuk minuman. Bagi Anda yang berminat membuka usaha minuman bubuk, silakan hubungi ke adminnya, ya.

Varian Rasa di Jakarta Powder

Rasa cokelat

Choco silverqueen, choco coffee, choco royal, choco oreo/dark cookies, choco mix, choco vanilla, choco hazelnut, choco banana, choco delfi mix, choco caramel, choco milk, choco original, choco royal.

Rasa kopi

Coffee caramel, mochacino, choco coffee, vanilla latte

Rasa teh

Thai black tea (Chatramue Brand), Thai green tea (Chatramue Brand), apple tea, lemon tea, lychee tea, matcha green tea, Thai tea, milk tea.

Rasa buah

Alpukat, anggur, melon, jeruk squash, blueberi, stroberi, jagung, mangga, leci, durian, pisang.

Rasa lain

Tiramisu, black forest, bubble gum, taro, vanilla blue, vanila original (white), salted caramel, red velvet.

Paket sample bubuk

Paket A, paket B, paket C.

Aneka topping dan pelengkap

Cara Memesan Minuman Bubuk JAPO

Apakah Anda tertarik untuk memesan bubuk minuman di Jakarta Powder? Jika iya, Anda bisa langsung menghubungi admin atau customer service Jakarta Powder pada email atau nomor berikut:

Apabila terdapat pertanyaan terkait produk atau yang lainnya, Anda juga bisa menghubungi salah satu nomor/email di atas. Nantinya, akan ada admin atau customer service yang akan membantu proses belanja dan menjawab pertanyaan Anda dengan senang hati.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan melalui e-commerce Shopee di @jakarta_powder_store atau Tokopedia @jpowder.

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda mendapatkan insight baru terkait bubuk minuman? Jika iya, jangan lupa bagikan artikel ini ke keluarga atau teman-teman Anda, ya. Terima kasih sudah membaca sampai habis.