Hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Minuman Kekinian

Hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Usaha minuman kekinian menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha di zaman sekarang. Minuman kekinian sudah sangat familiar dengan kehidupan anak muda saat ini, sehingga peluang mendatangkan keuntungan sangatlah besar.

Namun, salah satu yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha minuman kekinian adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum membuat usaha ini. Beberapa hal di bawah ini agar Anda bisa menciptakan usaha minuman yang bisa bersaing dengan banyaknya kompetitor.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Memulai Usaha Minuman Kekinian

 

Beberapa hal yang akan dibahas secara lengkap di dalam artikel ini harus Anda pahami dan lakukan sebelum mengembangkan usaha minuman, diantaranya adalah:

1.     Buatlah Kemasan yang Berbeda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat kemasan minuman yang berbeda dengan kompetitor. Pada tahun 2022 ini, sudah sangat banyak usaha minuman baik dengan harga murah sampai mahal dengan kemasan sebagai identitas brand mereka.

Kemasan merupakan tempat minuman yang akan Anda jual nanti, dan akan dibawa oleh konsumen ketika membeli minuman kekinian Anda. Dengan demikian, kemasan merupakan salah satu cara Anda untuk meningkatkan brand awareness konsumen.

Jadi, jangan hanya asal membuat kemasan dengan gelas plastik atau botol plastik yang polos, tetapi buatlah kemasan yang berbeda, unik, dan menarik mata konsumen. Anda bisa membuat sendiri kemasan minuman tersebut atau bisa menggunakan bantuan ahli desain kemasan.

2.     Ciptakan Menu Signature

Hal kedua yang perlu Anda lakukan yaitu menciptakan menu yang menjadi andalan usaha minuman Anda, dimana minuman tersebut tidak dapat ditemukan oleh konsumen di tempat lain. Pastikan juga minuman signature Anda cocok dengan permintaan pasar saat ini.

Jika pasar banyak menyukai kopi, maka Anda bisa mengkreasikan menu signature Anda dengan kopi. Jika pasar banyak menyukai minuman manis dengan boba, Anda bisa mengkreasikan menu signature dengan basic minuman manis tersebut.

Setelah menemukan menu signature dan bisnis Anda sudah mulai berjalan, jangan sampai berhenti berkreasi. Anda harus bisa mengembangkan resep minuman lagi sehingga konsumen tidak bosan dengan menu minuman yang disediakan oleh toko Anda.

3.     Harga Terjangkau

Hal ketiga yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan harga minuman yang terjangkau. Harga minuman menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan saat konsumen ingin membeli produk Anda.

Jika Anda membuat produk dengan harga yang mahal, maka konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli produk Anda. Jadi, Anda perlu melakukan riset pasar dimana membandingkan harga beberapa kompetitor dan menentukan harga yang paling sesuai untuk minuman Anda.

4.     Lakukan Promosi

Hal keempat yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan promosi yang sesuai untuk usaha minuman kekinian Anda. Usaha minuman ini bisa Anda promosikan melalui berbagai kanal media sosial.

Media sosial saat ini menjadi media promosi yang sangat menjanjikan jika Anda menggunakannya secara tepat. Hal ini karena banyak anak muda yang sangat sering mengakses media sosial di kehidupan sehari-harinya.

Anda bisa menggunakan media sosial instagram atau twitter untuk menjangkau konsumen secara lebih luas. Atau Anda juga bisa memanfaatkan grup whatsapp sehingga bisa mempromosikan usaha Anda kepada orang-orang terdekat.

5.     Ciptakan Logo Usaha

Hal kelima yang perlu Anda lakukan adalah membuat logo usaha yang sesuai dan menarik. Logo merupakan poin penting dalam aktivitas branding dimana logo merupakan identitas usaha minuman Anda.

Logo harus dibuat semenarik mungkin, unik, dan harus mudah diingat oleh konsumen sehingga bisa meningkatkan brand awareness calon konsumen. Jika Anda perhatikan, sebagian besar minuman terkenal, logonya sangat mudah diingat.

Jika Anda belum memiliki keahlian atau kemampuan dalam membuat logo yang menarik, unik dan mudah diingat, Anda bisa meminta bantuan jasa desainer logo profesional yang sudah berpengalaman.

6.     Buatlah Booth Minuman yang Menarik

Kemudian Anda juga perlu perlu membuat booth atau gerobak usaha minuman kekinian semenarik mungkin untuk menarik minat orang untuk membeli minuman Anda.

Selain menarik, booth atau gerobak juga harus dibuat sefungsional mungkin karena akan menjadi tempat Anda menjalankan usaha dan meletakkan semua peralatan yang akan digunakan untuk membuat produk minuman.

Anda harus menyiapkan modal sebesar antara Rp1.400.000 hingga Rp.2.000.000 per gerobak. Harga tersebut juga disesuaikan dengan kualitas dan fitur yang ada di dalam gerobak. Semakin bagus kualitas dan fiturnya maka akan semakin mahal, begitu juga sebaliknya.

7.     Menyiapkan Alat-Alat Pembuatan Minuman Kekinian

Hal ketujuh yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat minuman kekinian. Pastikan alat yang Anda gunakan memiliki kualitas yang baik karena jika kualitasnya buruk maka alat tidak akan bertahan lama.

Beberapa alat untuk usaha minuman ini yang harus Anda siapkan dan beli diantaranya adalah:

a.     Blender

Blender merupakan alat pertama yang harus ada dalam usaha ini, karena dengan menggunakan blender Anda bisa mencampur semua bahan untuk menciptakan minuman yang enak.

Blender bisa Anda peroleh dengan kisaran harga Rp200.000 sampai Rp500.000. Jangan memilih blender di bawah kisaran harga tersebut karena Anda hanya akan membeli blender dengan kualitas yang jelek.

b.     Cup Sealer

Cup sealer merupakan alat kedua yang harus ada dalam usaha minuman kekinian. Alat ini digunakan untuk menutup kemasan cup plastik Anda sehingga minuman tertutup rapat dan tidak akan tumpah ketika diberikan kepada konsumen.

Cup sealer bisa dibeli dengan harga sekitar Rp500.000 sampai Rp600.000 dan sudah dengan kualitas yang baik sehingga akan awet digunakan sampai bertahun-tahun kedepan.

c.      Cool Box

Cool box merupakan alat ketiga yang harus ada dalam usaha ini. Cool box adalah alat yang digunakan untuk menyimpan es batu sehingga tidak mudah mencair. Cool box menjadi elemen penting karena minuman kekinian identik dengan penggunaan es.

Cool box ini bisa Anda peroleh dengan harga sekitar Rp350.000 sampai Rp.450.000 dan sudah memperoleh cool box dengan kualitas yang baik.

d.     Cream Whipper Dispenser

Cream whipper dispenser merupakan alat keempat yang harus ada jika menu minuman yang Anda jual menambahkan whip cream di bagian atasnya. Penggunaan whip cream membantu menarik minat konsumen untuk membeli produk Anda.

Cream whipper dispenser ini bisa Anda peroleh dengan harga sekitar Rp700.000 sampai Rp800.000 dan sudah dengan kualitas yang sangat baik. Jangan sampai membeli cream whipper yang murah karena masa pakainya tidak akan bertahan lama.

Memulai usaha minuman kekinian memang membutuhkan persiapan yang sangat matang karena sudah sangat banyak orang yang berkecimpung dan membuka usaha yang sama.

Beberapa tahapan atau hal yang sudah disebutkan dan dibahas di atas harus Anda persiapkan dengan matang sebelum membuka usaha menjual minuman kekinian ini.

 

Jika kamu ingin memulai usaha minuman kekinian dan ingin memastikan kualitas produk yang terbaik, maka pertimbangkan untuk membeli bubuk minuman premium dari JAPO. Dengan bahan berkualitas tinggi, kamu dapat menciptakan minuman yang memukau pelangganmu dan membedakan bisnismu di pasar yang kompetitif. Dengan demikian, kamu dapat memulai perjalanan bisnis minuman kekinian dengan keyakinan bahwa produk unggulanmu akan selalu memikat hati pelanggan.