Begini Kiat Sukses Menjadi Distributor Bubble Drink

Begini Kiat Sukses Menjadi Distributor Bubble Drink

Bagikan artikel ini

Pada mulanya bubble drink diciptakan di negara Taiwan, karena globalisasi akhirnya sampai ke Indonesia. Minuman ini sangat diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kamu akan mendapat keuntungan besar jika menjadi distributor bubble drink. Tapi ada syaratnya yaitu harus mengikuti beberapa kiat sukses yang akan dijelaskan pada bacaan di bawah ini! Penasaran kan? Stay tune ya!

Pengertian Distributor Secara Umum

Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus memahami arti distributor sesungguhnya yaitu pihak yang membeli produk kepada seorang produsen untuk kemudian dijual kembali kepada retailer atau konsumen akhir.

Pendapat lain juga menjelaskan bahwa distributor bisa berbentuk badan usaha atau perorangan yang bertanggung jawab untuk menyalurkan produk baik itu jasa ataupun barang. Selain itu juga menjadi penghubung nomor satu antara konsumen dan produsen.

Biasanya, mereka tidak melakukan modifikasi produk, melainkan langsung siap pakai. Nah keuntungannya diambil dari potongan harga yang diberikan oleh produsen dan harga penjualan kepada konsumen.

Distributor jelas berbeda dengan supplier, yang mana mereka menjual bahan mentah untuk kemudian diolah lagi menjadi barang siap pakai. Banyak yang tidak bisa membedakan antara keduanya, tapi setelah membaca ini diharapkan kamu bisa memahami.

Sedangkan agen adalah kelompok atau orang yang menjadi perpanjangan tangan dari distributor, bisa juga disebut sebagai retailer. Tugasnya untuk menjangkau konsumen yang tidak bisa diatasi oleh distributor.

Di era modern ini menjadi distributor minuman bubble memiliki banyak keuntungan karena minat pembeli yang tinggi, khususnya kaum milenial. Selain itu, tidak memerlukan banyak modal dan tempat yang luas, kamu bisa membuka stand kecil di tempat yang cukup ramai.

Kiat Sukses Menjadi Distributor Bubble Drink

Semua usaha pasti membutuhkan kiat sukses agar mendapatkan keuntungan yang besar, tak terkecuali menjadi distributor. Walaupun secara sekilas pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat, tapi tetap harus memiliki pemahaman, perencanaan dan langkah yang jelas.

1.    Memahami Pengertian Distributor

Poin pertama yang menjadi dasar sukses dalam semua bidang usaha adalah memahami pengertiannya secara lebih rinci. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, distributor adalah usaha yang bergerak di bidang pengiriman, pengambilan produk dari produsen serta penghubung utama ke konsumen akhir.

Jika memilih bubble drink sebagai produknya, maka kamu juga harus mengerti komposisi, varian rasa dan segala hal tentangnya. Jangan sampai ketika retailer atau konsumen bertanya kamu tidak bisa menjawabnya.

2.    Memahami Fungsi dan Tugas Seorang Distributor Minuman Bubble

Setelah memahami pengertiannya dengan baik, kamu juga harus tahu apa fungsi dan tugas seorang distributor minuman drink. Tidak hanya melakukan pengiriman barang atau jasa tapi ada juga yang lainya, yaitu:

Membeli bubble drink secara langsung kemudian dibagikan kepada pedagang skala menengah atau konsumen akhir.

-Menyimpan bubble drink, sebelum disalurkan, distributor juga memiliki fungsi sebagai penyimpan produk dalam jangka waktu tertentu loh. Kamu harus menyiapkan gudang sementara untuk itu.

-Menjual bubble drink, seorang distributor memiliki tugas memastikan perpindahan dari tangan produsen ke retailer atau konsumen tingkat akhir dengan aman. Namun untuk ongkos kirim biasanya include ke harga jual produk agar kerugian bisa diminimalisir.

-Melakukan pemilihan bubble drink sesuai dengan ukuran, rasa, jenis dan masih banyak lagi yang lainnya.

-Mengetahui informasi bubble drink secara lebih rinci, seperti perkiraan harga dan ketersediaan sebuah produk.

-Melakukan promosi, seorang distributor juga harus memiliki kemampuan menjual tidak hanya mengirim saja. Salah satu cara yang digunakan adalah ikut merasakan bubble drink.

3.    Memahami Jenis-Jenis Distributor

Perlu diketahui, bahwa distributor terdiri dari beberapa jenis loh. Ini dia lengkapnya:

-Perusahaan Distributor Barang

Jenis ini biasanya mengirimkan produk yang berbentuk fisik, tidak hanya menjual pada retailer saja tapi juga pada konsumen tingkat akhir dengan proses yang cukup panjang.

-Perusahaan Distributor Jasa

Distributor ini menyalurkan produk berupa jasa dengan proses yang tergolong lebih singkat karena langsung kepada konsumen tingkat akhir, tidak perlu ke pihak yang lain.

-Perusahaan Distributor Perorangan

Distributor jenis ini membagi proses penyaluran menjadi dua jenis. Pertama dari produsen, ke distributor pribadi kemudian konsumen tingkat akhir.

Kedua, dari produsen kemudian ke distributor pribadi pertama, lalu kedua, ketiga dan seterusnya hingga ke konsumen tingkat akhir. Nah untuk distributor bubble drink, bebas kamu bisa memilih salah satunya.

4. Memahami Rantai Distributor

Rantai distributor biasanya selalu dikaitkan dengan proses pemasaran. Apabila semuanya berjalan dengan lancar maka bisa dipastikan rantai tersebut akan terus berjalan.

Membangun sebuah usaha berarti harus siap menjadi marketing yang menarik, karena itulah salah satu kunci kesuksesan dan tidak bisa diremehkan begitu saja.

Ingat sebaik apapun varian rasa atau kemasan bubble drink tidak akan bisa terjual tanpa adanya proses promosi yang maksimal. Sampai sini paham kan? Terdapat beberapa strategi marketing efektif yang bisa kamu ikuti, yaitu:

-Menjalin Relasi dengan Banyak Pihak

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menjalin relasi yang baik dengan semua pihak, seperti retailer, konsumen tingkat akhir ataupun produser. Dapatkan kepercayaan dari mereka maka usaha pengiriman bubble drinkmu akan laris.

-Membuat Retailer atau Konsumen Akhir Selalu Repeat Order

Cara agar konsumen selalu repeat order adalah dengan menciptakan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dan sesuai dengan manfaat atau kualitas yang akan didapatkan. Jangan sampai ada kenaikan harga yang terlalu signifikan.

Lebih baik mengambil keuntungan biasa saja namun continue dibandingkan banyak tapi tidak bertahan lama. Perhitungkan dengan matang keuntungan bersih yang akan kamu dapatkan.

-Selalu Berupaya agar Bubble Drink Habis dengan Cepat

Kamu harus mengupayakan bagaimana caranya bubble drink bisa habis dengan cara cepat, agar tidak keburu expired yang pastinya membuatmu rugi.

5.Memilih Produsen yang Tepat

Bisa dibilang ini adalah faktor terpenting agar kamu menjadi distributor minuman bubble yang dikenal dan dipercaya oleh retailer ataupun konsumen. Kamu harus memilih produsen yang menjamin kualitas minuman, kemasannya menarik dan harganya terjangkau.

Kepuasan konsumen adalah faktor yang amat penting karena jika mereka puas, akan selalu repeat order dan ini membuka peluang untuk usahamu agar semakin berkembang. Jika salah memilih produsen maka bukan keuntungan yang kamu dapatkan tapi justru sebaliknya.

Periksa terlebih dahulu apakah mereka menyediakan berbagai macam varian rasa yang tidak membosankan, menerapkan standar khusus untuk kualitas produk yang tidak bisa diganggu gugat serta memberikan pelayanan yang ramah.

Apabila kamu tidak hanya tertarik menjadi distributor, maka bisa sekalian jadi produsennya. Namun kekurangannya, pasti membutuhkan waktu dan biaya yang cukup banyak. Pertimbangkan dengan matang sebelum mengambil langkah agar tidak sia-sia.

Selalu ingat, kesuksesan dalam bisnis distributor bubble drink memerlukan perencanaan yang matang, kerja keras, dan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dengan mengikuti kiat-kiat di atas dan terus mengembangkan hubungan bisnis yang kuat, kamu dapat meraih keuntungan besar dalam bisnis ini sebagai agen bubuk minuman Japo.