Berbagai Jenis Bubuk Minuman Kekinian

Berbagai Jenis Bubuk Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Berjualan bubuk minuman menjadi peluang yang bagus karena kamu tidak perlu membeli buah atau bahan segar lain. Selain itu, bubuk minuman yang biasanya dijual juga sudah dilengkapi dengan gula dan rasa sehingga kamu tinggal menyeduhnya.

Agar berjualan mudah laku, kamu bisa mengkreasikan pembuatan minuman dengan memblender dan menambah susu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa topping seperti meses, bubuk coklat, boba, cincau, maupun topping lainnya.

Jenis Bubuk Minuman Kekinian

Ada banyak sekali jenis bubuk minuman yang bisa kamu jual. Agar mudah memilihnya, kenali beberapa jenis bubuk minuman di bawah ini:

1. Green Tea

2. Royal Choco

3. Taro

4. Thai Tea

5. Strawberry

6. Red Velvet

7. Vanila

8. Tiramisu

9. Cappucino

10. Mocachino

Pemilihan bubuk minuman bisa kamu sesuaikan dengan selera pelanggan. Kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu tentang selera pelanggan sebelum menentukan varian mana yang akan permanen kamu jual.

Atau, kamu juga bisa menjual banyak varian minuman dengan jumlah yang sedikit dan melihat varian mana yang paling laku. Dengan begitu, kamu bisa menyortir beberapa varian untuk dijadikan varian utama penjualan.

Perlu diketahui bahwa jenis bubuk minuman diatas ada yang dijual plain dan ada juga yang dijual mix.

Bubuk Minuman Plain dan Mix

Perbedaan kedua bubuk minuman plain dan mix terdapat pada campuran yang diberikan. Bubuk minuman plain tidak diberi tambahan apapun sedangkan bubuk minuman mix telah ditambah dengan gula.

Kedua jenis bubuk minuman tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Bubuk minuman plain mudah untuk dikreasikan resepnya karena kamu bisa memilih sendiri jenis gula yang akan kamu masukkan.

Kamu bisa memilih gula padat atau cair. Kamu juga bisa memilih menggunakan gula diet, gula putih, gula aren, ataupun gula merah. Selain bisa memilih jenis gula sendiri yang akan dimasukkan, kamu pun bisa memilih takaran gula yang ingin ditambahkan.

Namun, tentunya kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mempersiapkan minuman karena kamu harus menambahkan gula sendiri.

Sedangkan untuk bubuk minuman mix, kamu bisa mempersiapkannya dengan lebih cepat karena gula sudah ditambahkan. Selain itu, takaran gula yang diberikan telah disesuaikan sehingga kamu akan mendapatkan rasa yang pas.

Kamu bisa menyiapkan minuman dengan menyeduhnya, memblender, ataupun mencampurnya dengan es terlebih daulu sebelum diblender. Pembuatan yang cepat membuat pelanggan lebih puas karena mereka tidak perlu menunggu lama.

Namun, untuk beberapa orang yang sedang diet, bubuk minuman mix bisa saja kurang cocok karena menggunakan gula putih sebagai campuran minuman.

Dengan kelebihan dan kekurangan diatas, kamu bisa mempertimbangkan mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli.

Resep Mudah Membuat Minuman dari Bubuk

Ada banyak resep mudah yang bisa kamu coba untuk membuat minuman dari bubuk, baik itu untuk diminum sendiri ataupun dijual. Diantaranya adalah:

1.    Green Tea Milkshake

Bahan yang dibutuhkan:

a.    20 gr bubuk green tea

b.    40 ml susu segar

c.    40-60 ml air

d.    2-3 sdm gula pasir

Cara membuat:

a.    Masukkan semua bahakn kedalam shaker

b.    Kocok sampai semua bahan terlarut dengan air secara merata

c.    Setelah itu, tuang ke dalam gelas

d.    Tambahkan es batu sesuai selera

e.    Minuman siap disajikan

2.    Cheese Thai Tea

Bahan yang dibutuhkan:

1.    Thai tea

2.    Cream cheese

3.    Susu cair

4.    Whipped cream

5.    Gula sesuai selera

Cara membuat:

a.    Seduh thai tea terlebih dahulu dengan menambahkan gula sesuai selera

b.    Sisihkan dan biarkan hingga dingin

c.    Tambahkan cream cheese, whipped cream dan mixer sampai merata

d.    Tambahkan susu dan aduk hingga minuman kental

e.    Minuman siap disajikan

3.    Hot Cappuchino

Bahan yang dibutuhkan:

a.    ½ cangkir kecil bubuk minuman cappuchino

b.    1 sdt ekstrak vanilla

c.    Air secukupnya

d.    Garam sejumput

e.    2 sdm Susu kental manis

Cara membuat:

a.  Campurkan bubuk cappuchino, susu kental manis, ekstrak vanilla, dan garam dalam wadah

b.    Tuangkan air secara bertahap kedalam campuran

c.    Masak campuran tersebut dengan api kecil selama kurang lebih 10 menit

d.    Sajikan di gelas kopi kecil

 

Tips Jitu Memilih Bubuk Minuman yang Berkualitas

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih bubuk minuman yang berkualitas. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.    Memastikan Penjual Terpercaya

Jika membeli minuman untuk berjualan, maka pembelian sebaiknya dilakukan di grosir dengan membeli secara kiloan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Agar mendapatkan bubuk minuman yang berkualitas, kamu sebaiknya memilih penjual atau grosir yang terpercaya. Caranya adalah dengan mengecek apakah penjual telah berjualan dalam waktu yang cukup lama.

Selain mengecek dari lamanya berjualan, kamu juga bisa mengecek dari testimony para pembeli sebelumnya. Kamu juga bisa mengecek dari rating bintang yang didapatkan untuk penjual di marketplace.

2.    Pastikan Produk Minimal PIRT

Ijin penjualan minuman ke masyarakat harus ada dan dicantumkan di deksripsi penjualan untuk menjamin bahwa bubuk minuman layak dikonsumsi dan tidak mengandung bahan yang membahayakan tubuh.

Kamu bisa mengeceknya dengan mudah di penjelasan produk yang diberikan oleh penjual. Atau, kamu bisa bertanya langsung melalui chat ke penjual untuk mengetahui perijinan dari bubuk minuman yang dijual.

3.    Pastikan Produk Halal

Di Indonesia, kamu bisa mengecek kehalalan produk dengan mudah dengan ada atau tidaknya logo halal dari MUI. Kamu bisa mengecek produk tersebut terdapat logo halal atau tidak. Pastikan memilih produk yang halal agar kamu bisa melayani pembelian dari pembeli muslim.

Walaupun mungkin perbandingan pembeli muslim dan muslim sangat tinggi dan banyak pembeli merupakan non muslim, namun kamu dapat memberikan layanan prima karena mampu melayani semuanya.

Selain itu, pembeli non muslim pun banyak yang senang dengan produk halal sehingga kamu tidak usah ragu untuk membelinya.

4.    Pembeli banyak

Kamu sebaiknya mengecek apakah penjual grosir tersebut memiliki pembeli yang banyak atau tidak. Pembeli yang cukup banyak bisa membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan baik dan pembeli puas dengan produk yang dijual.

Pembeli yang selalu beli lagi ke penjual tersebut puas dengan harga dan kualitas produk sehingga kamu bisa memilih penjual tersebut untuk membeli bubuk minuman secara kiloan.

5.    Respon Penjual Cepat

Pastikan kamu membeli dari penjual yang memberikan respon cepat agar kamu mampu mendapatkan barang yang lebih cepat. Penjual yang terlalu lama memberikan respon akan menghambat kamu sehingga kamu harus menunda penjualan saat stok habis.

Kamu bisa mengandalkan penjual yang memberi respon cepat sehingga tidak akan kekurangan stok bubuk minuman kapanpun.

Dengan menjual minuman dari bubuk minuman kualitas terbaik, kamu akan mampu menjaga kualitas rasa minuman yang kamu sajikan. Selain itu, bubuk minuman yang berkualitas akan semakin enak jika dikreasikan dengan bahan tambahan lain seperti gula, susu, cream, ataupun cream cheese.