Ingin mencoba bisnis tapi belum menemukan ide yang cocok untuk pemula? Maka bisnis minuman hits bisa dicoba.

Tidak Hanya Segar, Ini 10 Minuman Hits Sepanjang Masa yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Bagikan artikel ini

Ingin mencoba bisnis tapi belum menemukan ide yang cocok untuk pemula? Maka bisnis minuman hits bisa dicoba. Era serba digital seperti sekarang telah membuat bisnis menjadi lebih mudah dijalankan dibanding puluhan tahun silam karena ada metode promosi yang instan via media sosial.

Media sosial bisa membuat aneka jenis minuman berpenampilan aesthetic atau unik menjadi populer dalam waktu singkat, dan hal ini tentu sangat membantu dalam mendukung penjualan termasuk untuk bisnis yang baru dibuka. Jadi, berbisnis minuman di era internet seperti sekarang bisa dibilang tidak susah.

Daftar Minuman Hits yang Cocok Dijadikan Bisnis

Menjajal bisnis minuman tidak harus memiliki café kok, karena dari stand pinggir jalan atau gerai kecil di lokasi strategis juga bisa. Jika ingin versi yang lebih low budget lagi maka bisa menggelar lapak di teras atau depan rumah, berikut daftarnya:

1.    Es Kopi Susu

Inilah minuman yang saat ini sedang sangat populer di Indonesia terutama di kalangan kawula muda daerah perkotaan yang sangat menyukai kopi.

Minuman ini sebenarnya terbuat dari bahan-bahan yang super sederhana tapi ketika bisa mengolah rasanya menjadi nikmat, dan disajikan dengan tampilan yang menarik (baik dengan wadah yang berdesain cantik atau dengan tambahan topping), maka harga per porsinya bisa sampai puluhan ribu.

Apalagi jika tempat menjualnya adalah cafe-cafe dengan interior modern kekinian. Sama dengan namanya, bahan utama untuk membuat es kopi susu adalah susu, kopi, dan gula aren. Tapi, ada juga yang menambahkan perisa lain seperti hazelnut atau rhum untuk menciptakan cita rasa yang berbeda.

2.    Minuman dengan Brown Sugar

Biasanya, brown sugar alias gula merah identik dengan hidangan atau minuman tradisional seperti kolak pisang, nagasari, es cendol, bubur sumsum, singkong legit saus gula aren, dan lainnya.

Tapi sekarang, brown sugar bisa juga dijadikan campuran aneka minuman kekinian seperti kopi, milk tea, dan juga teh. Misalnya untuk milk tea, Anda bisa mencampurkan gula aren dengan beberapa bahan sederhana lain yaitu teh hitam, es batu, dan susu full cream.

3.    Yogurt

Kepopuleran minuman yang satu ini dimulai pada tahun 2021 silam dan masih laku keras di pasaran sampai sekarang. Bahan utama berupa yogurt bisa dicampur dengan beberapa bahan unik lain seperti oat, ketan, hingga buah-buahan dan diberi es baru agar lebih segar agar bisa menjadi minuman yang unik.

Berikut beberapa contoh kreasi minuman berbahan utama yogurt yang mungkin cocok untuk menjadi ide bisnis Anda:

▪         Strawberry banana smoothie with yogurt

▪         Yogurt orange smoothie

▪         Bangladeshi spiced yogurt

▪         Berry yogurt smoothie

▪         Creamy apple strawberry mocktail

▪         Apple yogurt smoothie

▪         Mango lassi yogurt

▪         Lemony yogurt smoothie

▪         Cheesy brown sugar boba milk

▪         Avo berry smoothie

4.    Boba

Jika berbicara mengenai minuman hits, boba pastinya tidak akan ketinggalan. Minuman dengan topping bola-bola kecil bertekstur kenyal ini mulai viral pada awal tahun 2020 dan masih cukup eksis sampai sekarang.

Terbuat dari bahan utama tepung tapioka, boba termasuk minim anggaran dan sangat mudah untuk dibuat sendiri. Si bola-bola mungil ini nantinya bisa ditambahkan ke aneka jenis minuman yang sedang banyak digemari target pasar seperti es kopi, milk tea, dan brown sugar milk.

5.    Es Susu Regal

Sebuah kedai kopi bernama Kopi Soe adalah yang pertama kali mempopulerkan minuman susu regal. Regal sendiri adalah merk sebuah biskuit bayi tapi yang juga bisa dijadikan cemilan untuk orang dewasa.

Tekstur biskuit berbentuk bundar ini sangat renyah dan dikreasikan sebagai topping untuk berbagai jenis minuman yang salah satunya adalah es susu putih. Sudah tersedia di berbagai gerai minuman dan kedai kopi, susu regal ternyata sangat mudah dibuat.

Bahannya hanya terdiri dari susu UHT, krimer, kental manis, dan susu evaporasi. Jika semuanya sudah tercampur rata, tinggal tambahkan es batu dan beri taburan biskuit regal yang sudah dihancurkan kasar.

6.    Thai Tea

Minuman ini sedang sangat hits di lingkungan kaum millennial sehingga berbagai stand atau gerai yang menjualnya hampir tak pernah sepi pembeli. Cita rasa dari thai tea adalah manis dan creamy dengan bahan utama teh yang dipadukan beberapa bahan campuran.

Jika mengikuti resep originalnya, maka bahan-bahan untuk membuat thai tea adalah adas manis, teh hitam, kapulaga, bunga jeruk, gula pasir, dan susu.

Dikenal dengan sebutan Chayen, minuman ini sama-sama enak untuk disajikan dengan es batu atau dalam keadaan hangat. Tidak hanya bercita rasa unik, alasan lain dari viralnya thai tea adalah beberapa manfaat kesehatan yang dimilikinya, seperti:

▪         Menyehatkan jantung

▪         Membantu mencegah berbagai penyakit kronis

▪         Menambah stamina

▪         Membantu menurunkan berat badan

▪         Mencegah pertumbuhan bakteri

7.    Aneka Jenis Teh

Selain thai tea, masih banyak minuman hits berbahan dasar teh lain seperti green tea, matcha, teh madu, teh ungu, teh keju, es teh madu leci, es teh cincau, teh susu jelly, ice milo tea, es teh selasih, teh susu selasih, lemon tea selasih, teh hijau markisah, melon mint ice tea, teh kayu manis, dan banyak lagi.

8.    Charcoal

Minuman berwarna hitam ini viral karena warnanya yang tidak biasa. Warna hitamnya didapat dari activated charcoal (arang aktif) yang biasanya dicampurkan ke dalam jus buah segar dan ditambah es batu.

Tapi jangan khawatir, arang aktif ini tidak mengubah cita rasa asli dari minuman kok, jadi hanya warnanya yang berubah. Selain karena visual yang unik, minuman ini juga hits karena diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti salah satunya membantu proses detoksifikasi.

9.    Dalgona Coffee

Pernah menjadi minuman hits saat awal Corona di Indonesia, Dalgona Coffee rupanya masih memiliki banyak penggemar hingga sekarang sehingga cocok menjadi salah satu ide bisnis. Bahan utama minuman ini hanya baking soda, gula, kopi, dan air panas.

Tapi, proses pembuatannya termasuk membutuhkan skil atau teknik yang tepat karena proses pengadukan akan berpengaruh besar pada rasa dan tampilannya.

10. Cold-Pressed Juice

Minuman ini laris manis di kalangan masyarakat yang sangat mencintai gaya hidup sehat atau sedang menjalani diet.

Jika dilihat dari nama dan tampilannya, sekilas minuman ini mungkin tampak seperti jus buah kebanyakan terutama bagi orang awam. Tapi, metode yang digunakan untuk membuatnya ternyata tidak sama dengan jus buah yang biasanya diblender lho.

Pada jus buah biasa, buah akan dihancurkan sehingga tekstur minuman agak kasar. Tapi pada cold-pressed juice, buah akan di press/tekan hingga keluar sarinya sehingga bentuknya benar-benar cair tanpa ampas sama sekali.

Detail resep dari sepuluh daftar minuman hits di atas bisa dengan mudah Anda temukan di internet dan secara keseluruhan cara membuat serta bahan-bahannya termasuk sederhana karena semuanya ada di berbagai mini dan supermarket terdekat.