Mengenal Bubuk Thai Tea, Jenis, Hingga Potensi Bisnisnya

Bagikan artikel ini

Bubuk thai tea adalah salah satu bahan produk minuman kekinian yang beberapa tahun ini sedang naik daun. Selain memiliki cita rasa yang khas, jenis dan inovasinya cukup beragam.

Tak heran produk olahan produk ini bisa jadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan, simak untuk mengenalnya lebih dalam!

Sekilas Tentang Bubuk Thai Tea

Pada dasarnya bubuk thai tea adalah jenis produk setengah jadi berupa serbuk minuman khas dari Negara Thailand dan berasal dari jenis teh hitam Ceylon (Camellia Sinensis) yang pertama kali muncul pada kisaran tahun 1980 an.

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, produk bubuk ini mengalami peminatan yang terus meningkat di Indonesia. Jadi, sudah tidak mengherankan jika Anda pernah dan kerap kali menemukan pengembangan bisnis dari produk satu ini.

Penyajiannya sendiri juga sangat beragam, namun pada dasarnya di Thailand sendiri, produk minuman ini biasanya tersaji dengan campuran gula dan susu. Bahkan sebagian penikmat thai tea di negara asalnya akan menambahkan berbagai rempah khusus untuk meningkatkan manfaat dan kenikmatannya.

Sebagai bagian dari perkembangan produk, minuman dari bubuk thai tea bisa Anda sajikan sebagai sugihan dingin maupun hangat. Bahkan karena perkembangannya sudah cukup pesat di pasaran membuat produk ini bisa Anda temukan dalam berbagai jenis olahan selain minuman.

Jenis-Jenis Thai Tea

Pada dasarnya bubuk thai tea menggunakkan jenis teh ceylon yang merupakan keluarga teh hitam. Namun, dewasa ini semakin banyak inovasi olahan thai tea. Terutama pada berbagai varian minuman yang semakin menambah minat beli para penikmatnya. Berikut adalah jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui:

1. Original Thai Tea

Jenis pertama dari olahan produk ini pastinya adalah original. Karena selain punya rasa yang khas, produk ini memiliki penyajian yang unik, yaitu menggunakan tambahan susu dan gula. Penyajiannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyeduh bubuk dengan air panas saja.

Proses penyeduhan yang teradaptasi dari negara asalnya adalah dengan menyeduh dan mengaduknya. Lalu, tunggu selama kurang lebih 5 menit agar suhu teh menurun.

Setelah itu, Anda perlu mengaduknya kurang lebih hingga 8 menit untuk mengeluarkan rasa dan membuatnya lebih pekat.

2. Chatramue Thai Tea

Selain original thai tea, Thailand juga mempopulerkan jenis lain yaitu chatramue. Bahkan produk ini menjadi salah satu jenis thai tea paling laris di negara asalnya. Karena memiliki rasa yang unik dan sangat berbeda.

Selain rasa, tampilan teh ini juga sangat berbeda dengan original thai tea. Karena warna teh ini sedikit oranye yang menandakan kandungan vitamin C yang tinggi. Walaupun begitu penyebaran jenis Chatramue thai tea di Indonesia, masih kalah dengan rasa original yang menggunakan teh ceylon.[/vc_column_text]

Varian Rasa Olahan Thai Tea

Selain dikonsumsi sebagai minuman segar, Anda juga bisa membuat mix flavour drink yang berasal dari perpaduan bubuk thai tea dengan bubuk minuman lain. Berbagai perpaduan rasa inilah yang belakangan ini menjadi permainan bisnis yang laku di pasaran. Berikut beberapa contoh perpaduan rasa terpopuler yang bisa Anda coba:

1. Taro Thai Tea

Perpaduan pertama yang wajib Anda coba adalah perpaduan thai tea dengan perasa taro. Taro merupakan buah yang hanya tumbuh di Taiwan dan muliah muncul pada tahun 1980-an.

Rasanya yang unik dan khas sangat cocok dipadukan dengan cita rasa thai tea. Sehingga, mampu membuat para penikmatnya tidak bisa berhenti minum. Tak heran, produk ini sering kali divariasikan oleh beberapa brand minuman ternama.

2. Matcha Thai Tea

Siapa yang tak kenal dengan cita rasa teh hijau yang unik dan terkenal memiliki banyak khasiat ini? Selain memiliki rasa yang unik, peminat matcha di Indonesia juga cukup besar. Bahkan perpaduan rasa dari matcha dan teh Thailand ini terasa sangat tepat dan akan menghasilkan cita rasa yang benar-benar unik.

3. Milo Thai Tea

Selanjutnya adalah Milo, yakni salah satu produk susu coklat ternama yang sudah terkenal di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri peminatnya cukup militan. Ketika bubuk thai tea berpadu dengan cita rasa Milo, maka akan menghasilkan produk bercita rasa pekat yang kini menjadi salah satu produk dengan jutaan peminat.

4. Oreo Thai Tea

Selain produk susu seperti Milo, ternyata thai tea bisa Anda padukan dengan produk biskuit ternama seperti Oreo. Bahkan rasa dari perpaduan dua produk ini bisa menimbulkan banyak rasa yang sulit terdeskripsi. Namun, Anda akan merasakan segar dan nikmatnya saat pertama kali mencoba.

Manfaat Olahan Bubuk Thai Tea

Pada dasarnya setiap jenis teh merupakan salah satu olahan herbal yang memiliki khasiat. Tidak terkecuali teh dari Thailand ini, karena olahan teh yang pekat dan hitam menunjukkan kandungan antioksidan yang tinggi. Berikut adalah beberapa manfaat thai tea yang penting untuk Anda ketahui:

  • Kandungan antioksidan dan senyawa aktif dalam bubuk thai tea sangat efektif untuk menangkal radikal bebas.
  • Mengkonsumsi olahan thai tea dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis.
  • Efektif dalam menjaga kondisi kesehatan arteri dan jantung.
  • Produk ini juga mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  • Teh Thailand ini juga terkenal mampu menekan perkembangan bakteri jahat dalam tubuh dan kulit.

Potensi Mengembangkan Bisnis Thai Tea

Minat warga Indonesia dalam olahan produk teh, menjadi alasan utama mengapa mengembangkan bisnis olahan bubuk thai tea sangat berpotensi menghasilkan keuntungan. Belum lagi rasa olahan produk ini juga termasuk cukup mudah diterima lidah warga Indonesia.

Selain itu, warga Indonesia memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi teh dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuat peluang bisnis produk teh ini sangat berkembang pesat. Sehingga dengan poles sedikit saja, bisa jadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Belum lagi tingkat kesadaran penduduk di masa pandemi seperti sekarang ini, membuat produk berkhasiat untuk kesehatan dan metabolisme tubuh semakin diminati. Tak heran bisnis ini jadi incaran banyak pebisnis pemula, untuk mencoba peruntungan dalam jalur bisnis kuliner.

Apalagi jika Anda mendapatkan supplier yang tepat dan terpercaya, seperti Jakarta Powder atau JAPO. Pastinya perkembangan bisnis akan lebih terjamin. Karena supplier yang menjual barang premium dengan harga bersahabat, pastinya akan sangat berpengaruh daripada mencari produk kualitas rendah dengan harga merakyat.

Tertarik Mengembangkan Bisnis Minuman dari Bubuk Thai Tea?

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai pengertian, jenis, varian, manfaat, hingga potensi bisnis minuman dari bubuk thai tea. Bisnis ini memang memiliki potensi yang menggiurkan. Bahkan, jika Anda hitung di daerah sekitar Anda saja, pasti sudah banyak yang menjalankan bisnis dengan menggunakan produk ini.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk membangun bisnis ini, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan secara matang. Seperti memperhitungkan modal, strategi, kompetitor, dan masih banyak lagi. Sehingga peluang kesuksesan bisnis menjadi lebih besar!

[/vc_column][/vc_row]