iced chocolate kekinian

7 Alasan Kenapa Bisnis Minuman Kekinian Lebih Menggiurkan

Bagikan artikel ini

Bidang usaha food and beverage memiliki segudang ide unik yang bisa Anda lakoni, termasuk dalam berjualan minuman. Tidak sekadar jual bubuk minuman saja, melainkan juga menjalankan bisnis minuman kekinian. Ingin tahu kenapa dari usaha minuman modern sangat menggiurkan?

7 Alasan Bisnis Minuman Kekinian Menggiurkan

Usaha franchise minuman bergaya modern, mempunyai sejumlah aspek yang membuatnya menarik di mata pebisnis. Apabila Anda ingin membuka usaha yang berfokus kepada minuman kekinian, Anda juga harus tahu apa yang membuat bisnis tersebut sangat menguntungkan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Pangsa Pasarnya Sangat Luas

Aspek utama yang membuat Anda mudah menjalankan bisnis minuman kekinian adalah pangsa pasarnya. Apakah Anda tahu jika minuman franchise modern banyak masyarakat cari? Peminat produk ini memang sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga pegawai kantor semuanya menyukai minuman kekinian.

Bagi Anda yang membuka usaha minuman ini di sekitar perumahan, produk jualan Anda dijamin selalu laku. Usaha Anda bisa jadi lebih laris lagi jika Anda berjualan di sekitar sekolahan. Semakin terkenal brand minuman yang Anda jual, semakin banyak pula pembeli yang akan datang.

Bagi Anda yang tahu cara memasarkan barang jualan melalui bantuan media sosial, maka jangkauan bisnis Anda bisa lebih luas lagi. Promosi tersebut bisa berupa poster minuman yang Anda sebarkan di aplikasi WhatsApp atau berbentuk iklan video di aplikasi YouTube.

2. Bisa Anda Kelola Sendiri

Selanjutnya, bisnis minuman berupa gerai jualan dapat Anda kelola sendiri tanpa kesulitan berarti. Biasanya, orang-orang beranggapan jika memiliki usaha dalam bidang kuliner itu membutuhkan bantuan asisten. Kenyataannya, usaha minuman modern bisa Anda kelola sendiri tanpa bantuan orang lain.

Anda memang harus mematuhi apapun ketentuan yang perusahaan pemilik brand minuman tetapkan. Namun, hal-hal seperti penentuan lokasi usaha, kreasi resep jualan, maupun pemasaran produk ada di tangan Anda. Sehingga, dapat memudahkan Anda ketika ingin mengambil keputusan untuk kepentingan bisnis.

3. Modal Usaha yang Tergolong Kecil

Seringkali orang menganggap bahwa, modal usaha merupakan penghambat utama dalam membangun bisnis minuman kekinian. Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah. Karena jika ingin memulai bisnis minuman, Anda membutuhkan modal untuk beberapa hal.

Contohnya, bahan baku dari agen bubuk minuman dan berbagai peralatan yang menunjang. Namun, usaha minuman ini sebenarnya dapat Anda mulai dengan biaya awal yang cenderung kecil. Apalagi untuk Anda yang berbisnis secara mandiri. Modal awal untuk membuka usahanya kurang lebih hanya sekitar Rp3.000.000,00.

Tentunya, penggunaan modal tersebut adalah dengan perhitungan khusus. Misalnya, Anda ingin memulai jualan produk minuman Thai Tea di depan sebuah mini market. Maka, contoh perkiraan modal yang wajib Anda sediakan untuk mulai berjualan adalah sebagai berikut:

  • Gerai jualan : Rp1.350.000,00
  • Blender : Rp280.000,00
  • Ice box : Rp125.000,00
  • Gelas dan sedotan : Rp500.000,00
  • Bahan baku minuman : Rp1.250.000,00
  • Air galon : Rp150.000,00
  • Kompor gas : Rp220.000,00
  • Termos air : Rp40.000,00
  • Peralatan lain-lain : Rp500.000,00 (tergantung kebutuhan)

Note: nilai diatas hanya sebuah anggaran, sesuaikan lagi dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan.

4. Resep Minuman Sangat Bervariasi

Kebanyakan orang yang membuka usaha minuman cenderung menjual produk yang itu-itu saja. Lain halnya dengan bisnis minuman kekinian, karena dapat memberi kesempatan bagi penjual untuk berkreasi dengan resep. Inilah kesempatan yang harus Anda ambil untuk meningkatkan keuntungan.

Misalnya, Anda berjualan produk Boba Tea. Maka, minuman jualan Anda tidak hanya rasa coklat saja. Ada banyak sekalian variasi rasa yang dapat Anda racik, seperti rasa mocca, stroberi, vanilla, dan teh hijau. Adapun topping minuman Boba Tea yang bisa digunakan adalah meses, es krim, atau parutan keju.

Namun, sebelum Anda bisa mulai menciptakan kreasi resep pada minuman modern, ketahui dulu rasa dan topping apa yang konsumen sukai. Karena tidak semua konsumen menyukai rasa minuman yang sama. Jadi, pastikan supaya produk jualan Anda bisa memenuhi segala permintaan konsumen.[/vc_column_text]

5. Cepat Menghasilkan Keuntungan

Keuntungan dari usaha minuman kekinian yang kelima yaitu Anda bisa mendapatkan penghasilan perbulan yang cukup. Jika Anda bandingkan dengan produk-produk minuman lain, minuman bergaya modern seperti Boba Tea, Thai Tea, dan Chatime banyak digandrungi kaum muda-mudi.

Beberapa hal yang membuat produk ini amat terkenal di kalangan warga umum yaitu rasanya yang bervariasi serta merek yang menarik perhatian. Belum lagi harga yang cukup bersaing di pasar-pasar Indonesia, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan modal usaha yang terlalu besar.

Tentu saja, cepat atau lambatnya Anda menghasilkan cuan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut misalnya seperti jangkauan pemasaran produk dan kualitas minuman jualan Anda.

Adapun faktor lainnya yaitu seperti lokasi jualan yang dekat atau jauh dari tempat tinggal para konsumen. Jangan lupa dengan citra brand yang bisa mempengaruhi opini pembeli serta pendapatan bulanan Anda.

6. Ada Pengawasan Langsung dari Manajemen

Aspek keenam yang membuat bisnis minuman kekinian lebih menggiurkan adalah adanya manajemen yang mengawasi usaha. Manajemen ini akan ikut serta dalam urusan pengelolaan, pemasaran, dan juga penyediaan peralatan supaya Anda tak repot mengatur semuanya sendiri.

Bentuk lain dari pengawasan ini yaitu pelatihan dalam meracik minuman serta cara penjualan produk. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan, terlebih jika setiap orang yang baru pertama kali menjual produk minuman franchise pasti perlu bimbingan dalam meracik barang jualannya.

Cara menjual produk tersebut juga tidak boleh asal-asalan, sebab Anda harus mampu memikat konsumen untuk mau berlangganan produk. Manajemen nantinya dapat melatih Anda tentang cara berpromosi di media sosial.

Pelatihan dari manajemen tidak hanya berguna untuk memperluas pangsa pasar dan menarik banyak pembeli saja. Karena pihak manajemen tersebut juga berperan penting dalam menjaga citra perusahaan pemilik brand minuman kekinian tersebut.

7. Sarana Jualan Sudah Disediakan oleh Pemilik Brand

Jangan takut harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli aneka peralatan usaha untuk bisnis minuman. Karena jika Anda sudah menjalin kontrak kerja sama dengan pemilik brand minuman, Anda tinggal menyewa sarana dan prasarana yang sudah mereka siapkan.

Contoh sarana yang bisa Anda sewa yaitu gerai jualan yang lengkap dengan tenda, tempat duduk, serta papan tanda produk dan harganya. Ada juga sarana lain, berupa wadah bubuk minuman, alat-alat meracik minuman, ice box, bersama gelas-gelas plastik besar dan kecil.

Sementara itu, contoh prasarana untuk jualan Anda ialah poster dan spanduk gerai, pelatihan-pelatihan dalam berbisnis, serta media pemasaran. Layanan pesan antar kepada konsumen juga bisa menjadi prasarana vital, selama layanannya sesuai dengan kebijakan dari perusahaan.

Sudah Tahu Kenapa Bisnis Minuman Kekinian Menggiurkan?

Demikianlah artikel ini membahas secara mendalam tentang alasan kenapa bisnis bidang minuman franchise kekinian memiliki peluang yang sangat menggiurkan. Demi kemudahan bisnis, Anda dapat bermitra dengan supplier bahan baku minuman Jakarta Powder atau JAPO.

JAPO adalah penyedia jasa jual bubuk minuman berkualitas yang dapat mendukung kesuksesan bisnis Anda. Karena itu, jangan ragu dan berbisnis bersama JAPO sekarang juga!

[/vc_column][/vc_row]