minuman dark choco

Kenali Manfaat Dark Chocolate Selain Untuk Dijadikan Minuman

Bagikan artikel ini

Dark chocolate atau coklat hitam telah menjadi minuman coklat viral favorit banyak orang. Selain menjadi pilihan yang lezat dan memuaskan, minuman dark choco juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Bukan hanya sebagai minuman, dark chocolate dapat memberikan sejumlah manfaat penting bagi tubuh. Mari kenali manfaat dark chocolate selain sebagai minuman dark choco yang belum diketahui banyak orang.

Manfaat Mengkonsumsi Dark Chocolate

Berikut adalah beberapa manfaat dari dark chocolate:

1. Sumber Antioksidan yang Kuat

Minuman dark choco mengandung tinggi antioksidan, terutama flavonoid. Antioksidan berperan dalam melawan substansi berbahaya yang disebut radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dan penyakit.

Flavonoid dalam dark chocolate terbukti dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

2. Meningkatkan Mood dan Kesejahteraan Emosional

Dark chocolate memiliki kandungan senyawa kimia seperti feniletilamin dan serotonin yang dapat meningkatkan produksi hormon endorfin atau “hormon kebahagiaan” dalam tubuh.

Mengkonsumsi dark chocolate dapat merangsang produksi hormon ini dan memberikan efek positif pada mood dan kesejahteraan emosional kita. Sehingga tidak heran jika dark chocolate seringkali dihubungkan dengan perasaan senang dan bahagia.

3. Melindungi Kesehatan Jantung

Dark chocolate dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan jantung. Kandungan flavonoidnya dapat meningkatkan aliran darah ke jantung, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi dark chocolate dalam jumlah moderat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Apakah dark chocolate mengandung kafein? Ya, kandungan flavonoid dan senyawa stimulan seperti kafein dan teobromin dalam dark chocolate dapat memberikan manfaat bagi fungsi otak.

Dark chocolate dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta meningkatkan mood dan kewaspadaan. Selain itu, dark chocolate juga diketahui dapat melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan memperbaiki fungsi kognitif.

5. Sumber Zat Gizi Penting

Minuman dark choco mengandung berbagai zat gizi penting seperti serat, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, dan zink.
Meskipun dalam jumlah yang kecil, konsumsi dark chocolate yang terbuat dari kakao dengan kandungan kakao yang tinggi dapat memberikan tambahan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat ini hanya berlaku untuk dark chocolate dengan kandungan kakao yang tinggi (minimal 70% kakao) dan dikonsumsi dalam jumlah takaran yang telah diatur oleh lembaga kesehatan dan gizi.

Apakah dark chocolate mengandung gula? Dark chocolate yang mengandung gula dan lemak tambahan perlu dikonsumsi dengan bijak agar tetap mendapatkan manfaat kesehatan tanpa meningkatkan risiko kesehatan lainnya.

Pembagian Jenis Dark Chocolate

Ternyata, dark chocolate dapat dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan kandungan kakaonya, yaitu 30-50%, 60-70%, dan 85% ke atas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perbedaan ketiga level ini, simak penjelasan berikut.

A. 30-55% (Bittersweet)

Cokelat dengan kategori ini masih memiliki rasa bittersweet atau semi-manis. Rasa pahitnya seimbang dengan rasa creamy dan sedikit manis.

B. 60-75% (Bitter)

Coklat dengan kandungan kakao sebesar 60-75% termasuk dalam kategori pahit. Rasanya lebih pekat daripada kategori sebelumnya, namun memiliki profil rasa creamy, rich, dan mewah.

C. 85% ke atas (Dark dan Bitter)

Dark choco yang pahit ada di level ini, coklat dengan kandungan kakao 85% ke atas memiliki profil rasa dark dan pahit yang sangat pekat.

Cara Mengurangi Rasa Pahit Dark Chocolate

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit pada dark chocolate:

1. Mengonsumsinya dengan Buah-Buahan

Anda dapat memadukan dark chocolate dengan buah-buahan. Buah pisang, stroberi, kurma, rasberi, dan aprikot kering bisa menjadi pilihan yang cocok. Rasa pahit dari dark chocolate dan rasa manis dari buah akan menciptakan keseimbangan yang enak.

2. Menambahkan Pemanis

Tambahkan pemanis seperti susu kental manis, gula, madu, coklat putih, atau sirup glukosa ke dark chocolate yang pahit. Pastikan dark chocolate masih dalam keadaan panas agar pemanisnya dapat tercampur dengan baik dan mengurangi rasa pahit.

3. Menambahkan Sedikit Garam Laut

Perpaduan garam dan dark chocolate dapat mengurangi rasa pahitnya. Gunakan garam laut atau sea salt yang memiliki granulasi besar untuk menciptakan rasa yang lebih mewah.

4. Mencampurkannya dengan Kopi

Kombinasi antara dark chocolate dan kopi dapat menghilangkan rasa pahit satu sama lain dan menciptakan kombinasi yang harmonis.

5. Memadukan dengan Keju

Coklat pahit dapat dinikmati bersama dengan keju yang memiliki rasa yang kuat, seperti sharp cheddar, soft-ripened goat, sheep, atau cow milk cheese, atau blue cheese. Perpaduan ini akan menciptakan sensasi yang enak di mulut.

6. Mengolahnya Menjadi Makanan atau Minuman

Terakhir, cara paling mudah untuk menikmati dark chocolate adalah dengan mengolahnya menjadi makanan atau minuman dark choco. Dengan mengkombinasikan minuman coklat bubuk dengan bahan lain, rasa pahitnya akan tertutupi sehingga menjadi lebih lezat.

Bubuk Minuman JAPO!

Anda bisa membuat minuman dark choco sendiri di rumah dengan bahan berkualitas dan rasa yang pekat serta original. Jakarta Powder (JAPO) merupakan ahli produsen bubuk minuman premium.

JAPO jual bubuk minuman rasa dark choco yang pekat dan dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Bubuk minuman premium JAPO juga sudah terverifikasi halal dan terbuat dari bahan alami sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, JAPO juga menjual bubuk minuman varian lainnya dengan rasa yang original dan kuat sehingga rasanya tetap terasa walau telah dicampur dengan bahan lainnya. Untuk pembelian dan pemesanan, silahkan hubungi JAPO via WhatsApp 082 112 923 387.

Dengan menjadi mitra bisnis JAPO, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain:

  • Konsultasi untuk memenuhi semua kebutuhan produk usaha minuman coklat Anda.
  • Resep produk yang terjamin 100% kerahasiaannya.
  • Bahan baku bubuk minuman premium berkualitas pilihan terbaik.
  • Tidak menggunakan pengawet atau pewarna berbahaya pada bahan baku.
  • Sampel produk gratis dengan ketentuan berlaku.
  • Persyaratan kerja sama usaha minuman coklat yang mudah.
  • Masa penyimpanan produk hingga 2 tahun.
  • Pengiriman ke seluruh Indonesia dengan menggunakan berbagai ekspedisi terpercaya.

Penutup

Dengan cara-cara ini, Anda dapat menikmati dark chocolate dengan rasa yang lebih seimbang dan lezat. Nikmatilah minuman dark choco dari JAPO dengan cita rasa yang setara dengan minuman coklat terenak di dunia.