strategi usaha bubuk minuman

Strategi Usaha Bubuk Minuman yang Inovatif di Tengah Persaingan Ketat

Bagikan artikel ini

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, selalu saja muncul ide-ide baru yang inovatif sehingga menarik perhatian konsumen. Salah satunya adalah bisnis minuman bubuk. Di tengah persaingan yang cukup ketat saat ini, Anda perlu menerapkan strategi usaha bubuk minuman yang paling efektif.

Ya, saat ini memang tengah marak bisnis bubuk minuman yang tersedia dalam beragam bentuk usaha. Mulai dari sistem franchise yang bekerjasama dengan pihak lain, hingga bubuk minuman dengan resep sendiri. Terlebih dengan banyaknya jasa maklon untuk pembuatan minuman yang tersedia saat ini.

Prospek Usaha Bubuk Minuman yang Menguntungkan

Dalam menjalankan bisnis, banyak pelaku usaha yang menawarkan kerjasama kepada pengusaha kuliner dengan sistem franchise. Tentunya ada keuntungan tersendiri dengan sistem ini karena brand minuman biasanya sudah terkenal sehingga bisa meminimalisir biaya promosi.

Meski begitu, tidak dipungkiri bahwa untuk membeli bisnis waralaba ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal tersebut digunakan sebagai biaya untuk membeli franchise beserta peralatan dan bahan bakunya. Itulah mengapa banyak diantara pelaku usaha yang mencoba merintis bisnis dari bawah.

Memang tidak mudah untuk memulai bisnis bubuk minuman dari bawah, karena pasti ada banyak kendala yang ditemui. Diantaranya adalah menemukan resep minuman yang paling pas dan enak. Resep tersebut tentunya harus memenuhi standar untuk keperluan bisnis secara umum.

Jika sudah menemukan racikan minuman yang paling tepat, maka bukanlah perkara sulit untuk menyulapnya menjadi bubuk minuman instan yang siap saji. Karena saat ini sudah banyak jasa yang menyediakan layanan maklon bubuk minuman.

Strategi Usaha Bubuk Minuman untuk Pemula

Secara umum bisnis bubuk minuman memiliki prospek yang cukup bagus ke depannya karena hingga saat ini masih banyak pelaku usaha yang melirik bisnis minuman kekinian siap saji. Dalam hal ini poin utama yang harus dimiliki adalah formulasi resep minuman yang unggul dan berkualitas.

Jika Anda sudah menemukan resep yang benar-benar pas dan unggul dari segi rasa, maka tidak ada salahnya untuk mengembangkannya menjadi peluang bisnis. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengelola usaha bubuk minuman, sebaiknya memperhatikan beberapa strategi seperti berikut ini:

1. Menentukan Bentuk Usaha Minuman Bubuk

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis bubuk minuman adalah menentukan bentuk usaha yang akan dikembangkan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menentukan jenis usaha seperti berikut:

 

  • Usaha Minuman Bubuk dalam Sachet

Dengan kemajuan teknologi printing saat ini maka siapapun bisa melakukan

pengemasan produk bubuk minuman dengan lebih menarik dan modern. Ya, jika

sebelumnya kemasan yang bagus hanya berasal dari pabrik saja, saat ini semua

bisa.

 

Tidak heran jika banyak pelaku usaha yang memproduksi bubuk minuman

dengan kemasan sachet menarik yang tidak kalah dengan produk kemasan

sachet dari pabrik besar.

 

Jadi bagi Anda yang ingin memulai bisnis bubuk minuman dengan bentuk

kemasan sachet, maka harus dipastikan resep atau racikan minuman yang dibuat

benar-benar berkualitas. Dengan demikian maka akan menarik perhatian pasar.

 

  • Usaha Minuman Bubuk dengan Membuka Cafe

Selain menjual produk bubuk minuman dalam bentuk sachet, Anda juga bisa

memulai bisnis minuman dengan membuka kedai atau cafe. Salah satu strategi

usaha bubuk minuman cafe yang perlu diperhatikan adalah memilih waralaba

atau meracik sendiri.

Jika Anda ingin menggunakan resep minuman yang sudah populer, maka bisa

menggunakan sistem waralaba. Namun pastikan supplier bubuk minuman yang

Anda pilih benar-benar berkualitas dan terpercaya.

2. Menentukan Lokasi yang Strategis dan Mudah Diakses

Jika Anda memang sudah memutuskan untuk membuka outlet atau cafe minuman bubuk, maka strategi berikutnya yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi usaha yang strategis. Yaitu yang mudah diakses dan dekat dengan pusat keramaian.

Selain itu, agar tampilan outlet Anda terlihat semakin menarik, jangan lupa untuk menghiasinya dengan dekorasi yang unik dan kekinian. Selain menarik, pastikan lingkungannya juga bersih dan nyaman ya, agar konsumen betah menikmati sajian minuman di tempat Anda.

3. Melakukan Inovasi Rasa

Strategi usaha bubuk minuman aneka rasa adalah strategi selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Ya, di tengah persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini Anda harus pintar-pintar dalam mengkreasikan minuman bubuk dengan ide-ide dan inovasi terbaru.

 

Varian minuman baru yang dihasilkan dari inovasi rasa akan membuat menu minuman di tempat Anda semakin lengkap. Dengan varian rasa yang unik dan inovatif, tentunya konsumen akan lebih tertarik dan penasaran untuk mencobanya.

4. Menawarkan Harga yang Kompetitif

Setiap konsumen akan selalu tertarik dengan harga yang kompetitif namun produk yang ditawarkan tetap berkualitas. Demikian juga dalam urusan penjualan produk bubuk minuman ini. Strategi penting yang harus diterapkan adalah menjual dengan harga kompetitif.

Meskipun dari segi harganya cukup kompetitif, namun untuk urusan rasa tetap harus diperhatikan. Dalam hal ini Anda bisa bermain dengan mengambil untung yang tidak begitu banyak, namun tingkat penjualannya maksimal. Sehingga pada akhirnya tetap untung banyak.

5. Menggali Keunggulan Produk

Strategi usaha bubuk minuman selanjutnya yang bisa dicoba adalah menggali keunggulan produk yang belum dimiliki oleh kompetitor. Jika selama ini bubuk minuman hanya cocok untuk sajian dingin, maka Anda bisa menyediakan bubuk minuman hangat yang tidak kalah enak.

Dengan penyajian bubuk minuman yang lengkap, bisa untuk dingin atau  hangat maka hal itu menjadi keunggulan tersendiri yang akan menarik perhatian konsumen. Dengan begitu, konsumen lebih leluasa untuk menikmati minuman yang disukainya versi dingin atau hangat.

6. Memaksimalkan Promosi

Strategi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memaksimalkan promosi, baik secara offline maupun online. Hal ini sangat penting untuk mendukung kegiatan bisnis Anda terutama untuk mengenalkan produk baru yang belum begitu dikenal publik.

Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan antara lain adalah membuat spanduk yang menampilkan produk minuman bubuk Anda secara lengkap, menyebarkan brosur hingga promosi di berbagai platform media sosial. Cara ini cukup efektif untuk mengenalkan produk.

7. Memaksimalkan Pelayanan

Dalam mengembangkan bisnis minuman, Anda juga perlu memaksimalkan pelayanan sebagai salah satu strategi usaha bubuk minuman yang tidak kalah penting. Beberapa diantaranya adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah, penawaran diskon hingga bebas ongkir.

8. Memaksimalkan Pemasaran

Memaksimalkan pemasaran merupakan strategi terakhir yang bisa dilakukan dalam upaya mengembangkan bisnis bubuk minuman. Selain memasarkan produk bubuk minuman secara online, Anda juga perlu memasarkannya melalui distributor di berbagai kota di Indonesia.

Dengan cara pemasaran ini produk bubuk minuman akan semakin maksimal. Untuk sistem penjualannya, Anda bisa menggunakan metode beli putus dengan pembelian minimal 500 kg. Meskipun profitnya tidak terlalu besar namun dari segi kuantitas akan sangat menguntungkan.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis minuman bubuk, sebaiknya memperhatikan beberapa strategi usaha bubuk minuman yang telah dijelaskan di atas. Poin penting yang harus diperhatikan dalam menyediakan produk yang inovatif, berkualitas dan harga yang kompetitif.