usaha es coklat

Peluang Usaha Es Coklat, Cocok Buat Pemula!

Bagikan artikel ini

Jika Anda sedang mencari penghasilan tambahan, usaha es coklat bisa menjadi pilihan tepat. Kombinasi yang lezat antara es dingin dan cita rasa manis coklat bisa menjadi daya tarik yang menarik bagi pelanggan.

Selain itu, dengan sedikit kreativitas, kamu dapat menghadirkan berbagai variasi es coklat yang menarik, seperti es coklat dengan topping, es coklat dengan boba, atau bahkan es coklat dalam bentuk unik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas peluang usaha es coklat dan memberikan tips untuk memulai bisnis ini sebagai pemula.

Peluang Usaha Es Coklat

Peluang masih terbuka lebar sebab coklat banyak penggemarnya. Coklat dapat pula dijadikan banyak kreasi menu minuman es sehingga semakin menarik konsumen.

Usaha minuman dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula. Menu minuman dapat meracik sendiri sesuai keinginan. Apabila ingin lebih praktis, dapat mencari agen bubuk minuman terpercaya dengan rasa coklat alami.

Ada pula franchise es coklat yang dapat menjadi pilihan agar pelaku usaha tidak bingung bagaimana menentukan tema dan lain sebagainya. Semua adalah pilihan pengusaha tergantung situasi dan kondisi dana sebagai modal usaha.

Setiap penjualan membutuhkan segmen khusus agar jelas pangsa pasarnya. Coklat pangsa pasarnya luas sebab kawula muda, anak-anak hingga tua hampir semua suka. Hanya saja, harus pandai mengkreasikan minuman sehingga semakin menarik konsumen.

Bahan Baku Usaha Es Coklat

Sebagai pemula, memulai usaha es coklat tidak sesulit yang dibayangkan. Bahan bakunya cukup mudah dan murah sehingga menyiapkannya tidak membutuhkan waktu lama.

Bahan baku utama dengan menyiapkan coklat bubuk berkualitas dengan rasa lezat, meses, gula, creamer, susu bubuk, es krim dan es batu. Selain itu bisa menambahkan bahan lain untuk kreasi minuman sesuai yang akan dijual ke konsumen.

Mencari bahan baku andalan sekarang sangat mudah bisa secara online melalui distributor bubuk minuman terpercaya.

Peralatan Usaha Bisnis Coklat

Setelah bahan baku utama, peralatan usaha perlu mendapat perhatian khusus. Apabila usaha secara waralaba, biasanya pihak waralaba sudah menyiapkan berupa gerobak, booth dan lain sebagainya.

Akan tetapi tetap harus menyiapkan hal lainya apalagi jika benar-benar usaha sendiri bagi pemula. Alat usaha seperti kompor, panci, mesin blender, pengaduk minuman, mesin penyegel coklat, skop es krim, wadah, nampan dan printilan lain.

Adapun resep es coklat untuk jualan bisa meramu sendiri atau gugling. Semua harus siap supaya tidak bingung saat menghadapi konsumen.

Lokasi Strategis Untuk Berjualan Es Coklat

Berjualan apapun membutuhkan lokasi strategis termasuk es coklat. Pilihan lokasi terbaik dan tepat bisanya pada jalur utama yang ramai. Jika di rumah dianggap strategis, tidak perlu menyewa tempat dan bisa berjualan di teras rumah.

Apabila kurang strategis, dapat mencari alternatif terdekat dengan pasar, depan sekolah, kantor, pinggir jalan taman kota dan yang lainnya. Tentunya membutuhkan tambahan modal usaha es coklat roti berupa biaya sewa jika memilih tempat bukan milik pribadi.

Pemasaran Usaha Es Coklat

Pemasaran terbaik melalui media sosial dan website resmi. Media sosial yang paling bagus untuk promosi alah Instagram, Facebook, Twitter hingga platform TikTok. Pembuatan konten yang bagus akan meraup lebih banyak konsumen.

Selain itu, memaksimalkan website dengan testimoni positif agar orang percaya bahwa minuman benar-benar lezat.

Analisa Usaha dan Modal Awal Usaha Es Coklat

Analisa usaha es coklat mencakup bahan baku dan alat yang digunakan untuk berjualan. Secara umum, modal untuk alat dan bahan sekitar 5 juta rupiah. Sedangkan untuk harga es coklat sendiri berkisar 5 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah per gelas.

Ada pula harga yang lebih mahal di atas 10 ribu dengan tambahan topping yang tentunya menambah keuntungan usaha. Misalkan saja dalam sehari mampu menjual 50 gelas dalam sehari dengan harga 5 ribu rupiah maka total keuntungan kotor dalam sebulan 7,5 juta.

Maka keuntungan yang didapat adalah 2,5 juta dari modal awal 5 juta. Dengan promosi maksimal penjualan dapat meningkat dan profit dapat lebih optimal.

Semua informasi sebagai peluang bagi pebisnis pemula di atas tetap harus didukung dengan bahan baku terbaik dan berkualitas. Maka jangan sembarangan memilih coklat bubuk sebagai bahan baku minumannya.

Tips Memilih Coklat Bubuk Terbaik Untuk Usaha Es Coklat

Buat pemula yang ingin memulai usaha es coklat, sangat penting memilih coklat bubuk terbaik dan berkualitas.

Coklat berkualitas akan memberi manfaat bagus bagi tubuh seperti meningkatkan mood, mengontrol kadar gula darah dan meminimalisir pertumbuhan sel kanker. Selain itu, coklat menjaga kesehatan pembuluh darah jantung serta sebagai pengendali nafsu makan terbaik.

Agar tidak salah pilih, berikut tips untuk memilih coklat bubuk terbaik untuk usaha minuman.

1. Cek Jumlah Kandungan Susu

Ada sebagian orang alergi laktosa maka ada baiknya sebelum membeli coklat memastikan kandungan susu di dalamnya. Dengan mengecek kandungan maka berjualan akan lebih aman khususnya untuk konsumen yang memiliki riwayat alergi laktosa.

2. Cek Bahwa Coklat Bukan Perisa tetapi Benar-Benar Coklat

Rasa coklat bisa berupa perisa atau kakao asli maka perlu mengecek pada komposisi produk tersebut. Kandungan bubuk benar-benar kakao asli atau hanya perisa buatan. Sebab, kakao asli rasanya super lezat dan tentu beda dengan yang ‘hanya’ perisa coklat.

3. Cek Penggunaan Coklat

Pada bubuk coklat yang dijual ada yang khusus untuk makanan atau minuman bahkan dua-duanya. Jangan sampai keliru memilih sebab yang akan dijual adalah minuman. Pastikan bahwa produk benar-benar memang disediakan untuk pembuatan minuman.

4. Kandungan Gula Cukup

Anak usia 7 hingga 12 tahun perlu mengkonsumsi gula sekitar 4 hingga 8 sendok teh setiap harinya. Saat meramu es coklat tidak kurang dan tidak berlebihan agar lebih enak.

5. Merk Berkualitas Terbaik

Agar lebih aman dan sehat lebih baik memilih coklat dengan merk kualitas terbaik. Pilih tempat jual bubuk minuman coklat dengan kualitas paripurna. Biasanya kandungan kakao asli sebanyak 70 hingga 85% sehingga rasa coklatnya berkualitas dan aman dikonsumsi.

6. Mampu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Nutrisi tubuh penting untuk beraktivitas dan berbagai hal lain. Sebaiknya memilih coklat yang mampu memenuhi nutrisi tubuh supaya memberi manfaat positif bagi tubuh.
Dengan mengetahui bagaimana memilih coklat bubuk terbaik hasil racikan minuman coklat akan maksimal dengan rasa lezat sempurna.

Tertarik Memulai Usaha Es Coklat?

Peluang usaha es coklat khusus pemula masih terbuka lebar. Modal tidak begitu besar yang penting menggunakan bubuk coklat terbaik dan berkualitas agar rasa minuman spesial sehingga banyak menarik minat konsumen.