Mengenal Ciri Bubuk Matcha yang Terbaik Untuk Usaha Minuman Kamu

Mengenal Ciri Bubuk Matcha yang Terbaik Untuk Usaha Minuman Kamu

Bagikan artikel ini

Kelezatan kuliner Jepang rupanya juga cocok dengan lidah orang Indonesia dan salah satu yang paling populer adalah matcha. Bubuk matcha terbaik bisa menghasilkan aneka jenis hidangan dengan cita rasa dan aroma yang khas. Matcha sendiri adalah serbuk hijau yang dibuat dari teh hijau yang dihaluskan.

Berbeda dengan teh hijau asli yang hanya bisa dijadikan minuman teh, bubuk matcha bisa ditambahkan ke berbagai jenis kuliner mulai dari martabak, donut, cake atau kue, ice cream, es serut, pancake, puding, waffle, bahkan juga ke aneka jenis kopi. Matcha sendiri tersedia di berbagai supermarket dalam negeri.

 

Ciri-Ciri Bubuk Matcha Terbaik

Agar cita rasa dari makanan atau minuman berbahan matcha bisa lezat, maka saat membeli matcha harus memilih yang berkualitas tinggi ya.

Tapi masalahnya, mengetahui apakah bubuk matcha yang ada di pasaran berkualitas tinggi atau tidak termasuk tidak mudah bagi semua orang terutama jika Anda baru pertama kali mencobanya. Nah, agar tidak terlalu bingung saat memilih, berikut adalah ciri-ciri dari bubuk matcha yang berkualitas tinggi:

1.    Memiliki Warna Hijau Segar atau Cerah

Ciri pertama yang paling mudah mudah untuk membedakan bubuk matcha yang berkualitas tinggi dan rendah di Indomaret adalah melihat dari segi warnanya.

Saat berada di deretan produk matcha aneka merk, coba bandingkan dua atau lebih matcha dari merek yang berbeda dan yang berwarna hijau cerah adalah yang terbaik. Hal ini karena teh hijau yang digunakan untuk membuat matcha adalah daun mudah yang biasanya berwarna hijau cerah.

Bubuk matcha dengan warna hijau pucat atau tua biasanya memiliki kualitas yang rendah lho. Mengapa? Karena warna hijau tua menandakan bahwa teh hijau (green tea) untuk membuat matcha sudah terlalu tua alias tidak segar.

Sedangkan bubuk matcha dengan warna hijau pucat, atau juga yang cenderung kekuningan, biasanya bubuk matcha tersebut merupakan stok lama yang kualitasnya sudah turun.

2.    Aromanya Tajam

Tidak hanya mengecek warnanya, bubuk matcha yang akan dibeli juga perlu dicek aromanya agar bisa tahu seberapa bagus kualitasnya. Bubuk matcha dengan kualitas yang bagus akan memiliki aroma wangi yang tajam dan khas seperti aroma rumput atau daun.

Aroma ini berasal dari daun teh hijau yang memiliki kandungan asam amino L-theanine yang sudah diawetkan meskipun bentuknya diubah menjadi bubuk/serbuk.

Jadi jika aroma khas dari bubuk matcha semakin tajam, maka kadar dari asam aminonya tinggi dan hal ini menandakan bahwa matcha tersebut murni alias tidak mengandung campuran teh lain.

Asam amino L-theanine sendiri merupakan antioksidan yang sangat bagus untuk membantu kesehatan tubuh dan diklaim jumlahnya 3 kali lebih tinggi dari jenis green tea lain. Artinya, matcha beraroma tajam jauh lebih menyehatkan.

3.    Tekstur Serbuk yang Halus

Ciri khas lain dari bubuk matcha terbaik adalah memiliki tekstur serbuk yang sangat halus. Tingkat kehalusan ini sendiri sebenarnya tergantung pada proses penumbukan dari daun-daun teh hijau.

Jika waktu penumbukannya lama dan menggunakan mesin yang bagus / berkualitas, maka partikel bubuk yang dihasilkan akan menjadi sangat halus, begitu juga sebaliknya.

Saking halusnya serbuk matcha yang berkualitas, jika digosok dengan jari maka akan terasa seperti bedak bayi atau eye shadow lho. Bahkan seharusnya, ukuran partikel dari bubuk matcha yang bermutu tinggi hanya sekitar 5-10 mikron, yang sebenarnya lebih halus lagi daripada bedak bayi.

Jadi dengan kata lain, bubuk matcha dengan kualitas yang rendah akan terasa lebih kasar ketika disentuh dengan jari karena ukuran partikelnya yang lebih besar.

4.    Tidak Menggumpal

Jika sudah membeli sebuah produk matcha dari merk tertentu dengan ketiga ciri di atas, setelah sampai di rumah coba larutkan sedikit bubuk matcha ke dalam air dan aduk atau kocok sebentar.

Bubuk matcha yang bagus akan larut dengan air secara rata alias tidak menyisakan gumpalan, baik di air panas atau dingin, karena teksturnya yang sudah sangat halus tadi.

Jika ada gumpalan pada kedua bahan campuran di atas meskipun hanya sedikit, atau membutuhkan waktu mengaduk yang lebih lama agar gumpalannya hilang secara keseluruhan, maka kualitas dari bubuk matcha tersebut biasanya kurang bagus.

5.    Memiliki Buih

Saat mengocok matcha dalam air tadi, lapisan buih / busa tipis akan ada di permukaan / bagian atas jika matcha tersebut memang bermutu tinggi. Hal ini merupakan karakteristik lain untuk membedakan mana bubuk matcha yang bagus dan tidak.

6.    Tidak Pahit

Bubuk matcha dengan kualitas biasa atau bahkan rendah ketika dicampurkan ke bahan makanan atau minuman akan meninggalkan cita rasa yang pahit di lidah dan cukup mengganggu di area tenggorokan.

Biasanya untuk menyiasati rasa pahit tersebut maka perlu ditambahkan gula atau jenis pemanis buatan lain ke dalam hidangan Hal ini sangat berbeda dengan bubuk matcha terbaik yang justru memiliki cita rasa manis secara alami tanpa perlu ditambahkan pemanis buatan.

7.    Harganya Tidak Murah

Sejak matcha hits di berbagai belahan dunia, banyak toko online yang menjualnya dan mengklaim bahwa matcha yang dijual tersebut asli, berkualitas tinggi, bahkan konon diimpor langsung dari Jepang tapi dengan label harga yang murah. Hal ini tentu tidak masuk akal, bukan?

Terutama ketika mengingat bahwa menumbuhkan dan memproduksi matcha berkualitas tinggi bukanlah proses yang mudah dan sebentar. Bahkan tidak semua negara bisa melakukannya.

Mirip dengan berbagai jenis produk / barang lain, harga yang lebih mahal biasanya menandakan kualitas yang lebih bagus dari produk yang harganya lebih murah. Jadi saat membeli bubuk matcha secara online, pastikan untuk tidak mudah tergiur dengan harga yang murah.

Bubuk matcha terbaik akan memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan teh hijau lain di pasaran, baik secara online atau pun toko-toko offline. Jadi, salah satu cara lain dan yang paling mudah untuk membedakan bubuk matcha berkualitas tinggi dan rendah adalah melihat label harganya.

8.    Berasal dari Jepang

Cara lain agar bisa tahu apakah bubuk matcha yang akan dibeli berkualitas atau tidak juga bisa dengan cek kemasan produk lho. Coba lihat informasi yang ada pada kemasan dan perhatikan dari mana matcha tersebut, apakah dibuat oleh pabrik lokal atau dari luar negeri.

Jika yang Anda cari adalah bubuk matcha dengan kualitas tinggi dan super otentik plus memiliki cita rasa enak, maka carilah produk matcha yang berasal dari Jepang terutama di daerah Nishio dan Kyoto.

Kedua wilayah ini sudah sangat populer sebagai sebagai pabrik teh hijau dan matcha sejak puluhan tahun silam sehingga dapat menghasilkan bubuk matcha dengan kualitas terbaik dibandingkan matcha dari negara lain seperti China dan Taiwan.

Berhati-hatilah saat memilih matcha karena biasanya matcha dengan kualitas rendah lebih banyak dijual di berbagai toko daripada matcha yang berkualitas tinggi. Jika tak ingin salah pilih maka bisa membeli dari https://japo.co.id/bubuk-minuman/ untuk mendapat bubuk matcha terbaik.