Bagikan artikel ini
Kemasan merupakan suatu komponen yang sangat penting, terutama dalam aspek distribusi dan pemasaran suatu produk, tidak terkecuali pada kemasan minuman kekinian. Saat ini, kemasan minuman tersebut tidak hanya sebatas gelas saja, melainkan terdapat banyak jenis.
Sebenarnya, apa sih definisi dari kemasan? Serta, apa saja fungsi dan jenis-jenis kemasan? Kebetulan sekali, artikel ini akan membahas hal-hal tersebut hingga tuntas. Jadi, baca baik-baik, ya!
Daftar isi
Definisi Kemasan
Secara umum, kemasan minuman kekinian merupakan sebuah wadah atau media yang digunakan untuk membungkus atau menyimpan minuman supaya lebih higienis, tahan lama, dan tidak berserakan ke tempat yang tidak diinginkan.
Terdapat juga pengertian atau definisi kemasan dari berbagai sumber dan ahli, yakni:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Kemasan produk yaitu suatu bungkus pelindung yang terdapat pada suatu produk (barang) yang merupakan hasil dari aktivitas pengemasan.
Menurut D. Rodriguez
D. Rodriguez mengemukakan bahwa kemasan adalah wadah atau tempat yang mampu mengubah kondisi dari bahan pangan dengan tambahan senyawa aktif, sehingga mampu membuat umur produk menjadi lebih lama.
Menurut Gary Amstrong dan Philip Kotler
Menurut pendapat Amstrong dan Kotler, kemasan merupakan kegiatan yang meliputi desain dan produk. Maka dari itu, kemasan mampu melindungi produk yang ada di dalamnya dan dapat berfungsi dengan baik.
Saat ini, banyak dijumpai beraneka ragam jenis kemasan untuk minuman, mulai dari gelas plastik, gelas kertas, standing pouch, botol kotak, dan masih banyak lagi. Namun, yang sedang menjadi trend saat ini adalah minuman yang ramah lingkungan, seperti gelas kertas.
Untuk penjelasan lebih lanjut terkait jenis kemasan, silakan baca bagian berikut ini ya.
Jenis-jenis Kemasan
A. Berdasarkan struktur isi
- Kemasan primer
Kemasan primer merupakan kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk dan harus bersifat tidak beracun supaya tidak mengontaminasi produk.
- Kemasan sekunder
Kemasan sekunder ialah kemasan yang berfungsi sebagai wadah kemasan primer.
- Kemasan tersier
Kemasan tersier yaitu kemasan yang berfungsi melindungi kemasan sekunder hingga isi produk pada saat proses distribusi, terutama pada jarak jauh. Contoh dari kemasan tersier adalah kardus karton.
B. Berdasarkan bahannya
- Bahan plastik
Plastik menjadi bahan yang paling banyak digunakan untuk kemasan minuman kekinian. Pasalnya, penggunaan bahan plastik dianggap lebih mudah dan harganya cukup terjangkau. Hal itulah yang membuat banyak perusahaan yang menggunakan kemasan bahan plastik.
Walaupun begitu, Anda harus mempertimbangkan keamanan plastik yang digunakan, agar tidak mengganggu kesehatan.
Plastik untuk kemasan digolongkan menjadi beberapa kelompok, yaitu LDPE, HDPE, PET, Polypropylene (PP).
- Bahan styrofoam
Styrofoam bersifat ringan dan berbentuk simpel, sehingga membuat kemasan minuman terlihat praktis. Sayangnya, bahan ini kurang baik untuk kemasan karena mengandung zat kimia seperti styrene dan benzene, yang diyakini mampu menyebabkan penyakit kanker.
- Bahan kaca
Kemasan bahan kaca merupakan kemasan yang paling aman bagi tubuh, sebab proses pengemasannya sangat higienis. Bahan kaca banyak dijumpai untuk mengemas sparkling water, susu, atau sirup.
Sayangnya, harga dari botol kaca cenderung mahal dan sifatnya mudah pecah.
- Bahan kaleng
Kemasan kaleng banyak digunakan untuk mengemas minuman energi, minuman penyegar, atau minuman dingin. Untuk tujuan keamanan tubuh, kemasan bahan kaleng biasanya dilapisi oleh bahan anti karat seperti aluminium atau timah putih.
Kemasan kaleng biasanya banyak dijumpai pada industri minuman skala besar, karena pengemasannya memerlukan alat yang canggih.
Tujuan Adanya Kemasan
1. Barrier Protection
Maksud dari barrier protection adalah kemasan mampu menjadi pelindung produk dari masuknya debu, oksigen, uap air, dan kotoran lain, supaya hal-hal tersebut tidak merusak isi produk.
B. Physical Protection
Tujuan kemasan yang kedua adalah melindungi dari gangguan-gangguan fisik, seperti getaran, tekanan, guncangan, suhu, dan lain sebagainya.
C. Information Transmission
Kemasan mampu menjadi media informasi seputar cara menggunakan produk, cara mendaur ulang kemasan itu sendiri, dan tempat pembuangan kemasan yang tepat.
Hal itu tentunya sangat bermanfaat karena sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat secara tidak langsung.
D. Containment or Agglomeration
Maksudnya adalah kemasan membantu pengelompokkan saat proses distribusi.
E. Marketing
Tujuan dari kemasan yang tidak kalah penting yakni sebagai media pemasaran.
F. Reducing Theft
Seperti artinya, reducing theft adalah mencegah terjadinya pencurian produk.
G. Convenience
Kemasan mampu menambah penanganan dan kenyamanan saat distribusi, membuka dan menutup kembali, penanganan.
Kriteria Kemasan yang Baik
Agar memenuhi seluruh tujuan kemasan, maka terdapat syarat atau kriteria yang harus dipenuhi oleh kemasan minuman yang layak.
- Desain yang dimiliki kemasan minuman kekinian dapat menjadi daya tarik bagi konsumen
- Mempunyai daya kemas yang baik
- Mampu mengamankan isi produk
- Mempunyai bentuk, ukuran, dan bobot yang sesuai standar
- Mengandung informasi dan pengenalan produk
- Memiliki persyaratan ekonomi
Fungsi Kemasan Minuman Kekinian
1. Untuk Melindungi Produk
Kemasan yang baik harus dapat melindungi produk minuman yang terdapat di dalamnya supaya produk terlindungi dari bahan kimia berbahaya, bakteri gangguan fisik, kotoran, dan hal-hal lain yang dapat merusak produk
Apalagi, minuman merupakan produk yang rentan terkena kontaminasi. Oleh karena itu, kemasan minuman harus dibuat dengan baik dan serapat mungkin akan tidak dimasuki bahan-bahan berbahaya.
2. Untuk Identitas Produk
Kemasan juga berfungsi sebagai identitas produk yang ada di dalamnya. Misalnya, kemasan minuman kekinian yang bernama Jakarta Powder harus menuliskan mereknya pada kemasan. Hal tersebut menjelaskan bahwa bubuk minuman yang ada didalamnya adalah merk Jakarta Powder.
Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai pembeda atau ciri khas suatu produk yang dapat membedakan dengan produk-produk lainnya.
3. Untuk Menarik Konsumen
Faktanya, kemasan juga dapat menjadi media promosi yang murah dan efektif, lho. Hal itu dikarenakan kemasan menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen.
Anda bisa membuat desain yang unik pada bisnis kemasan minuman kekinian milik Anda. Dengan begitu, Anda mampu menarik konsumen lebih banyak lagi. Apalagi, jika terdapat konsumen yang mengunggah foto kemasan ke media sosial.
Hal tersebut dapat menjadi semacam promosi gratis bagi produk Anda, karena akan memperkenalkan produk lebih luas lagi.
4. Bentuk Komunikasi Terhadap Konsumen
Kemasan juga bisa menjadi media komunikasi tidak langsung atau komunikasi satu arah kepada konsumen. Oleh sebab itu, kemasan harus bersifat informatif, seperti mencantumkan masa kedaluarsa, manfaat minuman, cara menyajikan, komposisi, dan lain-lain.
Hal-hal itulah yang akan menambah pemahaman konsumen terkait produk.
Cara Membuat Kemasan yang Unik
- Buat desain kemasan yang menarik dan eye catching.
- Buat desain yang sesuai dengan target marketing.
- Gunakan warna yang cerah.
- Cantumkan informasi penting produk.
- Buat kemasan dalam beberapa ukuran.
- Beri gambar yang menarik.
Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemasan minuman kekinian adalah komponen penting dalam suatu produk yang dapat berfungsi sebagai pelindung produk, identitas produk, menarik konsumen, dan media komunikasi dengan konsumen.