Serba-Serbi Powder Drink Yang Perlu Kamu Tahu - Bubuk Minuman JAPO

Serba-Serbi Powder Drink Yang Perlu Kamu Tahu

Bagikan artikel ini

Saat ini ada banyak sekali macam minuman dalam kemasan di pasaran, mulai dari yang siap minum dan dikemas dalam botol, cup, hingga bentuk powder drink yang harus dicampur terlebih dahulu dengan air. Masing-masing pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Buat kamu yang bergelut di bisnis minuman, powder drink menjadi bahan baku minuman yang dalam penyajiannya masih akan dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti susu, sirup, pewarna makanan, jelly, cendol, dan sebagainya. Lebih jauh tentang topik ini, yuk ketahui serba-serbi bubuk minuman.

Proses Pembuatan

Sebelum kita bahas powder bahan minuman lebih jauh, kamu perlu tahu bagaimana proses powder ini dibuat. Bubuk/powder bahan minuman ini dibuat melalui proses penguapan kadar air bahan pangan sehingga bentuk akhirnya berupa bubuk kering.

1.    Teknologi yang Digunakan

Tahukah kamu apa teknologi yang digunakan untuk membuat powder/bubuk minuman? Sebenarnya proses pembuatan powder/bubuk minuman bisa dilakukan dengan metode tradisional dan modern.

·        Tradisional

Secara tradisional, kamu bisa memproduksi serbuk minuman sendiri dengan cara penjemuran langsung di bawah terik matahari. Selain itu, pengeringan bahan makanan dengan cara memasaknya di atas api hingga mengering dan berubah menjadi serbuk juga bisa dilakukan.

·        Modern

Secara modern, pembuatan bahan bubuk minuman bisa dilakukan dengan menggunakan metode pengeringan beku atau spray drying. Teknologi ini banyak digunakan pabrik pembuat bubuk powder dan alat yang digunakan bernama spray dryer.

Untuk prosesnya melibatkan suatu larutan yang nantinya akan diubah menjadi bentuk serbuk/tepung dengan menggunakan spray dryer. Beberapa perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini adalah perusahaan farmasi, makanan, dan bahan kimia.

2.    Bahan yang Dipakai

Sekarang sudah tahu kan bagaimana proses bubuk powder bahan minuman dibuat? Selanjutnya, kamu perlu tahu bahan apa saja yang bisa dibuat untuk menghasilkan powder bahan minuman.

Untuk membuat bubuk powder bahan minuman, kamu perlu memastikan kualitas bahan yang digunakan agar menghasilkan mutu bubuk powder yang bagus. Bahan-bahan yang biasa digunakan di antaranya adalah:

·        Susu Bubuk

Susu bubuk atau krimer menjadi bahan utama yang sering digunakan sebagai bahan campuran bubuk minuman. Yang perlu kamu ingat, untuk setiap campuran bahan minuman, diperlukan takaran susu atau krimer yang berbeda.

·        Jus Buah Kering

Jus buah kering juga menjadi bahan campuran bubuk powder bahan minuman. ini menjadi komponen penting dalam campuran bubuk powder bahan minuman. Bahan ini mempunyai sifat komponen, kemampuan larut, dan ukuran partikel yang berbeda-beda.

Varian buah yang biasa digunakan misalnya leci, stroberi, anggur, melon, jeruk, mangga, alpukat, durian, apel, sirsak, dan lain-lain.

·        Kopi dan Teh

Kopi dan teh menjadi bahan campuran favorit yang cukup populer untuk powder/bubuk minuman. Selain itu, mocha juga sering digunakan sebagai bahan campuran. Beberapa varian kopi diantaranya adalah cappuccino, mochacino, tiramisu, vanilla latte, dan lain-lain.

·        Coklat

Coklat dengan segala variannya kerap dipakai untuk bahan pembuatan powder minuman. Kamu sendiri pasti suka rasa minuman coklat, bukan? Coklat pun ada banyak variannya, seperti choco tiramisu, choco mocca, choco avocado, dan masih banyak lagi yang lain.

Apa Plus Minus Powder Drink?

Berikutnya, kamu perlu tahu apa sisi plus dan minus bubuk powder minuman. Mungkin, bubuk powder ini memang memiliki banyak keunggulan, namun ternyata ada juga lho sisi kelemahan bubuk powder bahan minuman yang perlu kamu tahu. Mari cermati lebih dalam!

1.    Keunggulan

 

Ada beberapa keunggulan bahan minuman berbentuk powder atau bubuk. Di antara beberapa keunggulan tersebut adalah:

–      Tersedia dalam berbagai varian rasa.

–      Praktis dan tidak makan waktu lama saat hendak menyajikannya.

–      Bisa dibawa kemana saja tanpa khawatir tumpah.

–      Bisa dibeli di toko-toko terdekat dengan harga yang relatif terjangkau.

–      Bisa kamu dapatkan di hampir seluruh toko bahan makanan atau warung terdekat di mana saja.

2.    Kekurangan

Berkebalikan dengan beberapa keunggulan yang dimiliki powder bahan minuman, ada beberapa kekurangan powder minuman yang penting untuk kamu ketahui:

–   Kandungan nutrisi dalam bahan makanan berbentuk bubuk (kering) biasanya tidak setinggi kandungan nutrisi bahan makanan yang segar (tidak dikeringkan).

–  Adanya kandungan zat pengawet dalam bubuk powder minuman. ini cukup membahayakan kesehatan bila dikonsumsi secara terus-menerus.

–     Adanya campuran zat pewarna. Seperti halnya zat pengawet, zat pewarna dalam bubuk powder minuman juga bisa membahayakan kesehatan .

–     Terdapat campuran pemanis buatan. Adalah suatu hal yang umum bila aspartam atau saccharin sering ditambahkan sebagai bahan pemanis tambahan bubuk powder minuman.

Bagaimana Membuat Powder Drink Sendiri di Rumah?

Kalau mencermati beberapa kelemahan bubuk powder minuman di atas, pastinya agak riskan juga kalau mengkonsumsi bahan powder minuman instan buatan pabrik, bukan? Untuk konsumsi pribadi, tidak ada salahnya lho kita membuat bubuk powder minuman rumahan.

Selain lebih sehat, kamu tak perlu bolak-balik ke toko atau warung sebelah untuk membeli bahan minuman bubuk. Jadi, lebih hemat, bukan? Nah, berikut simak tips-tips membuat bubuk powder minuman sendiri di rumah:

1.    Siapkan Bahan Utama

Bahan utama untuk membuat powder atau bubuk minuman bisa berupa daging buah segar, biji kopi, atau coklat. Untuk jenis fruit powder, pastikan kamu memilih buah yang sudah matang dan daging buah yang tebal. Ini penting, agar saat pengeringan nanti masih diperoleh bahan bubuk yang banyak.

2.    Siapkan Takaran Gula dan Susu yang Pas

Gula dan susu juga menjadi bahan yang penting. Takar porsi yang tepat agar tidak terlalu dominan rasanya.

3.    Siapkan Alat

Nah, untuk skala rumahan, kamu bisa menggunakan alat di dapur seadanya. Untuk pengeringan, kamu bisa menggunakan wajan atau penggorengan biasa.

Alangkah baiknya juga bila menggunakan wadah penggorengan berbahan tanah liat. Setelah bahan dikeringkan, kamu bisa menggilingnya menggunakan alat grinder atau alat penggilingan tradisional.

4.    Racik dengan Komposisi Seimbang

Kalau semua bahan telah siap dan sudah digiling, tinggal meracik bahan dengan gula atau campuran yang lain. Perhatikan kadar masing-masing bahan. Jangan sampai berlebihan atau kurang takaran. Semuanya mesti dalam porsinya masing-masing.

5.    Tes Rasa

Cara mengetes apakah racikan powder minuman yang kamu buat sudah pas adalah dengan mengetes rasa. Tidak cukup kamu seorang, mintalah tolong teman atau orang lain untuk mengetes rasa dan minta pendapat mereka.

6.    Perhatikan Wadah Penyimpanan

Kalau sudah didapatkan racikan powder yang pas untuk bahan minuman, sekarang perhatikan wadah penyimpanan yang digunakan. Sebaiknya simpan bubuk powder dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Ini penting sekali, agar kondisi lingkungan sekitar seperti suhu, cahaya, dan kelembaban tidak sampai mempengaruhi atau mengubah rasa dan kualitas bubuk powder minuman yang kamu buat.

Cukup gampang sekali bukan membuat bubuk powder minuman sendiri? Kalau kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mengolah sendiri di rumah, kamu masih bisa lho membeli powder drink aneka rasa yang banyak dijual secara online.