6 Tips Sukses Memulai Bisnis Minuman Kekinian

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara memulai bisnis minuman kekinian dan langsung membuka bisnis, kebanyakan dari mereka mengalami kegagalan. Sehingga akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu mengenai tips memulai bisnis minuman kekinian.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai apa saja tips sukses dalam memulai bisnis minuman kekinian. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan sehingga bisnis minuman kekinian Anda bisa bersaing dan bertahan meskipun memiliki banyak kompetitor.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Beberapa tips yang harus Anda terapkan dalam memulai bisnis minuman kekinian agar bisnis Anda sukses diantaranya yaitu:

1.     Selalu Lakukan Variasi dan Inovasi

Tips pertama yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis minuman kekinian adalah selalu melakukan variasi dan inovasi yang baru. Variasi dan inovasi dibutuhkan dalam menjalankan bisnis terutama dalam hal menu.

Anda bisa melihat kesukaan pasar dan permintaan pasar kemudian mengembangkannya menjadi menu-menu minuman dengan rasa yang bervariasi. Selanjutnya, jika bisnis sudah mulai berjalan, Anda juga harus terus melakukan inovasi dan variasi dalam menu minuman.

Variasi dan inovasi yang dilakukan secara berkala akan membuat konsumen memiliki pilihan lebih banyak dan tidak akan bosan dengan menu minuman yang itu-itu saja.

2.     Menggunakan Bahan Baku yang Berkualitas

Tips kedua yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis minuman kekinian adalah pilih (gunakan) bahan baku yang berkualitas baik. Karena menggunakan bahan baku yang berkualitas juga akan menghasilkan produk yang enak dan baik pula.

Contohnya jika Anda ingin membuka usaha minuman kopi kekinian. Maka pastikan kopi yang Anda gunakan berkualitas baik sehingga bisa menghasilkan produk minuman kopi yang bisa dinikmati oleh konsumen.

Contoh lainnya, jika Anda ingin membuka bisnis jus, maka gunakanlah buah dengan kualitas unggulan. Hal ini akan membuat brand jus Anda berbeda dengan brand jus lainnya.

Produk yang bisa dinikmati oleh konsumen membuka peluang lebih besar untuk membuat minuman Anda menjadi kesukaan konsumen. Dengan demikian, Anda akan memperoleh pasar atau konsumen yang lebih besar dan bisa dikembangkan lagi.

3.     Menentukan Lokasi Usaha

Tips ketiga untuk cara memulai bisnis minuman kekinian agar bisa sukses adalah memilih dan menentukan lokasi usaha yang strategis. Lokasi usaha dalam bisnis apapun merupakan faktor utama untuk menentukan apakah akan laris atau tidak.

Lokasi yang strategis akan menjadi nilai tambah dalam bisnis minuman kekinian Anda. Dengan lokasi yang strategis akan memudahkan konsumen untuk mengunjungi bisnis minuman Anda dan membuat brand Anda mudah dikenali oleh para calon konsumen.

Namun, hal yang perlu menjadi pertimbangan juga mengenai budget menyewa atau membeli lokasi untuk berwirausaha. Hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi modal awal dan jika menyewa, maka bisa disesuaikan dengan perkiraan pemasukan setiap bulannya.

Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami kerugian hanya karena harus mengeluarkan biaya berlebih dalam hal menyewa atau membeli lokasi usaha yang strategis untuk bisnis minuman kekinian Anda.

4.     Membuat Kemasan yang Menarik

Tips keempat yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis minuman kekinian adalah membuat kemasan atau wadah minuman kekinian milik Anda semenarik mungkin. Selain kualitas rasa yang harus diperhatikan, kemasan juga menjadi perhatian utama dalam bisnis ini.

Kemasan yang bagus, rapi dan menarik mata akan dipilih oleh konsumen dibandingkan dengan kemasan yang tidak menarik mata.

Kemasan minuman juga merupakan salah satu cara melakukan branding, jadi jika kemasan Anda tidak menarik, maka branding usaha Anda juga akan terkesan jelek. Anda bisa mendesain kemasannya sendiri atau bisa juga meminta bantuan ahli desain kemasan.

Selain kemasan cup yang diberikan desain, alangkah lebih baik juga plastik yang digunakan diberikan desain sesuai dengan karakter bisnis minuman Anda. Anda juga bisa menggunakan bahan selain plastik agar lebih berbeda contohnya seperti kantong kertas.

Dengan demikian, kemasan akan terlihat mewah dan akan berpengaruh pada minat konsumen untuk membeli produk minuman di toko Anda.

5.     Sesuaikan dengan Modal Awal

Tips kelima yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis minuman kekinian adalah membangun usaha yang disesuaikan dengan ketersediaan modal. Seringkali pelaku bisnis kebingungan mengenai modal awal dan menjadi salah satu hambatan besar.

Triknya adalah alokasikan modal yang ada untuk membuat usaha minuman yang sesuai dengan target pasar yang dituju. Jika Anda memiliki modal yang terbatas, maka target pasar usaha minuman Anda adalah masyarakat yang membeli minuman dengan harga terjangkau.

Jika modal awal Anda besar, maka Anda bisa memulai usaha minuman kekinian dengan target pasar adalah masyarakat yang bisa dan mau membeli secangkir minuman dengan harga yang cukup mahal.

Disini Anda harus pintar-pintar menyesuaikan ketersediaan modal dengan target pasar yang berada di sekitar lokasi usaha Anda sehingga tidak akan mengalami kerugian ketika usaha sudah dimulai.

6.     Melakukan Promosi

Tips keenam untuk cara memulai bisnis minuman kekinian agar bisa sukses adalah melakukan promosi baik secara offline maupun online. Kegiatan promosi merupakan suatu usaha atau upaya untuk membuat orang lain membeli produk yang dipasarkan.

Kegiatan promosi sendiri memiliki tujuan diantaranya:

a. Memberikan informasi lengkap kepada calon konsumen mengenai produk secara luas.

b. Membantu meningkatkan jumlah penjualan produk sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi pemilik bisnis.

c. Membangun branding dan brand awareness pada suatu brand di hati dan mata konsumen secara luas.

d. Menjangkau konsumen-konsumen baru sehingga bisa mendapatkan konsumen baru dengan loyalitas yang baik terhadap bisnis Anda.

Promosi sendiri bisa Anda lakukan secara offline dengan cara membuat plang brand Anda sehingga mudah dilihat dan diingat oleh calon konsumen. Atau Anda juga bisa membuat poster yang ditempelkan di tempat-tempat umum untuk mempromosikan brand minuman milik Anda.

Untuk promosi secara offline, Anda bisa menggunakan berbagai jenis kanal media sosial yang saat ini sangat banyak jenisnya. Media sosial yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau konsumen baru adalah seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Anda bisa memanfaatkan Instagram ads atau Facebook ads untuk memasarkan produk Anda. Selain itu, untuk memasarkan dengan kerabat atau teman-teman, Anda bisa menggunakan media sosial whatsapp.

Mempromosikan usaha melalui media online memang membutuhkan keterampilan dalam menulis caption yang menarik, mengambil gambar produk yang menarik, dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda kesulitan dalam menyusun media promosi di media sosial, Anda bisa menggunakan jasa endorsement atau menyewa food blogger untuk memasarkan produk minuman kekinian milik Anda.

Membuka usaha ini memang mendatangkan banyak keuntungan. Namun, akan menjadi tidak sukses apabila Anda membukanya dengan gegabah dan tidak mengerti mengenai bagaimana cara memulai bisnis minuman kekinian ini.

Hal ini karena sudah sangat banyak kompetitor dalam bidang yang sama sehingga Anda harus mempersiapkan dengan matang sebelum memulai bisnis agar tidak mengalami kerugian.

Jika kamu ingin memulai bisnis minuman kekinian yang sukses dan ingin menyajikan produk dengan kualitas terbaik, pertimbangkan untuk membeli bubuk minuman premium dari JAPO. Dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, kamu dapat menciptakan minuman yang tak hanya lezat tetapi juga unik, memungkinkan bisnismu untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. Sehingga, memulai bisnis minuman kekinian dengan produk unggulan seperti ini dapat memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan bisnismu.