Punya Bisnis Minuman Kopi? Ini Tips Memilih Bubuk Kopi Terbaik

Punya Bisnis Minuman Kopi Kekinian? Begini Tips Memilih Bubuk Kopi Terbaik

Bagikan artikel ini

Kopi termasuk salah satu jenis minuman yang digemari banyak orang. Tidak hanya citarasa yang nikmat, kopi juga menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Itu sebabnya, tips memilih kopi bubuk terbaik penting untuk Anda ketahui.

Banyaknya permintaan akan minuman kopi menjadikan bisnis kedai kopi atau coffee shop semakin menjamur. Tidak hanya itu, berbagai merek bubuk kopi kemasan kini juga semakin banyak bermunculan.

 

7 Cara Memilih Biji dan Kopi Bubuk Terbaik

Kualitas biji dan bubuk kopi dapat diketahui dari berbagai hal. Dengan melihat bentuk dan warnanya saja sudah bisa diketahui termasuk dalam jenis apakah kopi tersebut. Berikut dibawah penjelasan lebih lengkapnya.

1.     Pilih Bentuk Kopi Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum kopi diolah menjadi minuman, jenisnya terbagi menjadi dua yakni dalam bentuk biji ataupun bubuk. Dalam hal ini, Anda bisa memilih salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

Pada umumnya, biji kopi berkualitas akan memiliki karakteristik berupa aroma yang segar dan kuat. Dengan begitu, Anda bisa menghindari jika suatu saat nanti menemukan biji kopi dengan bentuk, warna atau aroma yang sudah tidak segar lagi.

Sebelum siap untuk disajikan atau diminum, biji kopi ini harus digiling menggunakan mesin grinder.

Sedangkan kopi bubuk merupakan bentuk kopi yang lebih praktis yakni cukup diseduh dengan air panas untuk menyajikannya.

Untuk mendapatkan kopi bubuk terbaik, Anda bisa memilih bubuk yang ditempatkan dalam wadah rapat, kering dan tidak tembus cahaya agar dapat memperlambat proses oksidasi yang nantinya mengakibatkan kerusakan pada kopi bubuk.

2.     Pilih Jenis Kopi yang Tepat

Tips selanjutnya dalam pemilihan biji dan kopi bubuk yaitu memastikan jenis kopi yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, setiap jenis kopi pasti memiliki ciri khas masing-masing.

Seperti misalnya jenis kopi yang paling sering digunakan dalam pembuatan minuman yakni Arabica dan Robusta. Biji kopi arabica biasanya tumbuh di dataran tinggi dengan ciri berupa bentuk yang lonjong disertai sedikit celah di bagian tengahnya.

 

Kopi bubuk terbaik dari jenis ini biasanya memiliki aroma yang lebih wangi dan tekstur yang agak kental apabila telah diseduh.

Sedangkan robusta ialah jenis kopi yang banyak ditemukan di daerah dataran rendah dengan bentuk bulat disertai celah lurus di bagian tengahnya. Sesuai dengan namanya yang diambil dari kata Robust yang berarti kuat, bubuk kopi jenis ini memiliki rasa yang kuat dan pahit.

3.     Perhatikan Tanggal Produksi dan Kadaluarsa

Setelah memahami mengenai bentuk dan jenis kopi yang sesuai, maka tips selanjutnya yakni memperhatikan tanggal pembuatan dan kadaluarsa pada produk yang akan digunakan, baik itu dalam bentuk biji ataupun bubuk.

Tanggal produksi dan kadaluarsa pada umumnya sudah diletakkan di bagian depan kemasan agar mudah dilihat oleh konsumen yang menggunakannya. Namun, masih kerap dijumpai konsumen yang tidak memperhatikan hal tersebut.

Banyak diantara mereka yang menganggap bahwa kopi belum mengalami perubahan bentuk dan warna, maka masih bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Biasanya, kopi bubuk terbaik yang masih layak digunakan akan menghasilkan aroma yang khas sehingga Anda perlu berhati-hati jika menemukan biji atau kopi bubuk yang tidak berbau sama sekali.

4.     Pastikan Legalitas Produksinya

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni memastikan legalitas produksinya, hal ini penting untuk menjamin keamanan bahan makanan atau minuman digunakan.

Pastikan produk telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ataupun Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal ini bisa dilihat dari kode halal ataupun Nomor P-IRT yang biasanya termuat dalam kemasan.

Jika beberapa hal tersebut telah diperoleh, maka Anda bisa memastikan bahwa biji ataupun bubuk kopi yang dipilih aman dan terhindar dari berbagai jenis campuran zat yang berbahaya.

5.     Memilih Produsen yang Banyak Menyediakan Varian Rasa

Disamping memperhatikan legalitas produksinya, Anda juga bisa memilih produsen yang menawarkan berbagai pilihan rasa. Tips ini hanya berlaku dalam pemilihan kopi bubuk, mengingat biji kopi tentunya tidak akan dibuat dengan berbagai varian rasa.

Kopi bubuk pada umumnya dibuat dalam berbagai varian rasa seperti espresso, cappuccino, macchiato, dan masih banyak lagi. Beberapa varian tersebut merupakan hasil campuran kopi bubuk dengan bahan pendukung lain seperti susu, krimer ataupun coklat.

Memilih produsen yang menawarkan banyak pilihan rasa menjadi salah satu keuntungan bagi Anda ketika ingin membeli beberapa bubuk kopi sekaligus. Anda bisa membelinya bersamaan dalam satu tempat tanpa harus berpindah toko.

Selain itu, banyaknya pilihan rasa juga bisa membantu Anda dalam berbagai kebutuhan akan jenis minuman dan makanan. Itu sebabnya, tips ini sangat tepat diterapkan jika Anda menggunakan kopi bubuk untuk kepentingan bisnis ataupun usaha.

6.     Memilih Kopi Bubuk yang Tidak Menggumpal

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan khusus dalam pemilihan kopi bubuk terbaik ialah memperhatikan teksturnya. Dalam hal ini, Anda harus memilih kopi bubuk yang memiliki tekstur serbuk atau tidak menggumpal.

Biasanya, bubuk kopi yang memiliki tekstur menggumpal ialah bubuk kopi yang telah mengalami oksidasi atau mendapatkan campuran dari zat-zat lain yang mengakibatkan kerusakan.

Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan jenis kemasan yang digunakan, semakin kuat kemasan melindungi produk di dalamnya, maka semakin awet pula produk tersebut. Selain itu, cara penyimpanan juga memiliki pengaruh yang cukup besar.

Menyimpan bubuk kopi dalam ruangan atau tempat dengan suhu yang tepat atau tidak berada dalam paparan sinar matahari langsung bisa mencegah produk tersebut mengalami kerusakan.

7.     Memilih Toko atau Distributor yang Terpercaya

Tips terakhir yang bisa diterapkan dalam memilih biji ataupun kopi bubuk ialah membelinya pada toko atau distributor yang telah terpercaya.

Kini Anda bisa dengan mudah mendapatkan biji ataupun kopi bubuk berkualitas, baik itu pembelian secara langsung ataupun melalui platform online. Bahkan, sebagian toko bahan makanan ataupun supermarket juga menyediakan dua bahan ini.

Disamping memperhatikan distributor bubuk minuman kopi atau tempat penjualan yang terpercaya, Anda juga harus tetap memperhatikan beberapa tips-tips yang telah disebutkan sebelumnya.

Itulah 7 tips pemilihan biji dan kopi bubuk yang bisa diterapkan. Jika poin-poin di atas telah terpenuhi, maka Anda tidak perlu ragu lagi terhadap kualitas dan keamanan produk kopi yang Anda dapatkan.

 

Tips Menyimpan Biji dan Bubuk Kopi

Selain memperhatikan beberapa tips terkait dengan pemilihan biji dan kopi bubuk terbaik, maka tidak kalah pentingnya untuk Anda pahami juga mengenai tips penyimpanan yang benar. Berikut ialah beberapa tips yang bisa diterapkan:

1.     Menggunakan Wadah yang Tepat

Pastikan tempat atau wadah yang digunakan ialah kedap udara sehingga udara dari luar tidak mudah masuk. Hal ini penting agar kopi tidak berkurang kesegarannya.

Selain itu, pastikan pula wadah yang digunakan bersih atau terbebas dari kotoran dan aroma lain yang berpengaruh terhadap kualitas biji ataupun bubuk kopi. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan wadah berbahan keramik atau kaca.

2.     Perhatikan Tempat Penyimpanan

Selain pemilihan wadah yang tepat, Anda juga bisa memperhatikan tempat penyimpanan biji dan kopi bubuk. Pastikan lokasinya jauh dari paparan sinar matahari langsung ataupun daerah yang lembab dan berair.

3.     Segera Tutup Kembali Ketika Selesai Mengambil

Tips terakhir yakni segera menutup kembali wadah setelah mengambil biji atau kopi bubuk agar tidak mudah terpapar oleh berbagai zat dari luar.

Demikianlah beberapa tips penyimpanan biji dan kopi bubuk terbaik yang bisa diterapkan agar kualitas produk tetap terjaga, awet dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.