Keuntungan Membangun Bisnis Minuman Sendiri

Keuntungan Membangun Bisnis Minuman Sendiri

Bagikan artikel ini

Keuntungan jual minuman kekinian menjadikan usaha ini mulai banyak dijadikan pilihan usaha dari wirausahawan di Indonesia. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai berbagai keuntungan jika Anda menekuni usaha ini.

Pengetahuan mengenai keuntungan dalam usaha ini bisa menjadi motivasi bagi Anda dalam memulai dan mengembangkan usaha ini secara matang baik dari segi konsep bisnis atau modal yang diperlukan.

Keuntungan Membangun Bisnis Minuman Waralaba

Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda memilih mengembangkan usaha bisnis minuman dalam bentuk waralaba, diantaranya adalah:

1.     Modal Minim

Keuntungan pertama jika menjalankan usaha minuman secara waralaba adalah tetap bisa dijalankan meskipun modal yang minimalis atau terbatas. Banyak wirausahawan yang ragu memulai usahanya karena untuk memulainya membutuhkan modal yang banyak.

Tetapi, jika Anda memilih menjalankan usaha minuman, modal yang terbatas juga masih bisa tetap memulai usaha ini. Perkiraan modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha ini hanya sekitar Rp2.000.000 saja.

Modal ini digunakan untuk membeli peralatan dan bahan minuman, namun belum termasuk sewa kios. Tetapi, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah atau bekerja sama dengan ojek online sehingga tetap bisa berwirausaha meskipun tidak memiliki tempat khusus.

2.     Pangsa Pasar yang Luas

Keuntungan kedua jika menjalankan usaha minuman secara waralaba adalah pangsa pasar yang luas. Usaha minuman merupakan usaha yang memiliki peluang besar dalam mendatangkan keuntungan. Hal ini karena setiap orang membutuhkan minuman.

Terlebih kebiasaan anak muda pada masa ini sangat suka meminum minuman kekinian dalam segala kondisi, bisa diminum sebagai teman nongkrong, atau untuk teman mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

Dengan demikian, usaha minuman memiliki pangsa pasar yang luas dari berbagai lapisan masyarakat. Jadi, usaha ini bisa Anda jadikan pilihan untuk memulai usaha sendiri.

3.     Bisa Dijalankan Meskipun dengan SDM yang Terbatas

Keuntungan ketiga jika menjalankan usaha minuman waralaba adalah tetap bisa dijalankan meskipun dilakukan dengan sumber daya manusia yang terbatas, Dengan tidak diperlukan banyak SDM, maka Anda tidak perlu mengeluarkan modal lebih banyak untuk membayar SDM.

Untuk di awal usaha dijalankan, Anda bisa menjalankannya sendiri, bersama keluarga atau hanya dengan satu karyawan saja. Jika sudah mulai berkembang, maka Anda hanya perlu mempekerjakan dua hingga tiga karyawan untuk satu outlet minuman.

4.     Omzet yang Besar

Keuntungan keempat jika menjalankan usaha minuman secara waralaba adalah omzet yang besar setiap bulannya. Keuntungan ini akan semakin menjanjikan jika Anda membeli merek minuman waralaba yang sudah terkenal.

Usaha minuman yang sudah mulai dikenal oleh konsumen serta selalu berinovasi dan mempertahankan kualitas, maka akan mendatangkan Keuntungan jual minuman kekinian yang sangat besar setiap bulannya.

5.     Memperoleh Dukungan dari Manajemen

Keuntungan kelima jika menjalankan usaha minuman secara waralaba adalah memperoleh dukungan penuh dari pihak perusahaan waralaba yang bekerja sama dengan Anda. Dengan demikian, ini menjadi keuntungan dalam bisnis Anda.

Dengan dukungan perusahaan waralaba, Anda tidak perlu terlalu pusing dengan permasalahan keuangan, training karyawan, dan pemasaran atau promosi. Jadi, Anda bisa lebih fokus menjalankan bisnis minuman Anda.

6.     Brand Sudah Terkenal

Keuntungan jual minuman kekinian waralaba yang keenam adalah brand atau merek minuman tersebut sudah terkenal sehingga sudah familiar di masyarakat. Ini menjadi keuntungan besar karena waralaba memang sudah dipasarkan di berbagai kota.

Karena sudah dipasarkan di berbagai kota, maka orang akan menyadari dan mudah mengingat brand waralaba tersebut dan sudah memiliki pasarnya sendiri sebelum Anda membuka bisnis. Hal ini tidak akan Anda peroleh jika membangun usaha minuman sendiri.

Keuntungan Membangun Bisnis Minuman dengan Brand Sendiri

Selain membahas mengenai keuntungan membangun usaha minuman sendiri, dimana usaha dimulai dari nol. Beberapa keuntungannya diantaranya adalah:

1.     Tidak Perlu Membayar Biaya Royalti

Keuntungan pertama jika Anda membangun usaha minuman sendiri adalah Anda tidak harus membayarkan sejumlah uang untuk kepentingan royalti. Sehingga, semua keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan akan sepenuhnya masuk ke kantong Anda.

Hal ini berbeda jika Anda membuka bisnis minuman dengan sistem waralaba dimana Anda diharuskan membayarkan royalti kepada perusahaan pemegang merek atau brand yang Anda jalankan.

2.     Bisa Memilih dan Menentukan Konsep Bisnis

Keuntungan kedua jika Anda membangun usaha minuman sendiri yaitu Anda bisa dengan bebas memilih dan menentukan konsep bisnis sehingga lebih bisa berkreasi dan menyesuaikan permintaan pasar yang ada.

Anda bisa menentukan logo, desain kemasan, menu minuman dan berbagai elemen dalam usaha minuman Anda sesuai dengan analisa Anda sendiri. Hal ini memungkinkan Anda menciptakan brand yang berbeda dari usaha minuman kekinian lainnya.

Hal ini tidak bisa Anda peroleh jika menggunakan bisnis usaha dengan sistem waralaba dimana semua konsep usaha sampai dengan manajemen usaha sudah ditentukan oleh perusahaan pemilik waralaba dan Anda harus mematuhinya.

3.     Anda Sebagai Bos Bisnis Sendiri

Keuntungan yang ketiga jika Anda membangun usaha minuman sendiri adalah Anda bisa menjadi bos untuk bisnis minuman kekinian Anda sendiri. Dimana hal ini tidak bisa Anda peroleh jika membuka bisnis minuman dengan sistem waralaba.

Keuntungan ini memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis karena Anda tidak perlu menjadi bawahan siapapun dimana harus terus melaporkan perkembangan usaha dan lain sebagainya kepada orang lain.

4.     Bebas Melakukan Inovasi Produk

Keuntungan jual minuman kekinian dengan merek sendiri adalah bisa menginovasikan menu atau rasa produk minuman sesuai dengan kreasi Anda sendiri. Anda bisa melakukan riset pasar rasa mengenai hal apa yang sedang ramai diminati oleh konsumen.

Dengan demikian, Anda bisa selangkah lebih maju karena bisa mengetahui keinginan pasar dan kemudian langsung menjual produk tersebut.

Hal ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan jika mengembangkan bisnis secara waralaba karena semua menu dan bahan minuman sudah ditentukan dan diberikan stocknya oleh perusahaan waralaba minuman tersebut.

5.     Bisa Membuat Bisnis Minuman yang Unik dan Berbeda

Keuntungan kelima jika Anda mengembangkan usaha minuman kekinian sendiri adalah Anda bisa membuat bisnis minuman yang unik dan berbeda sehingga mudah diingat oleh calon konsumen.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat brand minuman kekinian dengan menggunakan warna yang mencolok seperti pink atau dengan nama dan menu yang sangat unik sehingga membuat konsumen penasaran.

Hal ini tidak akan Anda peroleh jika membuka bisnis minuman kekinian dengan sistem waralaba dimana Anda harus mengikuti bentuk usaha dari perusahaan. Contoh yang paling kecil adalah konsep kedai yang juga harus mengikuti standarisasi perusahaan waralaba.

Usaha minuman kekinian memang membuka atau memberikan keuntungan jual minuman kekinian yang besar sehingga bisa menjadi salah satu ide usaha bagi Anda yang mau bergelut di dunia bisnis.

Dengan banyaknya usaha minuman kekinian, maka ada pilihan bagi Anda dalam memulai usaha ini yaitu dengan membuka brand sendiri atau dengan sistem waralaba. Kedua sistem memiliki keuntungan masing-masing dan Anda bisa memilih sistem usaha mana yang paling sesuai dengan Anda.