Alat Minuman Kekinian yang Dibutuhkan dalam Bisnis Minuman

Alat-alat yang Dibutuhkan dalam Bisnis Minuman Kekinian, Beserta Harganya

Bagikan artikel ini

Usaha untuk bidang minuman tentu bukan hal asing yang didengar oleh masyarakat. Kini beragam jenis bisnis minuman kekinian bisa dengan mudah dibeli di sekitar Anda. Mulai dari air mineral sampai segala jenis minuman manis pun dijajakan. Sehingga penting bagi Anda untuk tahu alat minuman kekinian.

Agar bisnis bisa berkembang, pebisnis perlu memperhatikan manajemen untuk usahanya. Selain itu, menyediakan bahan baku bermutu serta peralatan yang memadai juga menjadi poin penting. Lalu, apa saja peralatan yang perlu disiapkan?

Peralatan Usaha yang Harus Anda Miliki

Berikut rekomendasi alat minuman kekinian yang dapat mendukung bisnis Anda.

1.      Booth

Alat yang diperlukan pertama adalah booth. Alat ini bisa berfungsi untuk meletakkan berbagai peralatan bisnis minuman. Biasanya booth memiliki perkiraan harga mulai dari Rp 1,4 juta hingga Rp 2 Juta.

Namun, harga booth juga berbeda-beda tergantung pada kualitas yang ingin Anda beli. Jangan lupa ya, untuk membeli gerobak yang sesuai dengan budget agar biaya yang Anda telah keluarkan tidak melebihi batas!

2.      Shaker

Alat minuman kekinian yang perlu Anda siapkan selanjutnya yaitu Shaker. Shaker ini memiliki kegunaan untuk mencampur bahan-bahan minuman milik Anda.

Sebenarnya, tidak semua minuman memerlukan alat ini, tetapi mayoritas minuman kekinian sekarang memang membutuhkan shaker untuk proses pembuatannya.

Di pasaran Anda bisa saja meminang shaker dengan harga dibawah Rp100.000. Alat ini dibanderol mulai dari Rp70.000 hingga Rp90.000 (sesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan Anda).

3.      Blender

Alat untuk berbisnis minuman yang selanjutnya yaitu blender. Kehadiran blender tentunya menjadi penting bagi pebisnis minuman. Anda pasti membutuhkan alat ini untuk mencampur bahan menjadi satu.

Anda bisa menghemat budget dengan memilih harga blender yang terjangkau. Anda bisa memiliki blender yang memiliki harga sekitar Rp200.000 hingga Rp300.000 saja.

4.      Plastik Cup

Plastik cup adalah alat minuman kekinian selanjutnya yang juga Anda perlukan. Bagaimana tidak, plastic cup akan Anda gunakan untuk wadah menyajikan minuman kepada konsumen. Berkaitan dengan harga, plastik cup ini dijual sekitar Rp20.000 tiap pcs-nya. Murah, kan?

Anda juga wajib memastikan bahwa Anda membeli stok plastik cup yang pas dengan kebutuhan minuman. Tidak terlalu banyak dan juga tidak kurang jumlahnya, ya!

5.      Plastik Kemasan Model Cup

Plastik kemasan model cup dibutuhkan untuk setiap per plastik cup-nya agar memudahkan konsumen membawa produk yang Anda tawarkan.

Dengan kisaran harga Rp 5.600, Anda sudah mendapatkan sejumlah 65 buah plastik kemasan cup. Sama ratakan antara jumlah dari plastik kemasan model cup dengan plastik cup yang telah Anda beli sebelumnya.

Meskipun banyak pilihan wadah yang lain seperti cup atau botol dengan berbagai bentuk unik, bisnis minuman khususnya sektor ice blend akan sulit lepas dari yang namanya gelas karena dirasa paling cocok untuk menyajikan ice blend tersebut.

6.      Gelas Ice Blend

Gelas ini mempunyai banyak model yang bisa dipakai. Ada yang punya tutup rata, ada pula yang memiliki tutup berbentuk dome. Biasanya model tutup dome khusus untuk minuman ice blend dengan topping di atasnya.

Gelas ice blend juga memiliki ragam ukuran dan warna. Ada yang berukuran kecil hingga besar. Warnanya sendiri, gelas ini juga bervariatif. Ada yang bening transparan, ada pula gelas berwarna yang bisa Anda kostumisasi.

7.      Sedotan

Peralatan selanjutnya adalah sedotan. Di pasaran, sedotan plastik bisa di dapatkan dengan harga kurang lebih Rp 20 ribu, Anda akan mendapatkan 500 pcs sedotan.

Sekali lagi, jangan lupa untuk Anda pastikan jumlah antara sedotan dengan plastik cup yang Anda beli sebelumnya sudah sesuai.

8.      Cup Sealer

Alat ini berfungsi untuk menutup plastik cup agar pada bagian atas nantinya bisa tertutup dengan lebih rapat. Cup sealer dijual dipasaran dengan kisaran harga Rp 600 ribu.

Karena harganya yang cukup mahal, Anda cukup membeli satu cup sealer saja. Bagi bisnis minuman yang masih baru, satu alat ini saja tentu sudah sangat cukup digunakan untuk menjalankan bisnis.

9.      Cream Whipped Dispenser

Alat minuman kekinian selanjutnya yaitu cream whipped dispenser. Memang alat satu ini berfungsi untuk membantu Anda saat akan menambah whipped cream di dalam minuman.

Anda perlu menyiapkan budget kira-kira Rp700.000 untuk bisa memiliki alat ini. pastikan untuk menggunakan alat ini dengan baik, ya, saat memulai bisnis minuman kekinian Anda!

10.  Cool Box

Apa sih fungsi dari alat yang satu ini? Ya, cool box memiliki kegunaan untuk menyimpan stok es batu Anda agar tidak mudah mencair. Cool box dipatok dengan harga mulai dari Rp300.000.

11.  Jigger

Jigger merupakan alat yang berfungsi untuk menakar gula cair, sehingga Anda tidak perlu takut akan salah takar ketika membaca resep. Harganya sendiri amat terjangkau. Anda bisa mendapatkan alat ini dengan kisaran harga Rp 9000 saja. Murah banget, bukan?

Jigger mempunyai berbagai ukuran. Pilihlah sesuai yang Anda perlukan. Jika ukuran jigger di pasaran Anda rasa kurang pas. Anda bisa melakukan perhitungan mandiri tanpa bantuan jigger.

12.  Bubuk Minuman

Bubuk untuk minuman menjadi satu bahan utama yang penting. Bubuk untuk minuman sendiri telah menjadi pilihan para pebisnis di bidang ini sejak lama karena dianggap lebih efisien dengan hasil minuman yang memiliki tekstur lebih halus.

Di zaman sekarang, jika ingin mengkonsumsi ice blend tidak perlu susah payah menggunakan buah-buahan asli dengan harga dua kali lipat dan kurang praktis.

Cukup memakai bubuk minuman dan secara cepat ice blend disajikan. Daripada menjadikan keseluruhan buah menjadi bahan minuman, alangkah baiknya buah tersebut dipotong kecil-kecil dan menjadikannya sebagai topping yang menambah cantik presentasi produk Anda.

Bubuk minuman premium dari JAPO bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk memastikan bahwa minuman yang di sajikan memiliki rasa yang istimewa. Produk-produk berkualitas dari JAPO dapat meningkatkan citra bisnis Anda dan memuaskan pelanggan.

13.  Filling dan Topping

Filling merupakan bahan penting lainnya yang wajib ada. Pastinya, Anda membutuhkan bahan filling untuk membuat minuman ice blend. Mengapa begitu? Sebab ice blend akan kurang menarik jika tidak memakai bahan filling.

Banyak bahan-bahan filling yang dijajakan secara umum seperti bubble coklat, cincau powder, jelly powder, rainbow jelly, dan masih tentu banyak lagi.

Pakailah bahan topping minuman yang bisa membuat tampilan ice blend jadi lebih menawan. Dari tambahan topping, minuman bakal menjadi lebih menarik tidak hanya dari segi rasanya saja tetapi juga tampilannya.

Topping tentu ada banyak pilihan seperti chocochips, whipped cream, coklat yang sudah diparut, keju, atau buah potong.

Tak hanya filling dan topping, bahan lain yang akan menambah cita rasa ice blend dan bisa Anda masukkan dalam dapur Anda adalah sirup, krimer, susu full-cream, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menyiapkan berbagai alat minuman kekinian yang diperlukan? Kalau belum segera catat kembali rekomendasi barang yang disebutkan di atas, ya!