boba tea

Penggemar Boba Tea, Wajib Kenali Perbedaan Boba, Bubble dan Pearl!

Bagikan artikel ini

Minuman yang sedang naik daun adalah boba tea dengan berbagai varian rasa unik. Hanya saja, kadang orang bingung dengan beda boba, bubble dan pearl. Selain mirip, memang sama-sama enak dan lezat sebagai teman nongkrong bersama sahabat dan teman dekat.

Apa keunikan ketiganya sehingga begitu tranding dan diminati oleh banyak orang?

Perbedaan Boba, Bubble dan Pearl

Ada banyak cara membuat boba tea yang mudah dan kreasi menarik. Dengan bahan premium, rasanya dijamin enak dan bikin nagih. Sebetulnya antara boba, bubble dan pearl ini memiliki kemiripan sekaligus perbedaan.

Apabila belum mengenal begitu jauh, menimbulkan kebingungan yang ujung-ujungnya salah menafsirkan perbedaan tersebut. Agar lebih jelas berikut adalah pengertian ketiganya sebelum mengetahui beda yang lebih detail.

A. Boba

Boba tea begitu populer dan banyak yang menjualnya di gerai kecil hingga resto ternama. Boba adalah topping untuk minuman dan berbahan baku tepung tapioka. Tepung yang terkenal kenyal ini dibuat bentuk bola mungil kemudian dimasak hingga matang.

B. Bubble

Selama ini orang lebih familiar dengan bubble tea, yaitu sejenis minuman dengan bahan dasar teh atau susu. Kemudian minuman tersebut diisi dengan boba yang sudah dijelaskan sebelumnya.

C. Pearl

Banyak yang belum tahu jika pearl sebenarnya sama dengan boba dan terbuat juga dari tepung terigu. Hanya saja, dibedakan menjadi pearl karena peruntukan yang lain. Jika boba penggunaan untuk bubble tea, pearl lebih sering untuk jenis minuman pearl milk tea.

Ternyata sederhana sekali tapi sering membuat bingung. Sekilas sama tapi ada perbedaan penggunaan minuman boba mengapa penyebutannya berbeda.

Mengenal Apa Itu Boba

Sebagai minuman kekinian yang sedang populer, boba menjadi andalan banyak penjual untuk meraup banyak keuntungan. Pembuatan minuman dengan boba sebagai bahan racikan laris manis di pasaran.
Bahkan dari boba bisa dibuat berbagai menu unggulan yang lezat dengan harga tergolong murah meriah. Sebenarnya apa itu boba?

1. Terbuat dari Tepung Tapioka

Boba terbuat dari tepung tapioka, tepung dengan bahan dasar singkong menciptakan tekstur kenyal dan membal tanpa rasa yang berarti. Maka agar lebih nikmat saat membuat perlu ditambah gula atau madu supaya rasanya manis menggigit.

2. Berbentuk Bulatan Kecil

Bentuk populer boba adalah bulatan-bulatan kecil yang menggemaskan dan lucu. Bola dari tepung tapioka ini dimasak dengan gula merah dan air panas. Kemudian diaduk terus sampai tidak terasa lengket.

Jika adonan sudah jadi tinggal membentuknya menjadi bola-bola kecil. Setelah semuanya menjadi bola kecil tinggal merebusnya hingga matang.

Agar racikannya sempurna setelah matang ditiriskan lalu rendam kembali dalam gula merah atau madu. Selanjutnya boba yang bagus dengan tekstur kenyal, membal dan manis membuat minuman terasa enak.

3. Tekstur Kenyal

Penggemar boba pasti tahu rasa tekstur dari bulatan kecil yang membal dan kenyal. Sekali makan akan bikin ketagihan sebab memberi cita rasa unik saat mengunyahnya. Tekstur ini seolah menjadi faktor al dante saat makan pasta.

Tekstur kenyal tapi enak menjadi santapan bahkan gambar boba tea saja sudah cukup membuat rasa penasaran. Terlebih lagi jika dipadu padan dengan berbagai varian rasa menggoda lidah.

Mengenal Lebih Jauh Bubble Tea

Sebelum sepopuler sekarang, bubble tea klasik terbuat dari bahan teh hitam. Rasanya begitu elegan dengan cita rasa khas yang begitu menggoda selera. Berikut adalah beberapa hal terkait bubble tea.

A. Banyak Varian Rasa

Meskipun awal hanya memiliki rasa klasik, seiring perkembangan, sekarang minuman ini menyuguhkan berbagai varian rasa yang tak kalah lezatnya.

Minuman dengan bahan dasar susu, teh dan boba bisa ditemukan dengan rasa lain seperti teh hijau, teh melati, matcha, teh buah dan lain sebagainya. Inovasi besar-besaran membuat minuman ini semakin digandrungi masyarakat secara luas dengan cita rasa tiada tanding.

B. Terkenal dengan Nama Berbeda

Boba memiliki dua nama berbeda di Amerika serikat. Warga bagian timur Amerika mengenalnya dengan sebutan bubble tea sedangkan bagian barat terkenal dengan nama boba.

Di Indonesia sendiri dua nama tersebut sama-sama terkenal walau kadang menjadi rancu karena dianggap sama.

C. Berasal dari Taiwan

Selama ini bubble tea terkenal berasal dari Taiwan, padahal ekstrak singkong dulunya berasal dari Amerika Selatan. Konon, tanaman masuk ke Taiwan sekitar tahun 1895 hingga 1945.

D. Awalnya Berwarna Putih

Awalnya pemilik Hanlin Tea-house, Tu Tsong-he membuat resep minuman berbahan tepung tapioka dengan warna putih. Bentuk bulatan seperti mutiara ini tidak sekenyal sekarang dengan rasa hambar dan tekstur keras.

Kemudian dengan kreatif Tu Tsong-he mulai merebus mutiara tapioka dalam wadah besar dengan tambahan karamel hingga rasanya manis dan warna berubah hitam. Inilah cikal bakal boba hingga terkenal hingga seperti sekarang.

Dengan berbagai racikan baru dan varian rasa yang banyak, mampu meraih banyak penggemar. Harga boba tea juga cukup terjangkau sehingga banyak peminatnya dari berbagai kalangan terutama kawula muda.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Pearl

Mencari penjual boba tea terdekat atau secara online tersedia dalam berbagai macam pilihan karena banyak yang berjualan. Varian bubble tea memiliki pearl yang ukuranya lebih kecil dari boba.

Sebetulnya apa itu pearl?

1. Penggunaan untuk Pearl Milk Tea

Boba lebih merujuk pada bubble tea, sedikit berbeda dengan pearl. Seperti penjelasan sebelumnya, pearl sama dengan boba hanya saja penamaan menyesuaikan untuk pearl milk tea. Minuman dengan campuran teh, susu dan biji mutiara hitam tapioka atau boba.

2. Banyak Varian Rasa

Pearl pada awalnya hanya memiliki satu rasa yaitu original. Namun, semakin berkembangnya varian rasa muncul yang baru sehingga dapat memilih sesuai kesukaan.

Varian pearl rasa strawberry, semangka, mangga, karamel, taro, coklat bahkan bubble gum semuanya ada.

3. Biasanya Tersedia dalam Bentuk Bubuk

Pada umumnya toko atau gerai yang menjual pearl milk tea ini tersedia dalam bentuk bubuk minuman premium dengan kualitas andalan. Kualitas bubuk minuman berpengaruh pada cita rasa minuman yang diracik.

Saat membuatnya lebih mudah dengan mengocok bersama gula, es batu dan air. Hasilnya adalah minuman segar, lezat dan enak apalagi ditunjang dengan bubuk minuman terbaik dan merk berkualitas.

Bubuk minuman biasanya memiliki berbagai varian rasa istimewa yang sangat lezat. Jika ada yang jual bubuk minuman sebagai agen reseller terdekat, bisa membelinya secara langsung atau online.

Keuntungan mengetahui supplier terpercaya dan berkualitas berjualan minuman lebih praktis. Apalagi sekarang sudah tahu beda boba, bubble dan pearl sehingga tidak salah paham tentang ketiganya.

Sudah Paham Perbedaan Boba, Bubble dan Pearl?

Buat penggemar boba tea, sudah jelas ya beda boba, bubble dan pearl. Boba sama dengan pearl sebagai bahan isian terbuat dari tepung tapioka dengan rujukan jenis minuman yang berbeda.

Untuk membuat minuman semakin lezat dengan bubuk minuman terbaik dan berkualitas.