Pentingnya Business Plan Sebelum Menjalankan Bisnis Franchise

Pentingnya Business Plan Sebelum Menjalankan Bisnis Franchise

Bagikan artikel ini

Sebagian besar calon pemilik franchise pemula sepertinya belum tahu tentang pentingnya business plan. Franchise sendiri memang menjadi salah satu jenis bisnis yang banyak diminati karena dianggap lebih mudah dijalankan (bahan baku, alat, dan berbagai modal lain sudah disiapkan oleh pihak pemilik franchise).

Biasanya, franchise juga sudah memiliki brand atau populer di masyarakat sehingga produknya dianggap lebih mudah dijual daripada produk dari merk baru. Berbagai kemudahan inilah yang akhirnya membuat sebagian orang mengira bahwa franchise seolah tidak membutuhkan business plan. Namun, ada baiknya pula kalian mengetahui tips memilih franchise yang sesuai dengan business plan kalian.

Definisi Business Plan

Rencana bisnis / business plan adalah rencana keseluruhan dari bisnis yang akan dijalankan, yang mencakup berapa banyak modal yang harus disiapkan, dari mana modal tersebut didapat, daftar bahan dan alat yang dibutuhkan, lokasi bisnis, visi misi bisnis, metode promosi, rumus perhitungan laba, dsb.

Rencana bisnis harus jelas dan benar-benar detail. Jadi saat membuatnya tidak boleh asal atau terburu-buru karena bisa menjadi salah satu awal dari kegagalan bisnis Anda kedepannya. Rencana ini juga perlu diperbarui sesuai kondisi bisnis, dan tidak hanya diterapkan pada bisnis besar tapi juga bisnis kecil.

Jadi, setiap jenis bisnis dan seberapapun ukurannya selalu membutuhkan plan, tidak terkecuali franchise yang sudah memiliki SOP. SOP ini untuk pengolahan produk atau sistem order pelanggan, sedangkan kelangsungan hidup dari bisnis sangat tergantung pada rencana bisnis yang Anda siapkan.

Pentingnya Business Plan untuk Franchise

Berikut adalah beberapa alasan mengapa business plan sangat penting termasuk untuk franchise:

1.    Membantu Pendanaan

Modal biasanya menjadi salah satu hal paling utama dan seringkali membuat pusing bagi sebagian orang yang ingin memulai bisnis. Beberapa orang mungkin bisa membuka bisnis dengan dana pribadi yang memang sudah dikumpulkan dari jauh-jauh hari atau mungkin dari hasil menjual aset yang dimiliki.

Namun, ada juga lho yang masih bingung dengan modal karena tabungan pribadi belum memadai. Jika skenario kedua ini terjadi, maka salah satu solusi terbaik dan paling gampang adalah meminjam atau mencari investor. Nah, rencana bisnis yang bagus dan matang adalah satu-satunya kunci untuk cara ini.

Jika Anda datang ke investor atau teman untuk meminjam uang dengan membawa proposal rencana bisnis, lalu Anda menjelaskan dengan penuh percaya diri dan meyakinkan, maka dana pun bisa didapat dengan mudah dibanding Anda datang dengan tangan kosong.

Adanya rencana bisnis akan membuat Anda terlihat lebih serius dengan bisnis yang akan dijalankan sehingga teman atau investor tidak ragu untuk memberikan pendanaan.

2.    Tujuan Bisnis Lebih Jelas dan Bisnis Lebih Mudah Diawasi

Seperti yang sudah disebutkan, visi dan misi menjadi salah satu poin yang ada di dalam sebuah rencana bisnis. Adanya visi misi akan membuat bisnis Anda lebih terarah dan jelas apa tujuannya. Tujuan dari bisnis ini bisa untuk jangka pendek atau panjang.

Karena sudah jelas tujuannya dan ada rencana bisnis secara rinci, maka bisnis pun akan lebih mudah untuk diawasi. Lalu seiring perkembangan bisnis, Anda bisa menentukan langkah-langkah apa yang perlu diambil agar tujuan dari bisnis bisa tercapai.

3.    Menguji Kelayakan Ide Bisnis

Poin ketiga mengenai pentingnya business plan yaitu untuk menguji kelayakan ide bisnis. Namanya juga rencana, bisa saja berhasil atau justru sebaliknya, bukan?

Namun jika rencana ini dibuat dari ide-ide yang bagus yang memang sudah teruji coba di pasaran, maka peluang untuk berhasil menjadi lebih besar lho. Jadi nantinya, Anda tidak akan terlalu banyak membuat waktu, uang, atau tenaga dan pikiran pada ide yang berpotensi tidak berhasil.

4.    Peluang untuk Sukses Lebih Tinggi

Adanya rencana yang jelas dan rinci mengenai target pasar, anggaran yang dibutuhkan, sumber pendanaan, tujuan bisnis, dan berbagai detail lainnya akan membuat bisnis lebih minim resiko gagal jika dibanding dengan bisnis tanpa rencana atau dijalankan dengan asal.

Rencana bisnis membuat berbagai kebutuhan bisnis bisa disiapkan dengan matang, sehingga ketika dibuka, bisnis memang benar-benar sudah dalam keadaan siap 100%. Lalu dalam hal menjalankan bisnis, prosesnya pun akan jauh lebih mudah dan terarah karena sebelumnya sudah dibuat rencana.

Hal yang sama juga berlaku nih untuk metode pemasaran. Biasanya rencana bisnis sudah mencakup teknik / metode pemasaran mana yang akan diterapkan sesuai dengan jenis bisnis, tren pasar, target pasar, dan sebagainya.

Artinya, Anda akan terhindar dari salah pilih metode pemasaran yang pada akhirnya hanya membuang waktu, tenaga, dan pemikiran namun hasil penjualan tidak maksimal.

5.    Membantu Menaikkan Level Bisnis

Poin lain dari pentingnya business plan yaitu membantu menaikkan level dari bisnis dengan lebih mudah sebab Anda hanya perlu mengembangkan rencana dasar yang memang sudah matang, atau tambahkan metode yang lebih baru sesuai dengan perkembangan bisnis di pasaran atau sedang tren.

6.    Lebih Siap Menghadapi Kompetitor / Pesaing

Setiap bisnis pastinya memiliki resiko termasuk dalam hal kalah saing. Tidak ada satupun bisnis yang tidak memiliki pesaing, namun dengan rencana bisnis yang matang, peluang untuk bisa bersaing dengan sehat di pasaran akan menjadi lebih ringan.

Bahkan dengan strategi bisnis yang tepat dalam hal persaingan, tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis franchise Anda bisa lebih unggul lho dari pesaing.

Poin utama dalam hal mengalahkan pesaing yaitu mencari tahu berbagai hal mengenai pesaing tersebut. Namun, pesaing yang dimaksud di sini adalah yang paling laris dan lokasinya yang paling dekat dengan tempat usaha Anda. Sehubungan dengan pesaing, berikut beberapa kunci untuk mengalahkannya:

  • Kenali pesaing
  • Cari tahu keunggulan dan kelemahan pesaing
  • Jadikan kelemahan pesaing sebagai kelebihan dari bisnis Anda
  • Masuki area yang belum digarap oleh pesaing
  • Terapkan keunggulan pesaing pada bisnis Anda namun dengan versi yang lebih baik lagi

7.    Mengamankan Pendanaan

Tidak hanya sangat membantu dalam mencari modal awal, pentingnya business plan juga untuk mengamankan pendanaan bisnis di masa depan lho, karena sebelumnya sudah dibuat rencana tentang bagaimana cara mengatur keuangan, maka keuangan bisnis akan lebih jelas, transparan, dan pada akhirnya bisnis akan aman dalam hal finansial karena tidak ada resiko uang hilang atau lari tidak jelas.

8.    Bisnis Lebih Fokus

Adanya tujuan yang jelas dari bisnis yang akan dibuka bisa membuat Anda selaku pemilik bisnis lebih fokus untuk mencapai tujuan dengan sederet rencana yang telah dibuat.

Berbeda dengan bisnis tanpa rencana yang dalam proses menjalankannya bisa saja menggunakan metode A, metode B, mencoba metode lain, dan sebagainya, yang masing-masing bisa saja gagal atau tidak cocok dengan target pasar.

Namun jika Anda fokus pada rencana yang sudah ada, rencana ini justru bisa memberikan hasil yang maksimal karena waktu, pikiran, dan juga dana bisa dimaksimalkan.

Apapun jenis franchise yang akan Anda buka, baik dalam waktu dekat atau masih beberapa bulan ke depan, pastikan untuk membuat rencana bisnis dengan matang mengingat betapa pentingnya business plan sesuai dengan delapan poin di atas.