Cara Memilih Mitra Supplier Bubuk Minuman Kekinian

Cara Memilih Mitra Supplier Bubuk Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Apakah kamu sedang memulai usaha baru di bidang bisnis minuman? Jika iya, tentunya kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, termasuk di antaranya memilih mitra supplier bubuk minuman yang akan diajak bekerjasama.

Memilih supplier yang tepat untuk rekan kerjasama juga butuh strategi, lho. Jangan asal percaya pada promo yang ditawarkan supplier. Kamu perlu meriset dan mengecek beberapa hal sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan rekan supplier yang tepat.

Pentingnya Bermitra dengan Supplier Bubuk Minuman Terpercaya

Usaha minuman dalam kemasan yang menggunakan bahan bubuk minuman mengharuskan kamu untuk bermitra dengan supplier bahan baku minuman yang tepat. Termasuk di antaranya bahan serbuk minuman hingga kemasan.

Pemilihan mitra supplier bahan minuman menjadi satu tahapan usaha yang cukup penting. Salah memilih supplier sama artinya dengan mempertaruhkan citra usaha yang sedang kamu rintis, seperti misalnya kualitas produk yang buruk, produk tak sesuai pesanan, waktu pengiriman yang molor, dan lain-lain.

Alasan Bekerjasama

Kenapa sih harus bekerjasama dengan supplier bahan baku minuman (serbuk minuman)? Misalkan kamu belanja bahan serbuk minuman di toko-toko terdekat apakah tidak boleh?

Sebenarnya itu semua sah-sah saja sih. Namun, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau punya mitra supplier tertentu. Ini dia di antaranya:

1.    Mendapat Jaminan Barang Berkualitas

Menjalin kerjasama dengan supplier bubuk bahan baku minuman kemasan berarti kamu telah mensurvei sebelumnya tentang kualitas produk. Setelah mendapat supplier yang diinginkan, kamu akan mendapat suplai bahan minuman secara konsisten dan sesuai kualitas yang kamu minta.

Kenapa begitu? Karena jaminan kualitas merupakan satu poin yang masuk dalam perjanjian kerjasama. Kalau supplier bubuk minuman kamu ternyata tak bisa memenuhi kualitas yang diminta, otomatis kamu bebas memutus kerjasama.

2.    Tak Repot Mencari Bahan Sendiri

Bekerjasama dengan supplier bahan bubuk minuman akan memudahkan kamu untuk mendapatkan bahan minuman tanpa harus membelinya sendiri di toko atau supermarket.

Kamu tinggal menghubungi kontak agen supplier langganan kamu dan memesan bahan minuman yang dibutuhkan. Kamu tinggal duduk manis menunggu stok bahan datang dan melakukan pembayaran.

3.    Harga Miring

Dengan ajeg berlangganan membeli bahan bubuk minuman dari supplier tertentu untuk bisnis minuman kamu, tentu kamu akan mendapat potongan harga. Pengambilan dalam jumlah besar juga akan membuat kamu mendapatkan harga miring.

4.    Varian Serbuk Minuman Cukup Banyak dan Eksklusif

Dengan penjual minuman sebagai agennya dan supplier selaku penyetok bahan bubuk minuman bagi penjual, tentu supplier memiliki beragam stok bubuk minuman dengan beragam varian. Hal ini menjadi satu nilai plus yang membuat penjual terus bermitra dengan supplier.

Cara Memilih Mitra Supplier

Untuk memilih mitra supplier bahan bubuk minuman yang terpercaya dan profesional, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Ini penting agar kamu tak sampai menemui kendala kedepannya. Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak supplier abal-abal yang mengaku terpercaya namun tidak amanah.

1.    Pastikan Supplier Memiliki Reputasi Baik

Reputasi baik adalah hal yang mutlak dipenuhi. Apa jadinya kalau kamu sudah transfer uang pemesanan bahan bubuk minuman tapi ternyata pesanan kamu tidak kunjung dikirim oleh supplier.

Untuk memastikan keamanan reputasi ini, tentu kamu perlu melakukan pengamatan sebelumnya. Kamu perlu membuka website resmi atau media sosial supplier yang bersangkutan. Selanjutnya cermati review positif dari para pelanggan (pastikan pelanggan memberikan review positifnya)

2.    Pastikan Produk yang Dijual Berkualitas dan Halal

Kualitas dan kehalalan produk makanan adalah suatu harga mati. Terutama buat kamu kaum muslim. Nah, untuk itu kamu mesti cek dan ricek dulu sebelum mulai bermitra dengan supplier tertentu.

Coba tes dulu kualitas kualitas bubuk minuman yang kamu beli. Posisikan dirimu sebagai konsumen, layak atau tidakkah kualitas tersebut kamu jual. Setelah itu, cek sertifikat halal MUI yang dimiliki. Kalau semuanya sudah oke, lanjutkan kerjasama.

3.    Pastikan Supplier Memiliki Izin Dagang

Supplier dengan izin dagang merupakan satu jaminan bahkan supplier tersebut memang niat dan serius di bisnis ini. Makanya, kamu jangan lupa untuk mengecek apakah calon supplier kamu sudah mengantongi izin tersebut.

4.    Pastikan Supplier Sudah Berpengalaman dan Memiliki Banyak Pelanggan

Pengalaman yang cukup lama sebagai supplier bahan bubuk minuman menandakan bahwa supplier tersebut sudah tahu seluk beluk bisnis suplai bahan serbuk minuman ini.

Banyaknya pelanggan juga menandakan bahwa supplier tersebut telah dipercaya melayani banyak agen penjual minuman. Pelanggan ini bisa saja datang dari pengusaha cafe atau restoran tertentu. Dari sini, kamu bisa menilai kalau supplier tersebut cukup layak untuk diajak bermitra.

Cara Memilih Supplier Bubuk Minuman Tangan Pertama

Ada beberapa tips atau masukan yang bisa kamu rujuk kalau kamu ingin menemukan supplier bahan bubuk minuman tangan pertama. Berikut daftar tipsnya:

1.    Kunjungi Acara Bazar atau Sentra Industri

Nah, ini dia agenda yang wajib didatangi kalau kamu memang berniat ketemu langsung dengan industri atau produsen hulu suatu produk usaha. Tak terkecuali usaha minuman.

Dengan mendatangi acara semacam bazar atau workshop bisnis, kamu akan mendapatkan partner kerjasama langsung ke tangan pertama. Acara bazar industri seperti ini memang berfungsi sebagai wadah untuk memasarkan hasil industri produsen hulu.

2.    Survey Lintas Marketplace

Cara kedua yang lumayan ampuh untuk kamu coba adalah melakukan survey lintas marketplace. Kamu bisa mengecek satu persatu seller di marketplace yang menjual produk serupa. Kemudian bandingkan profil dan harga produk yang mereka jual (dalam hal ini bubuk minuman).

Cukup gampang, bukan? Kamu juga bisa survey dari satu marketplace ke marketplace yang lain untuk memperluas perbandingan. Nantinya, seller dengan profil dan harga terbaik lah yang layak dihubungi.

3.    Masuk ke Komunitas atau Forum Bisnis Online

Ini juga termasuk cara efektif yang bisa kamu jajal. Cobalah masuk ke suatu forum bisnis online. Dari saja, kamu akan mendapatkan banyak info tentang supplier produk apa saja. Termasuk produk bubuk minuman untuk bisnis minuman kemasan.

Kamu juga bisa bertanya-tanya atau konsultasi dengan anggota forum lainnya tentang mana supplier bahan bubuk minuman dengan kriteria terbaik.

4.    Mengunjungi Website Resminya

Langkah berikutnya adalah dengan mengunjungi alamat website resmi supplier yang bersangkutan. Kamu bisa browsing terlebih dahulu di internet tentang produk bubuk minuman yang kamu cari. Dari hasil pencarian yang muncul, akan kamu dapati alamat website resmi untuk dikunjungi.

Dari website resmi itu segala informasi lengkap seputar profil, produk, cara pemesanan, info kontak dan sebagainya bisa kamu dapatkan. Keterangan profil pada situs resminya juga akan memberitahu kamu mengetahui apakah supplier tersebut tergolong supplier tangan pertama atau bukan.

Mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan kalau mau memilih mitra supplier bubuk minuman menjadi satu hal yang wajib dilakukan bagi pebisnis minuman kemasan. Jadi, kiranya beberapa tips di atas bisa membantumu membuat keputusan hendak bermitra dengan siapa.