Alasan Wajib Menggunakan Supplier Bahan Baku Minuman

Alasan Wajib Menggunakan Supplier Bahan Baku Minuman

Bagikan artikel ini

Bisnis di bidang minuman aneka rasa digemari oleh kaum milenial. Tren yang berkembang adalah tinggal memasukkan bubuk yang sudah tersedia dan baru diracik ketika ada pembeli. Masalahnya, apakah harus membeli bubuk tersebut di supplier bahan baku minuman atau membuatnya sendiri?

Eksistensi Usaha Minuman di Era Sekarang

Air atau minuman adalah sesuatu yang paling dibutuhkan manusia. Tanpanya, kehidupan tidak akan berlangsung dengan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, dimanapun tempatnya dan apapun rasanya, minuman akan selalu dibutuhkan.

Terlebih saat ini banyak orang kreatif dengan menghadirkan aneka rasa yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Contohnya, jika dahulu minuman coklat berbentuk itu-itu saja, sekarang bisa ditambahkan dengan aneka topping. Baik itu keju, bubble, stroberi atau yang lainnya. Hal ini tentu menarik perhatian dan semakin penasaran untuk membelinya. Apalagi jika gelasnya terbuat dari bahan yang unik, seperti botol kaca, plastik yang bisa di custom, ditulis dan lain sebagainya, wah semakin diminati.

Eksistensi ini semakin mencapai puncaknya dengan kemunculan media sosial. Banyak orang yang ingin membeli minuman hanya untuk diupload ke Instagram, dijadikan story whatsapp atau facebook.

Bisa ditarik kesimpulan, jika usaha di bidang minuman tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan dahaga manusia tetapi juga memenuhi hasrat untuk menjadi keren di media sosial.

Jadi, jika kamu ingin membuka usaha di bidang ini, persiapkan dengan baik dan jangan ragu karena potensi mendapatkan keuntungan semakin bertambah besar tiap harinya. Namun yang jadi permasalahan, untuk menjual varian rasa yang beragam lebih baik membeli atau produksi sendiri?

Kenapa Sih Harus Membeli di Supplier Bahan Baku Minuman Dibanding Membuat Sendiri?

Jika menjadi pengusaha, maka harus siap terlibat langsung dalam setiap prosesnya dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Bahkan jika perlu, meracik sendiri untuk konsumen. Namun hal tersebut bisa diantisipasi dengan membeli bahan langsung jadi agar tidak terlalu repot. Ini dia pertimbangan yang bisa kamu pikirkan dengan baik-baik:

1.    Lebih Praktis

Alasan pertama adalah karena kepraktisannya. Bayangkan saja, jika kamu harus mencari tahu bahan apa saja yang digunakan untuk membuat minuman dengan berbagai varian rasa pastinya lebih ribet.

Contohnya red velvet, kamu harus mempersiapkan mulai dari susu, cream, perasa dan lainnya. Hal ini tentu berbeda jika kamu membeli langsung di supplier bahan baku minuman, lebih praktis dan tinggal terima jadi saja tanpa harus berlama-lama mencari tahu bahan yang tepat.

Apalagi jika sebelumnya, tidak ada basic memasak atau meracik sesuatu. Wah daripada salah, bukankah lebih baik untuk cari aman saja? Mengingat meracik bubuk tidak semudah yang dibayangkan, perlu beberapa kali percobaan hingga berhasil.

2.    Menghemat Waktu dan Biaya

Kedua, jika kamu membeli bahan jadi di supplier maka lebih menghemat waktu dan biaya. Kamu tidak perlu berlama-lama di dalam dapur dan hanya stagnan di kegiatan tersebut tanpa memikirkan yang lainnya.

Itupun jika langsung berhasil? Kalau tidak maka harus mengulang prosesnya dari awal. Pun produksi sendiri lebih banyak memakan biaya karena membeli satu persatu bahan yang dibutuhkan.

Berbeda ketika membeli bahan baku jadi, tinggal duduk santai semua akan beres. Biayanya juga cukup terjangkau, asalkan memilih supplier yang tepat dengan kualitas yang terjamin. Bagaimana sampai sini paham kan?

3.    Bisa untuk Merencanakan Hal Lain

Membuat usaha baru tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu harus memikirkan dengan matang semuanya, mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Pun tidak boleh hanya berfokus di satu saja, seperti membuat bahan baku minuman sendiri misalnya.

Apalagi jika ternyata memakan waktu yang lama. Lebih baik digunakan untuk hal-hal lain, seperti bagaimana konsep promosi agar menarik para konsumen, dimana lokasi usaha, rekrutmen karyawan, prosedur kerja dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selagi bahan baku untuk membuat minuman bisa dikerjakan dengan cara yang lebih praktis, kenapa harus memilih yang ribet? Paling terpenting dari usaha adalah efisiensi, menghasilkan keuntungan yang besar dengan modal yang cukup.

4.    Menambah Relasi

Ketika memutuskan untuk memesan bubuk minuman di supplier, maka secara otomatis akan menambah relasi di dunia bisnis. Terlebih, relasi atau jaringan memiliki peranan yang penting.

Dari sanalah kamu akan berkenalan dengan banyak orang, menambah pengetahuan yang dibutuhkan untuk perkembangan usaha kedepannya. Lalu bagaimana sih cara memperoleh supplier bubuk minuman?

Biasanya dapat ditempuh melalui dua cara, pertama bertanya kepada rekan yang bergerak di bidang yang sama. Kedua mencari informasi sendiri dengan melakukan survei kecil-kecilan secara online ataupun offline.

Manfaatkan perkembangan teknologi untuk menjalankan usaha karena saat ini semuanya menjadi lebih mudah hanya dengan satu kali klik saja.

Pun ketika sudah mendapatkan supplier, maka jalin hubungan baik dengannya. Siapa tau ada promo yang diberikan. Wah bisa untung banyak kan kalau sudah begini.

5.    Anti Gagal

Nah seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, jika kamu memesan di supplier sudah pasti anti gagal karena pastinya mereka sudah berpengalaman dalam membuat bubuk minuman.

Mereka tidak hanya menyediakan untukmu saja tapi juga pemesan lainnya, sehingga tidak mungkin yang diberikan kepadamu adalah produk gagal. Namun perlu diteliti lebih jauh lagi ya, apakah memang benar supplier tersebut tidak pernah mengecewakan?

Selain itu, kamu juga harus mencicipi apakah rasa minuman yang dihasilkan lebih layak dibanding yang lain. Apa kira-kira kelebihannya, karena jika sama konsepnya, maka kamu akan kalah bersaing dengan yang lebih dahulu membangun usaha di bidang yang sama.

Masyarakat akan lebih mengenal pesaing dibanding usahamu. Oleh karena itu, keunikan dan menarik minat masyarakat entah itu dari segi rasa, tampilan, harga atau yang lainnya patut dipikirkan dengan sebaik mungkin.

6.    Memudahkan Owner Jika Ingin Membuka Cabang Baru

Terakhir, alasan kenapa kamu harus membeli bubuk minuman di supplier adalah memudahkan ketika ingin membuka cabang baru. Semakin banyak permintaan, tidak mungkin diatasi sendiri dengan karyawan yang terbatas. Kamu harus memikirkan, jangan sampai membuang waktu untuk melakukan proses rekrutmen yang panjang atau membuang biaya terlalu banyak hanya untuk membayar karyawan tambahan.

Percayakan saja kepada supplier. Mereka akan menghandlenya, kamu tinggal menyebutkan tambahan jumlah yang akan dipesan. Sudah pasti dilayani dan tidak menjadi masalah yang berarti untuk mereka, karena itulah tugasnya. Jadi, kamu bisa fokus untuk mengembangkan usaha dengan membuka cabang baru agar keuntungan semakin bertambah. Pun ketika kamu ingin memproduksi sendiri, rasanya tidak mungkin sama dengan cabang sebelumnya. Hal ini justru membuatmu kehilangan kepercayaan dari konsumen. Pasti tidak ingin hal ini terjadi kan?

Alasan kenapa harus membeli bubuk di supplier bahan baku minuman dibandingkan membuat sendiri harus kamu pikirkan baik-baik. Pilihlah yang benar-benar menjamin kualitas dan rasa. Mengingat yang dijual adalah tidak sembarangan, pastikan aman untuk dikonsumsi banyak orang.