Mengenal Ciri Bubuk Minuman Terbaik yang Bisa Kamu Pakai

Mengenal Ciri Bubuk Minuman Terbaik yang Bisa Kamu Pakai

Bagikan artikel ini

Bubuk minuman terbaik adalah jenis bubuk minuman yang terjamin akan rasa dan kualitasnya. Dibuat dengan bahan berkualitas disertai dengan proses yang sudah terjamin akan keamanan dan kebersihannya.

Mengenal ciri bubuk minuman berkualitas kini menjadi suatu hal yang penting karena bisa digunakan sebagai indikator untuk membedakan bubuk satu dengan yang lainnya, mengingat bubuk minuman dengan berbagai merek kini sangat mudah untuk didapatkan.

 

5 Ciri-Ciri Bubuk Minuman Terbaik

Dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri bubuk minuman berkualitas yang harus Anda perhatikan. Melalui beberapa indikator di bawah ini nantinya Anda bisa membedakan manakah bubuk minuman yang berkualitas atau tidak.

1.     Memiliki Merek Dagang yang Terjamin

Indikator pertama yang harus diperhatikan adalah adanya merek dagang yang telah terjamin atau terpercaya. Semakin banyak merek yang digunakan masyarakat, maka semakin tinggi pula kepercayaan terhadap merek tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan apakah merek tersebut telah sesuai standar yakni sudah mendapatkan izin dari pemerintah atau belum.

Jika sudah lolos uji klinis atau mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia, maka bubuk tersebut sudah dipastikan aman dan halal untuk dikonsumsi.

2.     Memiliki Kemasan yang Kuat dan Informatif

Bubuk minuman terbaik tentunya memiliki kemasan yang kuat yakni mampu melindungi produk dari perubahan cuaca dan kemungkinan kerusakan yang lain. Dengan kemasan yang kuat, maka produk di dalamnya tidak akan mudah rusak atau terkontaminasi dengan zat lain.

Selain itu, produk makanan dan minuman yang baik pastinya juga akan memuat informasi penting di dalamnya. Berikut ialah beberapa informasi penting yang biasanya termuat dalam kemasan produk berkualitas:

●         Informasi Izin Edar

Informasi pertama yang termuat dalam kemasan ialah keterangan izin edar dari BPOM ataupun Majelis Ulama Indonesia (MUI). Informasi ini akan diperoleh jika produk telah berhasil melewati proses pengecekan yang cukup panjang. 

Dengan adanya informasi izin edar, maka bubuk minuman sudah bisa dipastikan halal dan aman untuk dikonsumsi tanpa adanya kandungan zat lain yang berbahaya bagi kesehatan.

●         Komposisi yang Jelas

Informasi selanjutnya yakni komposisi produk yang diuraikan secara jelas. Melalui hal ini, Anda bisa mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Pada umumnya, bahan-bahan yang perlu dihindari ialah pemanis, pewarna dan pengawet.

 

●         Tanggal Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa juga menjadi salah satu informasi penting yang harus termuat dalam kemasan produk. Hal ini bisa digunakan untuk menentukan lama waktu penyimpanan atau bisa tidaknya produk tersebut digunakan.

Tanggal kadaluarsa menjadi poin yang sangat penting mengingat banyak dijumpai produk dengan kualitas yang masih sama walaupun sudah memasuki tanggal kadaluarsa.

 

●         Informasi Produsen

Kelengkapan informasi produsen atau pabrik yang membuat juga menjadi salah satu aspek penting yang biasa dijumpai dalam kemasan. Beberapa informasi yang biasa termuat diantaranya yakni nama dan alamat produksi.

Semakin lengkap informasi produsen ditampilkan dalam kemasan, maka semakin terpercaya pula produk tersebut.

3.     Dijual dengan Harga yang Relevan

Indikator ketiga yang dapat dijadikan sebagai pembeda bubuk minuman berkualitas atau tidak ialah harga jual yang ditetapkan. Pada umumnya, bubuk berkualitas akan dijual dengan harga yang tepat yakni setara dengan kualitas bahan yang digunakan.

Harga yang ditetapkan bisa dikatakan sedikit lebih mahal dibandingkan harga bubuk minuman pada umumnya. Hal ini dikarenakan kualitas dari bahan-bahan yang digunakan serta proses dalam pembuatannya yang telah terjamin.

Itu sebabnya, Anda harus berhati-hati ketika menjumpai bubuk minuman dijual dalam harga yang terlalu murah atau dibawah harga standar penjualan yang ditetapkan. Besar kemungkinan barang tersebut tidak sesuai dengan standar bahan makanan yang ditetapkan.

4.     Tidak Mudah Menggumpal

Ciri selanjutnya yang tidak kalah untuk diperhatikan yakni bentuk ata tekstur dari bubuk itu sendiri. Biasanya, bubuk minuman terbaik tidak akan menggumpal jika disimpan dalam tempat dan cara yang benar.

Munculnya gumpalan dalam bubuk minuman biasanya tidak luput dari adanya kerusakan kemasan sehingga terdapat zat lain yang masuk di dalamnya. Itu sebabnya, bubuk menjadi rusak dan menggumpal.

Selain itu, penggumpalan juga bisa diakibatkan karena lamanya waktu produksi atau mendekati masa kadaluarsa.

Dengan begitu, pilihlah bubuk minuman yang memiliki bentuk layaknya serbuk pada umumnya mengingat bubuk minuman yang dibuat dengan bahan dan kemasan terbaik memiliki resiko yang sangat kecil untuk menggumpal.

5.     Mudah untuk Dilarutkan atau Dicampurkan

Selain bentuknya yang tidak menggumpal, bubuk minuman terbaik juga mudah untuk dilarutkan atau dicampurkan dalam air. Semakin mudah serbuk tercampur dan menyatu dengan air, maka menunjukkan semakin baik pula kualitas bahan yang digunakan.

Jika masih dijumpai bubuk yang menggumpal atau belum menyatu dalam air dalam waktu yang lama, maka sudah bisa dipastikan bahwa ada kesalahan dalam bahan tersebut.

Selain memperhatikan 5 poin terkait ciri-ciri bubuk minuman di atas, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal lain ketika memilih produk bubuk minuman yang berkualitas.

 

Tips Memilih Bubuk Minuman Berkualitas

Di bawah ini ialah beberapa informasi yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui yakni tips-tips untuk memilih bubuk minuman berkualitas. Dengan tips di bawah ini nantinya Anda bisa mendapatkan bubuk minuman terbaik sesuai dengan harapan.

1.     Memilih Produsen, Supplier atau Distributor yang Berkualitas

Tips pertama yang harus Anda lakukan yakni memilih bubuk minuman yang diproduksi, didistribusikan atau dijual oleh pihak-pihak yang terpercaya.

Anda bisa membelinya melalui toko-toko bahan makanan terdekat ataupun membelinya secara langsung melalui official storenya jika ada, baik itu pembelian langsung ataupun melalui marketplace secara online.

2.    Memilih Produsen Bubuk Minuman yang Menyediakan Beragam Varian Rasa

Tips kedua yakni memilih produsen atau merek dagang yang menyediakan bubuk minuman dengan berbagai varian rasa. Nantinya Anda bisa memilih salah satu diantaranya ataupun membandingkan varian rasa yang satu dengan rasa yang lainnya.

Dengan beragamnya varian rasa yang tersedia, maka Anda bisa membuat berbagai jenis minuman sesuai dengan berbagai kebutuhan.

3.     Memilih Bubuk Minuman yang Memiliki Jaminan Halal

Tips terakhir yang harus diperhatikan untuk memilih bubuk minuman berkualitas tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya. Setiap produk makanan atau minuman yang berkualitas tentunya akan mengandungi jaminan halal dan izin edar. Pastikan dua hal tersebut telah dimiliki oleh produk yang akan Anda gunakan agar keamanan dan kesehatannya lebih terjamin.

Itulah tiga tips yang bisa Anda perhatikan dalam memilih bubuk minuman terbaik selain ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya. Jika ciri dan tips di atas telah terpenuhi, maka bubuk minuman yang Anda peroleh sudah pasti terjamin kualitas dan keamanannya.

Memilih bubuk minuman terbaik merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan, terlebih jika Anda menggunakannya untuk keperluan bisnis dan pengembangan usaha.

Dalam hal ini, kualitas dan keamanan produk harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik agar usaha berjalan dengan lancar. 

Apabila di kota atau daerah tempat tinggal Anda masih belum ada agen yang jual bubuk minuman kekinian, maka Anda bisa mendaftar sebagai agen JAPO. JAPO merupakan supplier sekaligus grosir minuman kekinian. Produk-produk minuman bubuk JAPO bahkan selalu laris diserbu para pengusaha minuman kekinian.