franchise minuman kekinian

5 Pertimbangan dalam Menjalankan Franchise Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Franchise menjadi salah satu bisnis yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Tak heran jika banyak brand besar yang membuka kerja sama bisnis franchise. Tak terkecuali bisnis franchise minuman kekinian yang kini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai daerah.

Meski bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki pengalaman berbisnis, namun tentunya ada berbagai hal yang perlu jadi pertimbangkan. Lantas, apa saja hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum berbisnis franchise minuman? Temukan jawabannya di artikel ini.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Meski istilah franchise sudah tidak asing bagi banyak orang. Namun, tetap saja masih ada sebagian orang yang belum tahu arti dari jenis bisnis yang satu ini.

Menurut International Franchise Association (IFA), franchise atau waralaba merupakan suatu sistem pendistribusian barang dan/atau jasa yang melibatkan pemilik waralaba atau franchisor dan pembeli waralaba atau franchisee.

Di Indonesia, hukum penyelenggaraan bisnis waralaba ini sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba.

Dalam peraturan tersebut, bisnis franchise bisa Anda artikan sebagai hak khusus milik perseorangan atau badan usaha terhadap suatu sistem bisnis dengan ciri khas usaha tertentu.

Adanya hak khusus tersebut berfungsi untuk memasarkan barang yang sudah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak lain dengan imbalan berdasarkan perjanjian waralaba.

Itu artinya, franchise merupakan metode menjalankan bisnis dengan merek dagang, nama dagang, produk, hingga sistem operasional yang sudah ada.

Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali jenis franchise, termasuk franchise minuman kekinian yang sedang menjadi tren di kalangan pebisnis.

5 Pertimbangan Sebelum Berbisnis Franchise Minuman

Memang tak bisa dipungkiri, jika bisnis franchise minuman kekinian menjadi pilihan yang menarik bagi pebisnis. Hal ini karena peluang dan target pasar yang luas sehingga bisa mendapat keuntungan yang maksimal. Berikut 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis waralaba minuman kekinian.

1. Memahami Sistem Bisnis Franchise Minuman

Hal pertama yang wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum memulai bisnis franchise minuman kekinian yaitu memahami sistem bisnis itu sendiri. Hal ini tentu saja berlaku pada setiap bisnis waralaba yang Anda minati untuk bekerja sama.

Apalagi setiap bisnis waralaba biasanya memiliki sistem dan kebijakan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda memahami sistem bisnis yang akan Anda jalankan. Anda juga harus mengetahui penawaran apa saja yang memang diperlukan.

Jika mampu memahami sistem pada bisnis waralaba tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam menjalani bisnis, tanpa perlu mengubah sistem itu sendiri.

Adapun salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar lebih mudah dalam memahami sistem bisnis adalah dengan bertanya pada pebisnis lain yang sudah berpengalaman menjalankan bisnis waralaba tersebut.

2. Tren Musiman

Salah satu kekurangan dan menjadi hal umum pada bisnis franchise minuman kekinian adalah tren musiman. Hal inilah yang membuat bisnis waralaba tidak selalu berada di puncak popularitas dan mendapat keuntungan besar.

Akibatnya, tidak jarang banyak juga bisnis waralaba yang terpaksa gulung tikar karena adanya pergantian tren di kalangan masyarakat.

Misalnya, beberapa tahun lalu sempat viral es kopi dalgona dan es kepal milo. Viralnya kedua minuman tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para pebisnis. Tetapi, dua minuman itu hanya sebatas tren musiman.

Jika dulu ada banyak kedai-kedai yang menjual minuman es kopi dalgona atau es kepal milo, kini Anda sudah kesulitan untuk menemukannya.

Meski begitu, kini sudah banyak bisnis waralaba yang masih bisa bertahan. Jika Anda tertarik untuk mencoba bisnis franchise minuman kekinian, maka sebaiknya pilihlah brand yang tepat dan strategi bisnis yang matang sehingga bisa tetap bertahan di segala tren yang terjadi di masyarakat.

3. Penentuan Lokasi

Faktor selanjutnya yang juga perlu Anda pertimbangkan dalam menjalankan bisnis waralaba minuman kekinian adalah menentukan lokasi. Mengapa hal ini menjadi penting? Sebab, pemilihan lokasi bisnis menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis franchise yang Anda jalani.

Oleh karena itu, Anda perlu teliti dalam menentukan lokasi. Bila perlu, jangan ragu untuk konsultasikan penentuan lokasi pada pemilik bisnis lain yang sudah memiliki pengalaman.

Biasanya, kebanyakan bisnis waralaba akan membuka kedai di tengah keramaian agar lebih mudah menarik pelanggan. Beberapa di antaranya bahkan membuka kedai di pusat perbelanjaan, kawasan perkantoran maupun kampus, hingga di tengah kota.

Dalam menentukan lokasi, pastikan Anda juga mempertimbangkan anggaran untuk sewa tempat. Jangan sampai Anda memilih lokasi yang biasa sewanya melebihi budget yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

4. Perhatikan Adanya Biaya ‘Tersembunyi’

Meski tak perlu memikirkan konsep sejak awal, namun menjalankan bisnis franchise minuman kekinian bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika nantinya Anda berniat membeli hak cipta dari suatu brand ternama.

Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak punya kesempatan untuk membeli hak dari franchisor. Sayangnya, meski sudah membeli hak dari franchise dengan harga yang murah, bukan berarti Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan bisnis tersebut.

Memang, akan ada biaya yang harus Anda bayar untuk membeli namanya. Namun, sebelum menandatangani surat perjanjian, Anda harus pastikan terlebih dulu berapa dana yang memang diperlukan dalam menjalankan bisnis ini.

Tujuannya sudah pasti agar tidak ada biaya tersembunyi yang tanpa Anda sadari justru dapat menambah jumlah dana yang harus Anda keluarkan.

5. Inovasi Produk

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis franchise minuman kekinian adalah tidak perlu repot lagi melakukan proses pembuatan produk seperti meracik formulasi resep, mencari supplier bahan baku, dan lainnya.

Sebab, Anda hanya perlu mengikuti arahan dari pemilik franchise. Akan tetapi, dibalik keunggulan tersebut, tentunya ada kekurangan yang perlu Anda ketahui dari bisnis ini.

Pada dasarnya, formulasi resep hingga sistem pada bisnis waralaba ini membuat Anda jadi sulit untuk melakukan inovasi. Apalagi jika Anda merupakan tipikal pebisnis yang memiliki banyak ide kreatif dan gemar melakukan inovasi.

Tentu saja hal ini akan membuat Anda jadi kesulitan melakukan inovasi pada bisnis minuman yang sedang Anda jalani tersebut. Karena Anda harus mengikuti sistem dan berbagai manajemen dari brand bisnis minuman kekinian yang Anda pilih.

Tertarik Memulai Bisnis Franchise Minuman Kekinian?

Itu dia 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis franchise minuman kekinian.

Jika Anda lebih suka mengembangkan ide bisnis, melakukan eksplorasi, dan juga inovasi, maka lebih disarankan untuk memulai bisnis sendiri tanpa perlu terikat dengan sistem waralaba.

Saat ini sudah banyak supplier bahan baku minuman kekinian yang bisa menjadi pilihan Anda. Misalnya, Anda ingin memulai bisnis minuman aneka rasa, maka bisa mencari supplier bubuk minuman yang menyediakan berbagai macam rasa.

Banyaknya supplier yang kini jual bubuk minuman tentunya sangat memudahkan Anda dalam membangun bisnis minuman kekinian sendiri. Tertarik mencobanya? Cobain sekarang!