5 Fakta Thai Tea, Minuman Populer dari Thailand yang Masih Digemari Banyak Orang

Bagikan artikel ini

Thai Tea yang merupakan salah satu varian minuman dari Thailand yang kini telah memiliki banyak penggemar khususnya di wilayah Indonesia. Namun, masih banyak yang tidak tahu tentang fakta thai tea. Padahal ada berbagai macam fakta unik dari pembuatan minuman satu ini.

Di mana awal mula dari munculnya Thai Tea ini berasal dari pedagang China yang menyalurkan Cha Yen Tea. Pada perkembangan berikutnya, Cha Yen Tea menjadi bahan utama dari pembuatan Thai Tea. Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai fakta Thai Tea ini, Anda bisa menyimak ulasan ini.

5 Fakta Thai Tea Belum Banyak Diketahui

Ada banyak fakta thai tea yang belum banyak diketahui oleh penggemar minuman ini. Dari mulai asal usulnya hingga beragam manfaatnya ternyata masih banyak yang belum mengetahui. Berikut ini adalah berbagai macam fakta tentang Thai Tea yang perlu Anda ketahui.

1.   Berasal dari Thailand

Fakta pertama dari teh ini adalah asal mula pembuatannya yang berasal dari negara Thailand. Di mana ada perjalanan sejarah tersendiri hingga minuman ini menjadi banyak dikenal di berbagai negara. Berikut ini adalah perjalanan pembuatan bahan baku Thai Tea.

  • Bahan Baku Cha Yen Tea

Sejarah pertama dari pembuatan Thai Tea ini ada dua versi. Di mana versi pertama adalah berasal dari China yang menggunakan bahan baku Cha Yen Tea. Bahan baku ini bisa sampai ke wilayah Thailand karena adanya saudagar dari China yang membawa ke daerah Thailand.

Hingga kemudian bahan baku tersebut digunakan untuk membuat Thai Tea. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan bahan Cha Yen Tea mengalami pergeseran. Hal ini terjadi karena semakin mahalnya bahan baku Cha Yen Tea.

Sehingga masyarakat mulai berpikir untuk menggunakan bahan baku yang lebih mudah didapatkan dan lebih murah dengan hasil yang sama. Hingga akhirnya muncullah jenis bahan baku lainnya dan hingga saat ini masih banyak digunakan.

  • Bahan Baku Teh Ceylon

Berlanjut dari permasalahan pertama yaitu semakin mahalnya bahan baku Cha Yen Tea. Maka, masyarakat mulai beralih menggunakan teh Ceylon. Di mana asal mula teh ini tumbuh di wilayah Sri Lanka hingga saat ini sudah banyak tumbuh di wilayah Thailand.

Tepatnya di wilayah Bai Miang, Thailand yang membuat masyarakat Thailand tidak kesusahan lagi dalam mendapatkan bahan bakunya. Itulah perjalanan dari asal mula adanya Thai Tea yang saat ini tersebar di berbagai negara.

Untuk saat ini sendiri, ada dua bahan yang digunakan yaitu Cha Yen Tea dan juga teh Ceylon. Semuanya memiliki rasa yang nikmat dengan penggemarnya masing-masing.

2.   Penggunaan Susu Kental Manis

Saat membeli minuman Thai Tea, Anda pasti akan melihat akan ada bahan campuran yang digunakan. Di mana bahan pemanis yang digunakan adalah susu kental manis. Penggunaan kental manis ini juga menjadi fakta thai tea yang belum banyak diketahui orang.

Padahal memang ada maksud tersendiri dari penggunaan bahan kental manis tersebut. Salah satunya adalah semakin nikmatnya rasa minuman yang dibuat. Akan berbeda hasilnya jika minuman Thai Tea yang dibuat menggunakan campuran susu bubuk.

Sehingga para penjual akan lebih memilih untuk menggunakan kental manis daripada bubuk. Selain kental manis, ada beberapa bahan pencampur lainnya yang menjadikan minuman ini semakin manis dan nikmat. Bahan pencampur Thai Tea tersebut antara lain:

  • Gula

Sebagaimana pada campuran minuman lainnya yang menambahkan gula untuk menambah rasa. Maka, Thai Tea yang merupakan salah satu produk minuman juga bisa ditambahkan gula. Untuk porsi penambahan gula menyesuaikan dengan selera atau permintaan dari pelanggan.

  • Krimer

Bahan tambahan lainnya adalah krimer dengan rasa dan aromanya yang khas. Meskipun tidak semua produk menggunakan tambahan krimer, namun tetap banyak penjual minuman Thai Tea yang menggunakan tambahan ini.

Begitu juga dengan Anda yang memiliki rencana untuk membuat usaha minuman ini. Anda bisa melakukan penambahan gula ataupun krimer agar cita rasa Thai Tea yang Anda buat semakin nikmat.

3.   Cita Rasa Kaya akan Rempah

Fakta tentang thai tea berikutnya adalah kandungan bahan yang ada di dalamnya yaitu kaya akan rempah. Penggunaan bahan rempah pada jenis minuman kekinian pasti jarang Anda temukan. Namun tidak dengan Thai Tea yang kaya akan rasa dan juga manfaat ini.

Jenis minuman satu ini memiliki campuran rempah namun tidak akan membuat para penikmatnya menghindar. Justru dengan adanya campuran rempah ini, menjadikan banyak orang semakin tertarik untuk menikmati minuman satu ini.

Beberapa jenis rempah yang digunakan dalam pembuatan Thai Tea di antaranya:

  • Kayu Manis

Bahan rempah yang menjadi pelengkap dalam pembuatan Thai Tea adalah kayu manis. Adanya penambahan kayu manis pada minuman ini, menjadikan rasa minuman semakin unik dan menarik untuk dicicipi. Sehingga sangat tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mencicipinya.

  • Kapulaga

Ada beberapa produk dari Thai Tea yang menggunakan tambahan kapulaga. Adanya kapulaga ini menjadi pelengkap dalam menambah kuatnya rasa pada Thai Tea. Namun, rasa dari kapulaga ini pasti tidak akan terasa pada lidah Anda.

Hanya saja Anda akan merasakan nikmat saat meminumnya. Sehingga sangat tidak salah jika minuman ini banyak dicari dan disenangi berbagai macam kalangan.

  • Adas Manis

Jenis rempah lainnya yang digunakan adalah adas manis atau biasa disebut star anise. Adanya tambahan adas manis ini menjadi pelengkap tambahan rempah pada pembuatan Thai Tea. Di mana dengan adanya penambahan rempah ini menjadikan rasa segar pada Thai Tea.

Sehingga minuman ini sangat cocok untuk dinikmati ketika seseorang merasa kehausan. Selain segar, berbagai macam campuran bahan yang telah disebutkan di atas juga akan membuat orang yang meminumnya merasakan kenikmatan.

4.   Proses Pembuatan

Fakta thai tea berikutnya adalah mengenai proses pembuatannya. Jika biasanya Anda hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit saja dalam pembuatan teh. Maka, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 menit dalam pembuatan Thai Tea.

Proses ini perlu dilakukan mengingat kandungan bahan dalam Thai Tea begitu beragam. Sehingga membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mengeluarkan aroma dari perpaduan bahan yang digunakan.

Perbedaan waktu sekitar 2 sampai 3 menit ini tidak akan terasa, jika dibandingkan dengan cita rasa yang akan disajikan oleh Thai Tea. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang rela antri untuk mendapatkan minuman ini, meskipun proses seduhnya membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

5.   Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebagaimana Anda ketahui bahwa Thai Tea mengandung banyak rempah di dalamnya. Adanya kandungan rempah ini menjadikan ada fakta thai tea yang tidak banyak diketahui.

Fakta tersebut adalah adanya manfaat dari Thai Tea yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh bagi orang yang meminumnya. Sehingga tidak hanya cita rasa saja yang bisa didapatkan, namun manfaat kesehatan juga bisa didapatkan oleh orang yang menikmati minuman ini.

Lima fakta thai tea yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan informasi menarik bagi Anda. Apabila Anda tertarik untuk membuat minuman ini, Anda bisa melakukan pembelian bubuk secara online melalui website supplier bubuk minuman. Ada berbagai macam produk Thai Tea yang bisa Anda dapatkan dan nikmati.