Ternyata Ini Bahan dan Cara Membuat Meses

Ternyata Ini Bahan dan Cara Membuat Meses

Bagikan artikel ini

Meses sering digunakan sebagai tambahan rasa pada makanan, hiasan hingga memberikan tekstur tersendiri pada makanan. Jika selama ini Anda suka membeli meses yang sudah jadi, bagaimana kalau mencoba membuatnya sendiri di rumah? Karena cara membuat meses ternyata cukup sederhana.

Anda bisa membuat meses ala rumahan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Untuk hasilnya tentu saja akan jauh lebih sehat karena dibuat tanpa bahan tambahan pewarna maupun pengawet. Yuk, langsung saja disimak bagaimana proses dan cara pembuatan meses selengkapnya.

Bagaimana Cara Membuat Meses

Dari The Kitchen disebutkan bahwa pembuatan meses cukup mudah karena untuk adonan meses ala Amerika Serikat bahan dasar yang digunakan adalah royal icing, sejenis gula putih yang lazim digunakan sebagai hiasan pada cookies. Royal icing dibentuk menjadi garis-garis halus memanjang.

Adonan tersebut nantinya akan dibiarkan semalaman agar mengering dan kemudian dipotong-potong dalam ukuran kecil. Dalam pembuatan meses ini Anda bisa menggunakan warna sesuai selera masing-masing. Sementara dari Martha Stewart, berikut ini adalah bahan dan cara pembuatannya:

Bahan untuk Membuat Meses

  • Gula halus 170 gram atau 1 ½  cangkir
  • Air 2 sdm
  • Sirup jagung ringan 1 sdm
  • Ekstrak vanili ¼ sdt
  • Pewarna makanan gel warna merah mudah, fuchsia dan persik secukupnya

Cara Membuat Meses ala Rumahan

Setelah semua bahan yang dibutuhkan siap, maka Anda bisa mulai membuat meses ala rumahan dengan langkah-langkah seperti berikut:

A. Membuat Adonan Meses 

Pertama campurkan gula dengan air, sirup jagung, serta ekstrak vanili dalam sebuah mangkuk dan aduk hingga berubah bentuk menyerupai lem. Anda bisa menambahkan air lagi jika diperlukan.

B. Membagi Adonan menjadi 3 Bagian

Selanjutnya bagilah adonan tersebut menjadi tiga dan tambahkan dengan warna yang diinginkan. Pastikan warna tercampur dengan rata agar hasil akhirnya bagus.

C. Meletakkan Adonan dalam Pipping Bag

Tempatkan setiap adonan dengan warna yang berbeda, masing-masing dalam 1 pipping bag atau plastik segitiga, kemudian lubangi pada ujungnya dengan lubang yang berukuran sangat kecil.

D. Semprotkan Adonan Meses

Tekan plastik dan semprotkan adonan dari setiap warna hingga semua adonan tersebut keluar ke dalam loyang dan diamkan semalaman tanpa perlu ditutup.

E. Potong Adonan yang Sudah Mengering

Setelah mengering, pecahkan adonan meses tersebut hingga menjadi potongan-potongan berukuran kecil dan selanjutnya siap untuk dijadikan taburan roti atau minuman kekinian.

Cara Membuat Meses Sendiri dengan Mudah

Selain melakukan cara yang telah dijelaskan sebelumnya, membuat meses di rumah juga bisa dilakukan dengan langkah seperti berikut:

Bahan

Putih telur 2 butir

Gula halus 125 gram

Pelembut kue atau krim tartar ½ sdt

Pewarna makanan sesuai selera (pink, ungu, kuning, biru) secukupnya 

Cara membuat Meses Sederhana

Setelah semua bahan siap, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat meses warna-warni seperti berikut:

A. Membuat Adonan Meses

Langkah pertama adalah membuat adonan meses. Yaitu dengan memasukkan putih telur bersama gula halus ke dalam wadah. Kemudian mengocoknya menggunakan mikser hingga semua tercampur rata. 

Jika sudah tercampur bisa ditambahkan dengan krim tartar kemudian diaduk lagi menggunakan mikser untuk membuat adonan lebih mengental.

B. Memberikan Pewarna Makanan

Jika adonan meses sudah mengental, maka bisa dibagi menjadi 4 bagian dan masing-masing diberi pewarna sesuai dengan yang sudah disiapkan. Kemudian masukkan setiap adonan yang sudah berwarna ke dalam pipping bag dan lubangi ujungnya.

C. Semprotkan Adonan Meses

Siapkan kertas roti dan semprotkan setiap adonan meses di atas kertas tersebut dengan bentuk yang memanjang mengikuti ukuran kertas roti. Lakukan cara ini sampai adonan di dalam pipping bag habis.

D. Memotong Meses Sesuai Selera

Semua adonan yang sudah disemprotkan dibiarkan sampai mengering. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 jam di dalam suhu ruangan. Nah, jika semua sudah mengering bisa langsung dipotong-potong sesuai selera.

Terakhir, campurkan semua potongan meses dari 4 warna yang telah dibuat menjadi satu sehingga menghasilkan meses warna-warni yang siap untuk menghiasi kue dan minuman Anda.

Cara Membuat Meses Coklat

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara pembuatan meses sederhana di rumah dengan warna-warni yang menggoda. Nah, kali ini akan dijelaskan bagaimana membuat meses dengan rasa coklat yang nikmat bagi Anda para penggemar coklat. 

Agar mendapatkan cita rasa coklat pada meses rumahan ini, kunci utamanya adalah menambahkan bubuk coklat berkualitas seperti yang tersedia di JAPO. Untuk lebih jelasnya berikut ini bahan dan cara membuat meses coklat:

Bahan untuk Membuat Meses Coklat:

  • Pati jagung 1 sdt
  • Air secukupnya
  • Gula tepung 125 gram
  • Lemak atau krim tartar untuk melembutkan ½ sdt
  • Cocoa powder secukupnya 

Cara Pembuatan Meses Coklat

Proses pembuatan meses coklat hampir sama dengan cara pembuatan meses sebelumnya sehingga sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

A. Membuat Adoanan Meses Coklat

Pertama buat adonan meses dengan cara mencampurkan semua bahan seperti pati jagung, gula dan lemak kemudian mengaduknya menggunakan mikser hingga tercampur rata. Jangan lupa tambahkan sedikit air sampai adonan berubah menjadi gumpalan.

B. Menambahkan Adonan dengan Cocoa Powder

Selanjutnya adonan tersebut ditambahkan cocoa powder untuk memberikan cita rasa coklat di dalamnya, pastikan hanya menggunakan cocoa powder yang berkualitas ya agar rasa coklatnya benar-benar asli.

C. Pembuatan Meses Skala Besar

Untuk pembuatan meses skala besar biasanya adonan dikeringkan dengan menggunakan alat pencetak meses sehingga membentuk silinder mini yang memanjang.

Tahap terakhir adalah  masukkan adonan tersebut ke dalam bola putaran untuk memotong meses menjadi ukuran yang kecil-kecil. Pada saat diputar, semprotkan wax serta air gula agar tampilan meses terlihat mengkilap.

D. Pembuatan Meses Coklat Rumahan

Sementara untuk pembuatan meses dalam skala kecil bisa menggunakan cara sederhana seperti yang dijelaskan sebelumnya. Yaitu dengan memasukkan adonan ke dalam pipping bag.

Dan selanjutnya adalah menyemprotkan adonan meses coklat di atas kertas roti atau loyang baru kemudian memotong meses dalam ukuran kecil-kecil jika adonan sudah mengering.

Tips Menyimpan Meses agar Awet

Nah, setelah berhasil membuat meses rumahan dengan cara sederhana yang telah dijelaskan diatas, maka Anda perlu mengetahui bagaimana tips menyimpan meses agar awet dan tidak mudah hancur. 

Salah satu tips yang bisa dicoba adalah menyimpan meses dalam suhu ruangan. Namun jika Anda ingin meses yang dibuat lebih tahan lama maka bisa menyimpannya di dalam lemari es.   

Akan lebih baik jika menyimpan meses yang telah dibuat di dalam wadah seperti toples yang tertutup rapat dan kedap udara. Jadi, kalau sewaktu-waktu mau menggunakannya untuk taburan kue, es krim atau minuman favorit bisa langsung digunakan.

Bagaimana, sangat mudah kan membuat meses sendiri ala rumahan? Dengan mengetahui cara membuat meses di atas, Anda bisa mengoperasikannya dalam beberapa rasa yang difavoritkan.