Ide Ramuan Tradisional Untuk Usaha Minuman Kekinian

Ide Ramuan Tradisional Untuk Usaha Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Dari sekian banyak bisnis kuliner yang termasuk paling menjanjikan dalam hal prospek di masa sekarang adalah usaha minuman. Antusiasme yang besar dari masyarakat terhadap minuman yang unik dalam hal rasa dan kemasan merupakan satu penyebab utamanya.

Tentu saja bagi kamu yang memiliki keinginan merintis usaha di bidang minuman, khususnya minuman tradisional, harus memperhatikan beberapa hal tersebut. Unik dalam hal rasa adalah salah satu dari sekian hal mengapa minuman khas tradisional pantas untuk dijadikan sebuah usaha.

Mengapa Merintis Usaha Minuman Tradisional?

Tak melulu bisnis minuman modern ala remaja milenial, kamu bisa mengangkat tema minuman tradisional nusantara sebagai konsep usaha. Ada beberapa hal yang membuat bisnis minuman tradisional khas Indonesia layak kamu pilih, antara lain:

1.    Peminatnya yang Masih Banyak

Minuman tradisional seringkali menjadi pilihan karena mampu menyehatkan tubuh. Tentu saja ini berkat bahannya yang dari herbal dan rempah-rempah. Dengan alasan seperti itulah, jenis minuman tradisional masih memiliki peminat yang begitu banyak.

Untuk urusan penyajian pun, kamu tetap bisa menyajikan minuman tradisional dalam kondisi panas maupun dingin. Nilai plus inilah yang menjadi daya tarik minuman tradisional.

Kedepannya, minuman khas tradisional ini akan terus memiliki peminat yang begitu banyak sehingga dari sisi prospek bisnis pun tergolong akan tetap menjanjikan. Terlebih lagi dengan slogan hidup sehat berbasi kepada alam kian hari kian santer terdengar.

2.    Cita dan Rasa yang Unik

Tentang cita rasa, tentunya minuman tradisional khas Indonesia yang dibuat dengan racikan herbal serta rempah ini telah memenuhi kriteria itu. Dengan citarasa khas herbal seperti jahe, kencur, temulawak dan sebagainya, minuman tradisional akan terus diburu.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. tentu jualan minuman tradisional kamu banyak dilirik karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

3.    Mudah dalam Proses Pembuatannya

Adakalanya orang mengaitkan suatu penyajian yang berbau tradisional dengan kesan ribet atau rumit. Apa iya seperti itu? Kenyataannya tidak demikian, lho. Justru, beberapa jenis minuman tradisional jauh dari kesan seperti itu.

Kamu cukup mengikuti takaran yang sesuai, lalu meracik dengan air, maka minuman tradisional sudah siap dihidangkan. Proses penyiapan minuman tradisional ini tergolong begitu simpel dan mudah.

Maka dari itu, kalau ini ditawarkan kepada masyarakat dengan format stand-stand minuman yang modern pun, masih akan tetap cocok dan memiliki ‘nilai jual’.

4.    Bahan yang Mudah Didapatkan

Dengan label minuman tradisional Indonesia, tentunya bahan-bahan untuk membuatnya relatif lebih mudah untuk didapatkan. Selain mudah diperoleh, kamu juga tak perlu merogoh kocek cukup dalam untuk membeli bahan-bahan pembuat minuman karena dari segi harga tergolong murah.

Makanya, harga jual yang nanti kamu tawarkan kepada pelanggan pun bisa jauh lebih fleksibel dan pastinya sangat terjangkau.

Varian Minuman Tradisional

Setelah kamu cukup paham tentang beberapa alasan mengapa minuman tradisional bisa menjadi sebuah konsep usaha minuman yang menjanjikan, kini pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah jenis minuman tradisional jenis apa yang akan dijual.

Untuk hal ini, kamu tak usah terlalu bingung. Kekayaan rempah yang dimiliki bangsa ini sudah cukup menjamin berbagai varian minuman tradisional yang bisa dijadikan ide jualan. Dari sekian banyak jenis tersebut, inilah beberapa varian yang bisa dipilih untuk dijadikan andalan jualan:

1.    Wedang Jahe

Jenis minuman tradisional yang satu ini memang erat dengan musim saat musim penghujan atau cuaca yang dingin. Namun dengan berbagai modifikasi yang cerdas dan tepat, kamu bisa menyajikan wedang jahe dalam bentuk minuman dingin sebagai sebuah terobosan yang baru.

Bila di musim penghujan atau cuaca dingin sifat panas jahe menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh, maka rasa unik jahe dengan perpaduan penyajian dingin tentu menjadi suatu keunikan tersendiri yang menyegarkan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan perpaduan gula, serai, dan juga daun pandan. Cara menyiapkannya pun sangat mudah, hanya merebus air dan mencampurnya dengan bahan-bahan tersebut hingga mendidih. Kamu juga bisa menambahkan susu untuk rasa yang lebih creamy.

2.    Sinom

Ini dia minuman tradisional yang sangat disukai karena sangat nikmat saat diminum di kala haus. Apalagi bila ini disajikan dalam bentuk dingin. Daun sinom memang bisa diolah menjadi suatu bentuk minuman wedang sinom berwarna kuning jernih dengan cita rasa unik.

Baik disajikan hangat atau dingin, sebenarnya rasa unik sinom tetap ‘masuk di lidah’. Kalau kamu berjualan es sinom di kala musim panas, sudah pasti banyak pembeli antri di stand minuman kamu.

3.    STMJ

Nama minuman ini merupakan singkatan bahan-bahan utama yang menyusun minuman tradisional satu ini yakni, susu, telur, madu, dan jahe. Bila ingin lebih terasa lengkap lagi, bisa kamu tambahkan cengkeh maupun kapulaga.

STMJ sendiri sudah lama dikonsumsi sebagai minuman relaksasi atau penambah stamina dengan segmen market para pekerja atau karyawan dengan tugas atau pekerjaan yang dianggap berat.

Namun, sekarang pecinta minuman yang satu ini semakin meluas sampai ke berbagai lapisan dan golongan, makanya pamornya pun semakin melejit.

4.    Bajigur

Mirip dengan wedang jahe, bajigur bahan baku utamanya adalah jahe yang memang melimpah di negara kita. Perbedaannya ada pada bahan pendampingnya, yakni santan kelapa dan juga kayumanis.

Persis seperti wedang jahe, minuman ini memang lebih nikmat untuk dinikmati saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh agar terhindar dari masuk angin, flu, dan demam. Aroma wanginya pun akan semakin terasa lengkap saat kamu menikmatinya.

Walaupun bajigur sudah hadir dalam bentuk bubuk dalam kemasan, namun penyajian minuman ini yang diolah secara langsung dari bahan mentahnya pasti akan lebih terasa eksotik dan pastinya juga lebih nikmat.

5.    Bandrek

Berasal dari daerah yang sama dengan bajigur, bandrek pun berbahan utama jahe dengan perpaduan berbagai rempah-rempah khas nusantara seperti cengkeh, kayu manis, daun pandan, dan ditambah garam serta gula merah.

Untuk mempersiapkan minuman ini, kamu bisa menyajikannya dilengkapi dengan susu segar. Selain membuat tubuh hangat dan mengatasi flu maupun masuk angin, manfaat lain bandrek untuk tubuh adalah meningkatkan nafsu makan. Ini tentu bisa kamu infokan sebagai promosi jualan kamu.

6.    Es Cendol/Dawet

Jenis minuman tradisional yang satu ini barangkali adalah yang paling dikenal di seantero Nusantara. Es cendol/dawet bahkan telah dikenal di beberapa tempat di mancanegara dan masuk ke jajaran daftar 50 minuman paling lezat di dunia.

Minuman yang berbahan utama tepung beras dan tepung kanji ini sebenarnya masih dapat kamu modifikasi lagi, sehingga sangat berpeluang untuk tenar sebagai minuman kekinian tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia.

Dengan sedikit kemauan dan kreativitas, racikan bahan tradisional pun bisa kamu manfaatkan untuk ide usaha minuman kekinian yang menjanjikan. Sejatinya, masih banyak jenis minuman khas Indonesia lain dari pelosok negeri ini yang bisa kamu angkat untuk ide jualan. Tinggal sedikit inovasi dan percaya diri.