6 Keunggulan Susu Evaporasi Yang AMan Dikonsumsi

6 Keunggulan Susu Evaporasi Yang Aman Dikonsumsi

Bagikan artikel ini

Bagi pelaku usaha mungkin sudah tidak asing lagi dengan susu evaporasi. Pasalnya susu ini memang sering dijadikan pilihan susu untuk campuran membuat minuman maupun dessert. Susu ini memang hampir mirip teksturnya dengan susu kental manis. Namun susu evaporasi lebih gurih sehingga lebih banyak digunakan untuk mendapatkan cita rasa minuman dan makanan yang khas. Selain itu masih ada beberapa keunggulan susu evaporasi yang baik untuk tubuh. Apa saja keunggulan tersebut? Berikut ulasannya

 

1. Memiliki Kandungan Gizi Yang Lebih Padat

Susu evaporasi terbuat dari susu segar yang melalui proses pemanasan dengan suhu panas yang tinggi. Kandungan susu ini lebih padat jika dibandingkan dengan susu kental manis biasa. Kandungan gizi seperti karbohidrat, vitamin, fosfor, tiamin dan niacin bisa Anda dapatkan dari susu ini. Teksturnya juga kental, dimana kekentalan susu ini bukan berasal dari gula melainkan dari proses pengolahannya hingga berjam-jam.

 

2. Tahan Lama Tanpa Pengawet

Keunggulan lainnya yaitu tahan lama tanpa bahan pengawet. Susu ini memiliki sifat tahan lama karena proses pengolahannya dilakukan dengan mengurangi kadar air dalam susu hingga 60 persen. Susu ini bisa bertahan lama jika disimpan di dalam lemari pendingin dan dikemas dengan wadah tertutup. Keunggulan ini sangat memudahkan pelaku usaha minuman maupun kue karena bisa memasok susu dalam waktu yang cukup lama.

 

3. Bisa Membuat Adonan Kue Lebih Lembut

Selain digunakan sebagai campuran membuat minuman juga tak jarang digunakan sebagai bahan untuk membuat aneka kue. Jenis susu ini memiliki tekstur yang lebih cair serta bebas gula yang akan membuat adonan kue lebih cepat mengambang. Anda bisa mencobanya untuk mendapatkan hasil kue yang lebih baik.

 

4. Tersedia Dalam Dua Varian

Keunggulan selanjutnya yaitu tersedia dalam dua varian. Varian yang dimaksud disini yaitu bukan varian rasa melainkan tingkat lemak yang terkandung di dalamnya. Anda bisa memilih susu evaporasi yang rendah lemak atau yang tinggi lemak. Meskipun begitu baik susu yang rendah lemak maupun yang tinggi lemak, keduanya tetap memiliki kandungan gizi yang cocok dijadikan sebagai bahan campuran minuman maupun makanan.

 

5. Mengandung Banyak Protein

Meskipun sering digunakan sebagai campuran minuman ternyata susu evaporasi juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Center for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa sebanyak 30 ml susu evaporasi mengandung 2 gram protein. Dengan mengonsumsi susu ini maka bisa membantu mencukupi kebutuhan protein tubuh harian sebanyak 4 persen. Protein itu sendiri dapat berfungsi untuk menambah energi serta menjaga sel, otot serta jaringan di dalam tubuh agar tetap sehat. Menggunakan susu evaporasi untuk membuat minuman maupun makanan memang pilihan yang tepat karena tak hanya memiliki keunggulan rasa namun juga baik untuk tubuh.

 

6. Mengandung Banyak Kalsium

Selain mengandung banyak protein, susu ini juga mengandung banyak kalsium yang baik bagi tubuh. Setiap 30 ml susu evaporasi baik jenis susu yang mengandung lemak maupun bebas lemak terdapat kalsium sebanyak 80 mg. Susu ini juga cocok menjadi tambahan asupan kalsium Anda sehari-hari. Anda bisa mengolahnya menjadi aneka minuman yang bisa dikreasikan dengan berbagai toping yang enak dan menyegarkan.

 

Untuk membuat makanan maupun sebagai campuran minuman memang bisa menggunakan jenis susu ataupun creamer sesuka hati. Namun untuk bisa mendapatkan kandungan gizi yang baik menggunakan susu evaporasi adalah pilihan yang tepat. Pasalnya tak hanya bisa menciptakan cita rasa yang enak namun juga tetap tidak mengurangi kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Untuk bisa mendapatkan keunggulan susu evaporasi ini Anda bisa mendapatkannya dengan membeli di Japo.