Asal-usul Thai Tea yang Belum Banyak Diketahui!

Bagikan artikel ini

Thai Tea adalah minuman yang saat ini booming dan menjadi salah satu minuman yang paling dicari. Sebagaimana namanya yaitu Thai, maka dapat diketahui bahwa minuman ini berasal dari Thailand. Selain berasal dari negara Thailand ternyata ada asal usul thai tea yang tidak banyak diketahui.

Untuk mengetahui asal usul dari salah satu minuman hits ini, Anda bisa menyimak ulasan kali ini. Akan ada pembahasan lengkap mengenai Thai Tea dan sejarah yang unik dari minuman satu ini. Selengkapnya, simak ulasan sejarah Thai Tea berikut ini.

Bagaimana Asal Usul Thai Tea?

Thai Tea mulai dikenal oleh masyarakat Thailand sejak tahun 1980-an. Asal usul thai tea sendiri pertama kali dikenalkan oleh saudagar China yang menyalurkan Cha Yen Tea ke Thailand. Dari bahan dasar Cha Yen Tea inilah Thai Tea dibuat dan menjadi ciri khas dari Thailand.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, bahan baku Thai Tea sudah berganti menjadi seduhan teh Ceylon. Hal ini terjadi karena semakin mahalnya harga Cha Yen Tea. Sedangkan harga teh Ceylon lebih murah dan mudah didapatkan.

Bahan baku teh Ceylon sendiri juga tidak didapatkan di wilayah Thailand sendiri. Melainkan, ada daerah lain yang memasok teh ini yaitu dari negara Sri Lanka. Di mana warna teh ini lebih cenderung ke warna hitam dengan aroma yang pekat.

Bahan Pembuatan Thai Tea

Sebagaimana penjelasan di atas, bahwa ada kriteria tersendiri dalam pemilihan jenis bahan baku. Di mana jenis teh yang digunakan ada dua yaitu Cha Yen Tea dan Ceylon. Dari kedua bahan baku tersebut memiliki karakteristik tersendiri dan tidak boleh digantikan dengan bahan baku lainnya.

Selain bahan baku tersebut, tentu ada bahan baku lainnya yang akan menjadi pelengkap dalam pembuatan Thai Tea. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan baku yang digunakan dalam pembuatan Thai Tea.

1.   Rempah Asam dan Anise

Bahan lain yang digunakan dalam proses pembuatan Thai Tea adalah rempah asam dan anise. Adanya penambahan bahan ini akan menjadikan cita rasa yang kaya pada minuman Thai Tea. Selain itu, adanya bahan ini juga menjadikan daya tarik tersendiri pada minuman Thai Tea.

2.   Pewarna Makanan Khas Thailand

Pelengkap bahan lainnya adalah pewarna makanan khas Thailand. Warna pewarna makanan ini adalah oranye yang nantinya akan menjadikan warna yang khas pada Thai Tea. Adanya pewarna ini menjadikan tampilan Thai Tea sangat menarik bagi siapa saja yang akan menikmatinya.

Sehingga tidak salah jika selanjutnya minuman ini banyak dikenal berbagai kalangan di berbagai negara. Namun, meskipun telah dikenal di berbagai penjuru dunia tidak menjadikan asal usul thai tea hilang begitu saja. Hal ini terjadi karena nama dari teh ini menyematkan nama daerah asalnya.

3.   Susu Kental Manis

Jenis minuman apapun akan lebih nikmat jika ditambahkan dengan campuran kental manis. Begitu juga dengan minuman Thai Tea akan semakin nikmat jika ditambahkan dengan kental manis.

Aroma dan rasa dari perpaduan teh Thailand dengan kental manis akan semakin menyatu dan menambah cita rasa. Selain itu, adanya penambahan kental manis ini juga menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi orang yang tidak terlalu suka dengan aroma teh yang pekat.

Sehingga, dengan adanya penambahan kental manis ini akan menjadikan siapa saja bisa menikmatinya. Tinggal disesuaikan saja perbandingan penggunaan bahan baku dari pembuatan Thai Tea. Tentunya disesuaikan juga dengan selera pelanggan yang memesan minuman tersebut.

4.   Gula

Pembuatan berbagai jenis minuman tidak akan terasa lengkap tanpa adanya penambahan gula. Begitu juga dengan minuman Thai Tea ini. Ada penambahan gula untuk memberikan rasa yang pas pada minuman yang akan dikonsumsi.

Untuk kadar gula yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, Anda bisa menyajikannya untuk siapa saja termasuk kepada orang yang mengurangi konsumsi gula.

5.   Evaporated Milk

Tambahan bahan selanjutnya adalah susu evaporasi yang akan digunakan sebagai pelengkap. Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis susu evaporasi yang Anda inginkan. Pastikan campuran dari susu tersebut bisa menjadikan minuman yang Anda buat menjadi lebih nikmat.

Bahan pembuatan Thai Tea yang telah disebutkan di atas adalah bahan yang biasa digunakan para peracik Thai Tea. Anda bisa mengkreasikan Thai Tea versi Anda jika ingin membuat produk original dan menjadi ciri khas dari produk Anda. Namun paling tidak Anda tetap tahu asal usul thai tea bubuk.

Apa Manfaat Minuman Thai Tea?

Setelah mengetahui asal usul thai tea enak, Anda juga perlu mengetahui berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi produk tersebut. Bisa dikatakan produk minuman Thai Tea ini bukan sembarang minuman yang tidak memiliki manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan bagi siapa saja yang mengkonsumsi minuman ini.

1.   Cegah Penyakit Kronis

Thai Tea merupakan teh hitam yang memiliki banyak manfaat karena kandungan antioksidannya. Jenis antioksidan yang terkandung dalam teh hitam ini adalah polifenol yang terdiri dari theaflavin, katekin, epikatekin, myricetin, kaempferol dan thearubigins.

Berdasarkan hasil sebuah penilitian, sebagaimana dilansir dari kompas.com telah dijelaskan bahwa katekin memiliki antikarsinogenik. Adanya sifat ini akan membantu tubuh dalam mengurangi risiko berbagai macam penyakit termasuk kanker.

Berbagai macam jenis kanker yang akan terhindari di antaranya; kanker usus kecil, kanker pankreas, hati, usus besar, kandung kemih, kerongkongan, prostat, kulit, kelenjar susu, dan paru-paru. Itulah berbagai macam penyakit kronis yang bisa dicegah saat mengkonsumsi Thai Tea.

2.   Tingkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat yang bisa didapatkan berikutnya adalah bisa meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan antioksidan pada Thai Tea juga akan membantu jantung dalam mengalirkan darah.

Sehingga, kesehatan jantung akan lebih terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyebab penyakit jantung lainnya. Selain itu, saat Anda mengkonsumsi minuman Thai Tea ini juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Adanya kolesterol baik ini tentu akan sangat menguntungkan bagi tubuh. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi dalam mengkonsumsi minuman ini.

3.   Tingkatkan Stamina

Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah bisa meningkatkan stamina dalam tubuh. Sebagaimana jenis teh pada umumnya, teh hitam ini juga mengandung kafein. Di mana fungsi dari kafein ini adalah untuk meningkatkan stamina dalam tubuh.

Sehingga, bagi siapa saja yang mengkonsumsi minuman ini juga mendapatkan manfaat peningkatan stamina tubuh ini. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan konsentrasi saat mengkonsumsi minuman ini.

4.   Turunkan Berat Badan

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari livestrong.com, telah dijelaskan bahwa adanya kandungan kombinasi antara antioksidan dan kafein bisa membantu turunkan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena meningkatnya proses metabolisme dalam tubuh.

Sehingga tubuh akan lebih mudah dalam melakukan pembakaran lemak. Apalagi jika diiringi dengan latihan fisik yang dilakukan secara teratur.

5.   Cegah Tumbuhnya Bakteri

Adanya kandungan fenolik dan tanin pada teh hitam, akan membantu dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Di mana proses penghambatan ini akan sangat berguna dalam tubuh. Terutama jika bakteri tersebut merupakan bakteri yang sangat merugikan bagi tubuh.

Tidak banyak yang tahu mengenai asal usul thai tea dan berakibat pada ketidaktahuan manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsinya. Sekarang Anda telah mengetahui asal usul dan manfaatnya. Jika Anda ingin menikmatinya, Anda bisa membelinya di supplier minuman bubuk