minuman boba terkenal

Awal Mula Minuman Boba Terkenal, Terutama di Kalangan Pemuda

Bagikan artikel ini

Banyak jenis minuman di dunia ini dengan rasa segar untuk dinikmati pada musim tertentu. Meskipun begitu, ada banyak jenis minuman yang hadir setiap waktu untuk dinikmati. Ciri khas rasa, tampilan, dan juga harga merupakan poin plus bagi jenis minuman tertentu. Salah satunya adalah minuman boba terkenal saat ini.

Minuman yang identik dengan bola-bola kecil terbuat dari adonan tepung dan terasa manis ini sedang ramai di berbagai kalangan masyarakat. Terutama kalangan pemuda yang gemar sekali explore minuman dan makanan viral demi bisa mendapatkan pengalaman unik saat mencicipinya.

Apa itu Minuman Boba?

Salah satu minuman terkenal ini mungkin sudah sangat umum di kalangan masyarakat. Ia identik dengan bentuk bulat kecil seperti kelereng dan memiliki rasa dominan manis. Seringkali menjadi tambahan rasa untuk minuman teh bercampur susu. Bulatan kecil ini dapat menambah rasa manis ke minuman yang disuguhkan.

Selain itu, bulat-bulatan ini juga identik dengan tekstur yang kenyal, sehingga dapat menimbulkan sensasi chewy saat dikunyah. Sensasi inilah yang diincar oleh masyarakat, terutama kalangan muda.

Sementara itu, menurut kalangan yang sudah berumur, minuman boba terkenal ini cukup berbahaya karena susah untuk dikunyah. Mengapa? Sebab teksturnya sangat kental yang dibuat dari tepung tapioka. Tekstur yang seperti itu pula menyebabkan minuman ini rawan menyebabkan tersedak.

Rasa yang dominan manis dan kenyal ini dapat menimbulkan rasa kenyang hanya dengan meminumnya. Maka dari itu, jadilah ia minuman boba terkenal di kalangan kaum muda. Selain itu, minuman ini menjadi hits dengan beragam rasa yang ada. Alhasil, ia dapat menciptakan sensasi baru setiap tegukannya.

Sejarah Datangnya Minuman Boba Terkenal ke Indonesia

Sementara itu, kelahiran boba di dunia ini telah menjadi bahan perdebatan panjang bagi beberapa kelompok. Kelompok-kelompok tersebut saling mengaku sebagai pencetus pertama minuman berbentuk bulat ini. Meski begitu, boba yang terkenal ini muncul untuk pertama kali di Taiwan.

Disebutkan bahwa Tainan menjadi kota pertama yang memunculkan boba ini sebagai campuran minuman bubble tea. Minuman tersebut merupakan sebuah racikan campuran antara teh dan susu. Sehingga, minuman tersebut terasa gurih dan terasa sentuhan tehnya.

Berawal dari pemasaran bubble tea, ia menjadi titik awal kemunculan butiran boba ini sebagai campuran minuman tersebut. Sementara itu, diyakini bahwa ide dari pencampuran topping boba ke dalam minuman bubble tea merupakan ide dari salah satu pecinta boba putih.

Tu Tsong He merupakan nama seorang pecinta boba berwarna putih yang terbuat dari bahan yang sama dengan boba yang kamu tahu sekarang.
Boba putih terpilih sebagai menu tambahan karena merupakan salah satu kesukaan Tu Tsong He. Maka dari itu, pengusaha tersebut lalu mencoba resep baru yaitu pencampuran boba ke dalam minuman teh.

Ternyata, rasa yang unik dan lezat telah tercipta dari resep campuran. Lalu, Tu Tsong He memutuskan untuk menambahkan resep tersebut ke dalam menu terbaru kedai teh miliknya. Hal tersebut terjadi pada tahun 1980-an.

Dengan adanya perkembangan budaya, pada tahun 1990-an minuman boba ini mulai terkenal luas berbagai negara. Perlahan tapi pasti, perkembangan minuman boba terkenal ini akhirnya merambah pasar Asia dan Amerika.

Akhirnya, pada pertengahan tahun 1990-an, lebih tepatnya 1996, lahirnya perusahaan minuman bernama Quickly. Berpusat di Singapura pada awal kemunculannya, lalu mengepakkan sayap bisnisnya ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Maka dari itu, perusahaan ini terpilih sebagai pencetus minuman boba ke Indonesia untuk pertama kalinya. Dengan rasa yang cukup unik menjadikan minuman ini jadi salah satu primadona masyarakat. Hingga hari ini, banyak perusahaan yang telah menjajakan minuman boba terkenal ini.

Cara Mengolah Minuman Boba Terkenal

Sementara itu, terdapat beragam pilihan rasa yang siap terjual oleh setiap perusahaan minuman boba. Perusahaan-perusahaan tersebut terus mengembangkan resep unik untuk mengikat konsumen lebih banyak lagi.

Meskipun begitu, para pengusaha minuman boba tidak pernah melupakan resep asli dari minuman berbentuk bulat coklat ini. Tepung tapioka tetap terpilih sebagai bahan utama adonan. Lalu, tambahkan beberapa resep lainnya untuk menambahkan rasa pada butiran boba tersebut.

Selain itu, ada banyak penjual minuman boba terkenal yang menggunakan racikan sederhana dengan tambahan bubuk minuman boba. Inovasi ini dipilih agar tercipta ragam rasa unik yang bukan merupakan rasa basic dari minuman boba itu sendiri.

Selain bisa membeli pada gerai minuman yang menyediakan menu minuman boba, kamu bisa membuat sendiri minuman ini di rumah. Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir oleh campuran resep yang mungkin saja tidak cocok dengan tubuh seseorang. Lantas, bagaimana langkah untuk membuat minuman boba ini?

Bahan Adonan Boba

Langkah pertama adalah siapkan bahan-bahan untuk adonan boba. Bahan-bahan boba ini termasuk tidak banyak dan tersedia di pasar atau toko bahan kue. Lalu, bahan apa saja yang diperlukan untuk adonan boba? Berikut rinciannya.

  • Air sebanyak 250 ml
  • Gula aren sebanyak 200g
  • Tepuk tapioka sebanyak 300g
  • Air dingin sebanyak 250 ml

Langkah Memasak Boba

Setelah menyiapkan bahan-bahan utama, saatnya memasak adonan tersebut. Siapkan alat-alat untuk memasak, berupa panci dan mangkuk untuk tempat boba yang sudah jadi. Selain itu, siapkan saringan dan spatula untuk mengaduk dan meniriskan adonan yang sudah matang.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan boba dari adonan hingga matang sempurna.

  • Rebus gula aren dan air secara bersamaan dengan api sedang lalu aduk agar tidak gosong
  • Setelah gula larut, tambahkan tepung tapioka. Lalu, aduk rata hingga jadi adonan.
  • Angkat adonan lalu berikan tepung kering agar tidak lengket.
  • Selanjutnya, uleni adonan hingga kalis.
  • Ambil adonan sedikit demi sedikit dan bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil seperti kelereng.
  • Tetap baluti adonan bulatan kecil dengan tepung kering sehingga tidak saling tertempel saat perebusan.
  • Didihkan air.
  • Jika sudah mendidih, mulai masukkan adonan bulatan boba untuk direbus hingga matang.
  • Jika sudah matang, gunakan saringan untuk meniriskan boba.
  • Siapkan mangkuk dan air dingin untuk pemberhentian proses masak boba.

Resep Minuman Bubble Tea

Sebagai pelengkap boba, siapkan juga minumannya yang disebut bubble tea, yaitu campuran teh dan susu. Caranya cukup siapkan teh celup atau jenis teh lainnya dan seduh. Setelah itu, tambahkan susu secukupnya sehingga rasanya imbang tidak terlalu dominan. Lalu, masukkan boba yang sudah jadi.

Selain itu, kamu bisa membuat bubble tea dengan rasa lainnya. Ada penjual yang jual bubuk minuman beragam rasa di pasaran yang bisa kamu gunakan untuk membuat bubble tea pendamping boba. Contohnya seperti bubuk minuman green tea yang memiliki rasa sedikit pahit.

Efek Samping Konsumsi Boba

Meskipun minuman boba terkenal sering hadir dengan pilihan rasa yang beragam dan segar, minuman ini ternyata dapat berakibat fatal untuk kesehatan. Hal ini akan terjadi kepada siapapun jika sering mengonsumsi minuman boba. Kondisi ini timbul karena adanya kandungan dalam minuman yang dominan berupa gula.

Menurut ilmu sains, gula yang terkandung dalam boba memiliki banyak kalori. Hal ini dapat diperburuk dengan penggunaan pemanis buatan yang mengandung banyak kandungan ilmiah yang belum tentu aman bagi kesehatan.

Dengan kandungan-kandungan yang cukup beresiko untuk tubuh, lantas apa saja dampak negatif dari konsumsi minuman boba bagi tubuh? Inilah resikonya:

  • Kerusakan pada gigi dan gusi
  • Gangguan pada saluran pencernaan
  • Timbulnya masalah pada kulit
  • Obesitas

Siap Membuat Boba di Rumah?

Minuman boba terkenal memang selalu tersaji dengan kesegaran tiada tara pada setiap tegukannya. Dengan berbagai rasa dan sensasi baru setiap rasanya. Kamu juga dapat berkreasi untuk menciptakan sajian baru dengan topping yang beragam.

Namun, dengan kandungan-kandungan yang dominan merupakan gula, minuman ini dapat saja mengakibatkan beragam penyakit. Hal ini terjadi jika konsumsi minuman boba secara kelewat batas porsi anjuran yang ada. Maka dari itu, konsumsi minuman boba dalam porsi normal untuk terhindar dari efek negatif minuman ini.

Jika kamu tertarik untuk membeli bubuk minuman untuk boba, kamu bisa membelinya di JAPO. Bubuk minuman dari JAPO tanpa pemanis buatan dan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, JAPO merupakan produsen bubuk minuman terpercaya, karena hanya menawarkan produk-produk dengan kualitas terbaik bagi pelanggan. Yuk langsung hubungi JAPO untuk mengorder bubuk minuman yang kamu mau!