minuman instan

Strategi Pemasaran Usaha Bubuk Minuman Instan Paling Ampuh

Bagikan artikel ini

Usaha jualan minuman instan memang menjadi jenis usaha yang sangat menjanjikan di Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai minuman segar dan manis.

Namun karena peminatnya yang banyak, usaha bubuk minuman tentu saja memiliki persaingan yang sangat ketat.

Anda harus mencari tahu strategi terbaik agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Artikel ini adalah tempat yang tepat untuk Anda karena kita akan membahas lengkap mengenai usaha bubuk minuman premium. Baca penjelasan dibawah hingga selesai.

Peluang Usaha Bubuk Minuman Instan yang Menjanjikan

Bubuk minuman merupakan produk yang umumnya menggunakan kemasan sachet atau lebih besar. Hadirnya bubuk minuman instan sangat membantu untuk mendapatkan minuman favorit dengan cepat dan praktis. Selain itu, jenis olahan minuman ini juga memiliki keunggulan lain, seperti:

1. Tinggal Seduh

Keunggulan bubuk minuman yang utama adalah kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakannya. Anda hanya perlu menyeduh saja, tanpa berlama-lama membuat minuman.

Sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak waktu serta tenaga.

2. Bisa Dibawa ke Mana Saja

Kemasan bubuk minuman umumnya berbentuk sachet atau menggunakan kemasan alumunium foil. Anda bisa membawanya ke mana saja dengan mudah, termasuk ketika jalan-jalan, pulang kampung, dan lain sebagainya.

3. Variasi Sangat Beragam

Bubuk minuman instan menawarkan varian yang sangat beragam. Semua selera masyarakat Indonesia bisa terpenuhi. Biasanya, variasi rasa yang ada di pasaran yaitu teh, kopi, rasa buah, coklat, dan masih banyak yang lainnya.

4. Harga Terjangkau

Keunggulan yang terakhir yaitu harganya yang relatif terjangkau jika dibandingkan minuman siap saji. Pasalnya, minuman siap saji membutuhkan effort lebih besar untuk membuatnya sehingga wajar jika harganya lebih mahal. Bukan hanya itu, bubuk minuman juga lebih tahan lama.

Ide Usaha Bubuk Minuman Instan

Ada banyak sekali ide usaha bubuk minuman instan yang bisa Anda coba. Jangan terburu-buru membuat semua produk. Pilih produk sesuai dengan preferensi usaha Anda. Berikut ini beberapa ide usahanya:

A. Bubuk Teh

Variasi pertama yang bisa Anda coba adalah bubuk teh. Bubuk teh instan terbuat dari teh kering. Ada banyak macam bubuk teh instan seperti teh hijau atau matcha tea, teh hitam, teh rasa buah, dan teh herbal.

B. Bubuk Kopi

Bagi masyarakat Indonesia, kopi merupakan salah satu minuman favorit. Usaha bubuk kopi instan sebenarnya sudah banyak, namun Anda bisa membuat kopi yang berbeda. Contohnya yaitu kopi dengan tambahan rasa seperti palm sugar.

C. Bubuk Sari Buah

Bubuk sari buah termasuk minuman instan yang paling laku di pasaran. Anda bisa mencoba berbagai rasa buah favorit masyarakat Indonesia seperti mangga, stroberi, melon, jeruk, dan lain-lain.

D. Bubuk Coklat

Minuman berbentuk instan satu ini terbuat dari coklat bubuk yang dikeringkan. Biasanya, pembeli membuat minuman coklat panas dengan bubuk coklat.

Selain itu, ada juga yang menambahkannya pada minuman lain seperti kopi agar lebih lezat.

E. Bubuk Minuman Sehat

Ide bubuk minuman terakhir adalah bubuk minuman sehat. Sesuai namanya, bubuk ini merupakan minuman sehat seperti minuman jahe, beras kencur, kunir asam, dan lain sebagainya.

Strategi Usaha Bubuk Minuman Instan

Salah satu hal terpenting dalam usaha distributor bubuk minuman adalah membangun strategi yang tepat. Jika salah strategi, maka Anda berpeluang kalah melawan banyak kompetitor.

Berikut ini merupakan strategi usaha bubuk minuman instan yang bisa Anda coba:

1. Kemasan Produk Harus Eye-Catching

Sebagian besar pembeli melihat visual produk terlebih dahulu ketika akan membeli. Oleh sebab itu, Anda wajib membuat kemasan produk yang eye-catching atau menarik perhatian banyak orang.

Meskipun begitu, Anda harus menyesuaikan kemasan produk dengan target pasar. Contohnya, jika target pasar Anda anak muda, maka buat kemasan berwarna cerah atau pastel.

Jangan buat kemasan dengan desain yang terlalu berlebihan karena bisa saja pembeli kesulitan untuk memahami informasi di kemasan. Kemasan yang menarik dan informatif juga mampu meningkatkan brand awareness usaha Anda.

Selain itu, jangan lupa memperhatikan material kemasannya. Pastikan materialnya berkualitas dan kuat agar isi minuman instan di dalamnya tetap aman. Sehingga, pembeli akan lebih percaya terhadap produk Anda.

2. Konten Produk yang Menarik dan Bermanfaat

Pemasaran atau marketing merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bisnis. Saat ini, pemasaran konten menghasilkan leads yang baik untuk sebuah bisnis.

Namun, usahakan konten yang Anda buat di media sosial atau website adalah konten menarik dan bermanfaat. Pasalnya, konten tersebut mampu meningkatkan traffic maupun engagement usaha Anda.

Selain itu, konten yang mampu menarik dan menghipnotis audiens juga sangat ampuh dalam menghasilkan pelanggan. Jenis konten yang paling diminati oleh audiens saat ini adalah konten berdasarkan tren agar cepat viral.

3. Tampilkan Review dan Testimoni

Bagi konsumen, review dan testimoni dari sebuah produk merupakan hal yang sangat penting. Melalui review dan testimoni, konsumen bisa mengetahui kualitas produk.

Tampilkan review dan testimoni bubuk minuman instan dari pelanggan melalui akun media sosial. Namun, usahakan menampilkan review jujur agar konsumen percaya.

4. Buat Program Promosi atau Penawaran Khusus

Strategi terakhir yang bisa Anda terapkan adalah membuat program promosi atau penawaran khusus. Rencanakan beberapa macam program penawaran khusus, misalnya potongan harga, cashback, promo beli 1 gratis 1, giveaway, dan lain sebagainya.

Semua orang suka dengan promo, jadi strategi ini tidak akan pernah gagal. Namun, perhitungkan setiap promo yang akan diberikan untuk pelanggan agar tidak merugi.

Sudah Siap Mengelola Bisnis dengan Bubuk Minuman Instan?

Nah, itulah pembahasan mengenai strategi usaha bubuk minuman instan yang bisa Anda coba. Pastikan Anda melakukan perencanaan dengan baik agar usaha yang Anda jalankan berhasil. Strategi yang tepat membantu bisnis Anda berjalan lebih lancar.

Ingin usaha lebih mudah dan praktis? Anda bisa mencari supplier yang jual bubuk minuman berkualitas seperti JAPO (Jakarta Powder). JAPO adalah brand bubuk minuman dengan kualitas premium. JAPO diproduksi menggunakan bahan baku bermutu tinggi dan diproses secara higienis oleh tenaga produksi profesional, sehingga menghasilkan bubuk minuman (powder drink) yang berkualitas.

JAPO berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi dalam menciptakan varian rasa yang sesuai dengan selera pasar. Beberapa varian rasa JAPO yang dicintai masyarakat yaitu cappucino (kopi), coklat, teh (thai tea, matcha green tea), milkshake, buah-buahan, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? hubungi kontak JAPO sekarang!