10 Rekomendasi Franchise Minuman di Indonesia - Bubuk Minuman JAPO

10 Rekomendasi Franchise Minuman di Indonesia

Bagikan artikel ini

Tren bisnis seperti franchise minuman semakin marak di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih semenjak diberlakukannya work from home di masa pandemi menjadikan daya konsumtif terhadap minuman semakin meningkat.

Ada 10 rekomendasi franchise minuman yang laku keras di pasaran yang bisa Anda jadikan bahan referensi bisnis ke depan.

 

1.      Chatime

Siapa yang tidak mengenal gerai minuman satu ini? Pelopor minuman boba yang kini telah mempunyai ratusan cabang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Gerainya selalu ramai oleh pelanggan setia yang datang dari berbagai kalangan usia maupun profesi.

Minuman yang asalnya dari Taiwan ini menyajikan berbagai menu yang bisa dipilih. Di antaranya ada menu signature drink mereka yaitu milk tea, lalu ada smoothies hingga berbagai menu minuman berbahan dasar buah.

Minuman ini punya pilihan topping yang beraneka ragam seperti boba, grass jelly, red bead, dan masih banyak pilihan lainnya.

Jika Anda memiliki minat membuka cabang franchise Chatime milik Anda sendiri, maka diperlukan pembelian lisensi dengan modal yang tidak sedikit. Hal tersebut wajar karena mengingat branding dari produk ini yang sudah ramai di pasaran.

Berikut ini informasi harga yang perlu diperhatikan bagi calon mitra yang ingin membuka gerai Chatime baik berupa cafe atau kedai, dine in maupun compact, dilansir dari franchise america.com.

●       Investment: US$ 150.000 – US$ 160.000

●       Minimum Cash: US$ 50.000

●       Net Worth: US$ 98.000

2.      Janji Jiwa

Popularitas minuman kopi yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya hanya dalam kurun waktu 2 tahun sejak pertama didirikan pada 2018, Janji Jiwa sudah memiliki sekitar 800 cabang.

Kecintaan masyarakat terhadap minuman kopi menjadikan penjualan Janji Jiwa yang tinggi baik di gerai offline maupun online.

Kini selain menjual minuman kopi maupun non-kopi, Janji Jiwa berinovasi dengan menghadirkan Jiwa Toast atau roti bakar dengan bermacam pilihan isian gurih maupun manis di beberapa cabangnya.

Nah, range harga satu franchise minuman ini mulai dari Rp 150 juta sampai Rp 200 juta, lho! harga tersebut sudah termasuk biaya lisensi dan peralatan yang memakan modal sebesar Rp. 85 juta.

Para mitra Janji Jiwa yang mengeluarkan kisaran budget tersebut akan mendapatkan fasilitas yang lengkap, seperti sewa tempat, karyawan, peralatan, dan yang lainnya. Akan tetapi, Jiwa Toast belum termasuk dalam franchise ini.

3.      Kopi Soe

Di tengah ketatnya persaingan berbagai jenis minuman kopi yang kini terus bermunculan, nama Kopi Soe naik berkat konsep yang ia usung. Mulai dari nama brand yang jadul, kampanye ramah lingkungan, hingga pilihan menu tak biasa yang disediakan

.Berbeda dari merek-merek kopi lainnya yang menjadikan menu kopi sebagai rekomendasi, Kopi Soe ini justru menjadikan es susu rum regal-nya sebagai ikon andalan mereka.

Kopi Soe menyajikan minuman kopi dan non-kopi dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 18 ribu hingga Rp 30 ribu saja, lho! tak heran jika franchise minuman kopi satu ini banyak digemari pecinta kopi dari berbagai kalangan.

Maka bukan hal yang mengejutkan apabila akhirnya Kopi Soe menjual lisensi franchise agar mereka bisa memperbanyak cabang baru di daerah yang belum dijamah oleh mereka.

4.      Kopi Kulo

Gerai minuman kopi yang tak kalah populer selanjutnya adalah Kopi Kulo. Tentu Anda tidak asing lagi dengan franchise minuman satu ini, bukan? Tak berbeda dari gerai kopi sebelumnya, Kopi Kulo juga menyajikan aneka minuman kopi dengan bermacam olahan seperti susu, biskuit, buah, dan lainnya.

Maka dari itu, Kopi Kulo juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang tertarik pada franchise kedai kopi kekinian.

Saat ini sudah lebih dari 1000 outlet yang berada di bawah Kulo Group. Dimulai dari brand pertama yakni Kedai Kopi Kulo, hingga lahir 10 brand lain dalam rentang waktu 3 tahun.

Di antara dari brand-brand tersebut ada Pochajjang, Kitamura, Oseng Mie Jontor, Mazeru, Bu Eva Spesial Sambal, dan kelima brand lain yang merupakan hasil kolaborasi dengan MBV atau Mitra Boga Ventura, mereka adalah Xiji, Xi Bo Ba, Mo Tahu Aja, Ela Greek Doughnut, dan Absolute Tea yang sudah tersebar di wilayah Nusantara.

5.      Dum Dum Thai Tea

Olahan teh yang berasal dari Thailand ini merupakan jenis minuman yang mencampurkan susu dan teh menjadi satu. Dum Dum Thai Tea menjadi salah satu merek Thai tea yang populer di Indonesia. Minuman ini juga menjadi pioneer maraknya minuman khas Thailand ini di Indonesia.

Gerai Dum Dum kini bisa Anda temukan dengan mudah di banyak mal-mal besar. Tidak hanya menjual satu varian Thai tea, Dum Dum juga menyuguhkan banyak macam menu seperti varian Thai Green tea atau Thai Tea Coffee.

Berkat inovasi yang mereka ciptakan dari menu mereka, akhirnya Dum Dum Thai Tea menjual lisensi franchisenya supaya minuman asal negara gajah putih ini semakin dikenal di Indonesia. Wah, menarik bukan berinvestasi pada franchise minuman yang satu ini?

6.      Haus! Indonesia

Beranjak ke merek minuman selanjutnya, Haus! Indonesia merupakan satu kompetitor minuman kekinian yang mengusung harga terjangkau, sehingga siapapun dijamin bisa menikmati minuman dengan berbagai menu yang bisa dipilih.

Karena pilihan menu yang lengkap dengan harga yang relatif terjangkau, Haus! Indonesia digemari oleh banyak anak-anak hingga dewasa. Sehingga Anda bisa ikut kemitraan dengan membeli lisensi franchise ini.

Namun, sayangnya hingga saat ini pendaftaran kemitraan dengan Haus! Indonesia telah ditutup. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengecek secara berkala di laman website mereka untuk mengetahui informasi pendaftaran kemitraan lagi.

7.      Xiboba

Jenis minuman boba yang cukup terkenal selain Chatime adalah Xiboba. Meskipun bukan merek baru, Xiboba baru-baru ini kembali melejit setelah mereka mengeluarkan minuman boba dengan brown sugar, hal ini termasuk inovasi baru bagi minuman boba.

Xiboba menjual produk minuman mereka dengan harga yang ramah di kantong, sehingga diklaim dapat menjangkau kaum menengah. Lisensi franchisenya juga tidak perlu sampai merogoh kantong dalam, jadi Anda tidak perlu membutuhkan modal yang besar.

Hingga tahun 2020 Xiboba telah membuka sekitar 200-an cabang yang ditargetkan terus bertambah menjadi 500 gerai. Sehingga peluang bisnis ini dirasa cukup menggiurkan mengingat nama Xiboba yang juga semakin populer di kalangan masyarakat.

8.      Kamsia Boba

Franchise minuman yang masih dalam segmen per-boba-an selanjutnya adalah Kamsia Boba. Minuman satu ini juga menjual menu Boba Brown Sugar Milk Tea sebagai signature drink mereka. Selain itu, harga menu mereka pun juga terjangkau, lho!

Anda juga hanya perlu menyiapkan budget sebesar 9 jutaan untuk menikmati franchisenya lengkap dengan fasilitas yang diperlukan. Bagaimana, Anda berminat meminang gerai minuman boba satu ini?

9.      Nyoklat

Siapa yang tidak gemar cokelat? Ya, saat ini Anda bisa menikmati minuman coklat segar yang dikombinasikan dengan berbagai topping seperti keju, Oreo, hingga jelly yang menambah kelezatan cita rasa dari Nyoklat.

Nyoklat hadir dengan menggunakan bahan baku dasar cokelat dalam minumannya yang pasti disukai oleh banyak orang, terlebih harganya yang memang terjangkau dengan rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Sehingga berbisnis franchise yang satu ini dirasa bukan pilihan yang salah.

Berikut ini beberapa paket kemitraan Nyoklat Klasik yang bisa Anda pilih:

●       Paket Silver seharga Rp12 Juta,

●       Paket Kontainer seharga Rp14 Juta,

●       Paket Minibar seharga Rp17 Juta,

●       Paket Gold seharga Rp60 juta, dan

●       Paket Platinum seharga Rp250 Juta.

10.    Manja Cheese Tea

Minuman ini termasuk minuman yang berbeda dibanding dengan jenis minuman yang telah disebutkan sebelumnya. Manja Cheese Tea menyajikan minuman teh yang dicampur dengan keju leleh atau kerap disebut dengan cheese tea.

Meski dirasa inovasi ini cukup baru dan berbeda dari yang lainnya, ternyata minuman ini cukup diterima dan digemari oleh banyak orang, lho! Namun, bukan hanya minuman teh saja, Manja Cheese Tea juga menyediakan minuman berbahan dasar lain seperti cokelat atau taro.

Manja Cheese Tea bisa menjadi pilihan yang tepat apabila Anda berkeinginan memulai bisnis franchise minuman dengan menu yang berbeda dari brand-brand yang lain.

Mulai dari Chatime hingga Manja Cheese Tea kira-kira rekomendasi yang mana nih yang membuat Anda tertarik ingin mencoba bisnis franchise minuman? Jangan sampai salah pilih ya! Tetap sesuaikan dengan budget dan tentu saja riset tips memilih franchise untuk merek minuman secara mendalam.