Bisnis Minuman Yang Menggiurkan Kalangan Pengusaha Muda

Bisnis Minuman Yang Menggiurkan Kalangan Pengusaha Muda

Bagikan artikel ini

Bisnis minuman baik minuman kopi maupun minuman kekinian saat ini tengah berkembang pesat di kalangan masyarakat. Banyaknya pengusaha minuman dan pembeli yang datang silih berganti, menjadikan bisnis minuman sebagai alternatif usaha yang bisa ditekuni dengan modal awal yang terjangkau. Hal ini pun tak luput menjadi perhatian bagi para pengusaha bisnis pemula yang ingin terjun usaha pada bidang minuman.

 

Sebelum kamu terjun ke bisnis minuman, kamu sebaiknya mengetahui beberapa alasan mengapa bisnis minuman memiliki peluang sukses yang besar.

 

Alasan Bisnis Minuman Bisa Sukses Besar

 

1. Modal Kecil

Untuk bisnis minuman yang dijual di booth, modal yang diperlukan tidak terlalu besar sehingga kamu tidak perlu banyak uang untuk memulai bisnis ini.

Selain itu, telah banyak bubuk minuman yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau, sehingga kamu bisa menggunakan bubuk minuman untuk menjual minuman. Modal yang kamu keluarkan untuk bahan minuman pun tidak terlalu besar.

 

2. Pasar Besar

Orang memerlukan minuman setiap saat. Banyak dari mereka yang sibuk dengan pekerjaan dan tidak punya waktu membuat minuman sendiri. Selain itu, pasar minuman juga meliputi anak sekolah dan orang umum.

Pasar minuman sangat besar dan tidak terbatas pada orang yang berada di sekitar booth sehingga peluang bisnis ini sangat menjanjikan.

 

3. Untung Banyak

Bisnis minuman membutuhkan modal yang sedikit namun kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dengan kreasi menarik dan kemasan yang bagus. Dengan ketertarikan pembeli yang tinggi maka kamu akan untung lebih cepat.

Keuntungan ini semakin berlipat ganda dengan banyaknya pembeli yang berlangganan beli minuman di tempat kamu.

 

4. Mudah Membuat Minuman

Keterampilan membuat minuman tidak perlu yang sangat lihai dan kamu bisa dengan mudah membuat minuman yang kamu jual. Ada banyak alat seperti blender dan shaker yang mempermudah pembuatan minuman.

Selain itu, ada banyak resep yang sangat mudah yang bisa kamu ikuti untuk membuat minuman.

 

5. Bisa Mengembangkan Bisnis

Jika bisnis minuman kamu berjalan dengan baik, kamu bisa membuka cabang di tempat lain. Kamu bisa memakai logo atau desain yang sama dari booth minuman pertama kamu. Kamu bisa berpromosi dengan mencantumkan bahwa booth ini merupakan cabang jualan minuman kamu.

Pelanggan lama kamu yang berdomisili dekat cabang bisa membeli di tempat cabang karena lebih dekat. Selain itu, dengan rasa yang asli racikan kreasi kamu, orang akan mudah mengenali jualan minuma kamu.

 

6. Bisa untuk Penyalur Hobi

Untuk beberapa orang yang menyukai membuat makanan atau minuman, bisnis ini bisa sebagai penyalur hobi karena mereka bisa berkreasi dengan resep minuman. Mereka juga bisa trial and error sebelum mendapatkan resep minuman yang pas.

Untuk kamu yang ingin mencoba bisnis ini, tidak perlu ragu karena bisnis ini sangat menjanjikan.

 

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Minuman

 

Agar bisnis minuman kamu sukses dan berkembang dengan baik, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

1. Menentukan Jenis Minuman yang Dijual

Sebelum memikirkan desain, kemasan, dll, hal utama yang sebaiknya dilakukan adalah menentukan jenis minuman yang akan dijual. Kamu bisa mengkreasikan bubuk minuman dengan buah segar atau beberapa bahan lain seperti susu dan krim. Kamu pun bisa memikirkan untuk menjual minuman seperti kopi atau minuman kekinian lain seperti thai tea.

Penentuan jenis minuman bisa kamu awali dengan melakukan survey pasar untuk mengetahui minuman favorit yang disukai di lingkungan kamu. Penentuan jenis minuman ini akan berpengaruh besar kepada minat pasar akan minuman yang kamu jual.

 

2. Mengerti Pikiran Konsumen

Kamu pasti pernah menjadi konsumen sebelumnya. Kamu pun memiliki hal-hal yang kamu inginkan di minuman kamu saat menjadi konsumen. Kamu bisa telaah itu dan melakukan beberapa hal untuk memuaskan keinginan konsumen.

Hal ini bisa diawali dari pemilihan kemasan yang bagus untuk menarik minat pembeli. Kemasan harus diberi merk atau brand kamu sehingga mudah dikenali oleh banyak orang. Selanjutnya, kamu bisa menyewa jasa pembuat desain untuk membuat desain brand untuk diaplikasikan pada kemasan minuman, booth, spanduk atau banner dan baju seragam.

 

3. Pilih Bahan Berkualitas

Kamu bisa menggunakan bubuk minuman atau bubuk buah alami yang memiliki kualitas bagus agar tidak mengecewakan pelanggan. Bahan yang berkualitas akan membuat minuman yang kamu jual memiliki rasa yang enak. Kamu harus meneliti toko grosir atau penjual bahan minuman terlebih dahulu agar mendapatkan penjual yang bisa dipercaya dan tidak perlu mengkhawatirkan harga pembelian bahan karena dengan bahan berkualitas, kamu bisa menjual minuman kamu lebih tinggi daripada minuman di tempat lain.

 

4. Pilih Lokasi Terbaik

Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang ramai pengunjung. Jika kamu berjualan dengan booth, beberapa tempat biasa menerapkan tarif sewa. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena peluang laris akan semakin tinggi. Pilihlah lokasi yang cukup strategis dan nyaman namun tetap tidak mengganggu lalu lalang orang yang menggunakan jalan.

 

5. Jaga Kebersihan Booth Minuman

Kebersihan area booth harus terjaga dengan baik. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengelap meja dan mengelap kursi. Kamu juga harus menyapu area booth dan sekitarnya agar terbebas dari sampah. Area booth yang bersih membuat pembeli nyaman datang ke tempat jualan kamu.

 

6. Memastikan Perabotan Bersih

Selain area booth, perabotan juga harus dijaga kebersihannya. Kamu harus menyuci perabotan dengan baik sebelum digunakan kembali untuk berjualan minuman. Selain itu, perabotan juga harus dilap sampai kering.

 

7. Pelayanan Maksimal

Berikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dengan selalu bersikap ramah dan murah senyum. Jika pelanggan mengantri cukup lama, katakan permohonan maaf sebelum memberikan minuman pesanan. Ingatlah selalu akhiri pelayanan dengan mengucapkan terima kasih sehingga pelanggan akan lebih senang.

 

8. Aktif Berpormosi

Manfaatkan sosial media untuk berpromosi agar booth minuman kamu semakin dikenal luas. Kamu juga bisa berpromosi menggunakan pamflet dan spanduk. Promosi ini bisa dibarengi dengan promo dan diskon khusus yang dapat menarik minat pembeli.

 

Dengan langkah-langkah diatas, kamu bisa dengan mudah memulai bisnis minuman. Selalu perhatikan kebutuhan pelanggan dan dengarkan nasihat mereka agar kamu bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik dan omset semakin bertambah.