Cara Mudah Membuat Whipped Cream dari Bubuk Cream

Cara Mudah Membuat Whipped Cream dari Bubuk Cream

Bagikan artikel ini

Whipped cream atau kerap disebut sebagai krim kocok merupakan sebutan bagi krim putih yang biasa dibuat dari putih telur ataupun lemak susu. Lantas bagaimana cara membuat whipped cream yang berbahan dasar bubuk?

Biasanya, whipped cream digunakan sebagai bahan tambahan untuk menghias kue tart ataupun beberapa jenis minuman tertentu.

 

Apa Itu Whipped Cream Bubuk?

Sejauh ini, whipped cream memang sudah sangat populer dibuat dari krim kocok berupa susu ataupun telur. Namun, seiring berjalannya waktu kini telah banyak bermunculan whipped cream berbentuk bubuk yang bisa digunakan secara instan atau lebih cepat.

Whipped cream bubuk adalah terobosan baru yang muncul sebagai bentuk instant dari whipped cream yang berbentuk serbuk sehingga bisa digunakan secara instan dan cepat dibandingkan harus membuatnya secara manual.

Meski tergolong sebagai bahan instant, namun dalam pembuatannya tentunya juga tetap membutuhkan tips khusus agar cream yang dihasilkan bisa memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah untuk digunakan dalam makanan ataupun minuman.

 

Bagaimana Cara Membuat Whipped dari Bubuk Cream?

Berikut ialah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuat whipped cream secara cepat dan mudah:

1.     Menyiapkan Bahan-Bahan

Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum membuat whipped cream adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan yang dibutuhkan hanyalah 150 gr whipped cream bubuk dan 250 cc air es atau susu cair dingin. Jika menginginkan whipped cream dalam berbagai warna, maka siapkan pula pewarna makanan sesuai dengan selera dan kebutuhan.

2.     Kocok Whipped Cream dengan Air Es

Langkah selanjutnya yakni kocok bubuk whipped cream bersamaan dengan air es menggunakan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 3-5 menit. Jika tidak menggunakan mixer, maka Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan bantuan balloon whisk selama 5-10 menit. Kocok kedua bahan tersebut sampai tercampur dan mengental yakni membentuk cream yang lembut.

3.     Manuangkan Pewarna

Jika Anda menginginkan whipped cream dalam berbagai warna yang berbeda, maka pisahkan terlebih dahulu cream yang sudah jadi dalam tempat yang berbeda-beda. Setelah itu, teteskan sedikit pewarna makanan lalu campur keduanya sampai merata. Setelah cream dan warna tercampur rata, maka whipped cream sudah siap untuk disajikan, baik itu sebagai topping makanan ataupun minuman.

Itulah tiga cara membuat whipped cream dari bubuk instant yang kini mudah Anda dapatkan di toko-toko bahan makanan, supermarket ataupun pusat perbelanjaan terdekat.

 

Bagaimana Cara Membuat Whipped Secara Manual?

Selain mengetahui proses pembuatannya secara instant menggunakan whipped cream bubuk, tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui mengenai cara membuat whipped cream manual dengan beberapa jenis bahan. Berikut ialah penjelasan singkatnya:

1.     Menyiapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus disiapkan dalam pembuatan whipped cream ialah menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Adapun beberapa bahan yang dimaksud ialah:

●         1 cup heavy cream

●         1/3 cup gula halus

●         1/2 teh ekstra vanili

●         100 gram telur ayam (bagian putihnya saja)

●         Garam secukupnya

2.     Kocok Putih Telur dan Heavy Cream

Setelah semua bahan tersedia, maka langkah selanjutnya yakni mencampurkan heavy cream dengan putih telur menggunakan mixer kecepatan tinggi selama 3-5 menit atau sampai menghasilkan adonan yang halus dan padat. Kocok terus sembari menurunkan kecepatan mixer dan menaikkannya lagi setiap beberapa menit sekali, ulangi hal tersebut sebanyak 2-3 kali. Untuk tahapan akhir, kocok kembali krim dengan kecepatan tinggi sampai adonan berubah warna putih dan ringan.

3.     Menambahkan Gula Halus

Tahapan selanjutnya yakni menambahkan gula halus secukupnya jika Anda menginginkan whipped cream dengan rasa manis. Jika tidak, maka Anda bisa melewati langkah ini.

4.     Tambahkan Garam dan Kocok Sampai Rata

5.     Whipped Cream Sudah Jadi dan Siap Disajikan

Jika semua langkah-langkah di atas telah terpenuhi maka whipped cream sudah bisa disajikan dan dinikmati. Untuk memastikan kembali, Anda bisa mencobanya dengan membalikkan wadah atau mangkuk tempat whipped cream.

Whipped cream berkualitas yang sudah jadi atau siap disajikan tidak akan jatuh meskipun wadah dibalik. Itu sebabnya, tidak ada salahnya jika Anda nanti mencoba tips ini untuk membuktikan kualitas whipped cream yang dibuat.

Cukup mudah bukan? Pada dasarnya pembuatan whipped cream manual juga tidak sesulit yang Anda bayangkan. cara membuat whipped cream instant ataupun manual sama-sama membutuhkan mixer untuk mencampurnya.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mencampur beberapa bahan-bahan yang digunakan juga tergolong sama yakni 3-5 menit dengan kecepatan tinggi ataupun 5-10 menit untuk kecepatan sedang ataupun pencampuran manual menggunakan balloon whisk.

Dalam pembuatan whipped cream, penggunaan mixer sangat dianjurkan mengingat adonan yang dihasilkan bisa lebih maksimal dan memiliki tekstur yang fluffy.

 

Apa Saja Tips Membuat Whipped Cream?

Setelah memahami cara membuat whipped cream di atas, maka tidak kalah pentingnya jika mengetahui pula terkait beberapa tips dalam pembuatannya. Berikut ialah beberapa diantaranya:

1.     Gunakan Mangkuk atau Wadah yang Besar

Tips pertama yang harus Anda perhatikan yakni penggunaan wadah atau mangkuk. Pastikan wadah tersebut berukuran besar mengingat hasil pembuatan whipped cream biasanya akan lebih banyak atau dua kali lipat dibandingkan jenis heavy whipped cream. Selain itu, mangkuk yang besar juga dapat meminimalisir adanya cream yang terbuang atau tumpah akibat proses kocok. Terlebih jika Anda membuatnya menggunakan sistem manual dengan balloon whisk.

2.     Tambahkan Sedikit Heavy Whipped Cream

Tips selanjutnya yakni Anda bisa menambahkan sedikit heavy whipped cream didalamnya. Hal ini bertujuan agar cream dapat mengembang menjadi lebih padat dan halus. Tips ini biasanya banyak digunakan bagi Anda yang menggunakan whipped cream untuk keperluan tambahan sebagai hiasan kue ataupun tart.

3.     Pastikan Cream dalam Keadaan Dingin

Tips selanjutnya yakni memastikan cream dalam keadaan dingin, hal ini bertujuan untuk menciptakan bentuk cream yang lebih padat. Selain itu, proses kocok pada cream dalam kondisi dingin juga akan lebih mudah. Itu sebabnya, usahakan untuk memasukkan heavy whipped cream ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan adonan whipped cream bubuk. Selain itu, pastikan pula air ataupun susu yang digunakan benar-benar dingin.

4.     Gunakan Gula Bubuk Putih

Jika menginginkan whipped cream memiliki rasa manis, maka Anda bisa mencampurkan gula bubuk yang biasa digunakan sebagai topping makanan ataupun roti. Pemilihan gula jenis ini bertujuan agar bisa cepat larut dan menyatu dengan adonan. Selain itu, larutan gula ini juga tidak akan mengubah warna dan tekstur dari whipped cream yang dibuat.

Demikianlah cara membuat whipped cream beserta tips yang bisa diterapkan, baik itu dalam pembuatan secara manual dengan beberapa bahan ataupun pembuatan secara instan dengan bubuk cream saja.

Jika penasaran, maka Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, baik itu pembuatan secara alami ataupun instant dengan tetap memperhatikan beberapa tips-tips yang telah disebutkan.