6 Ide Bisnis Minuman Kemasan yang Layak Dicoba

6 Ide Bisnis Minuman Kemasan yang Layak Dicoba

Bagikan artikel ini

Apa bisnis yang paling menjanjikan dan tak pernah surut peminat? Barangkali salah satu jawabannya adalah bisnis minuman dalam kemasan. Kenapa bisa begitu? Lihat saja setiap kamu berbelanja ke supermarket, jajaran minuman kemasan dalam rak-rak pendingin akan menarik minatmu untuk mencoba.

Bisnis di bidang minuman botol atau kemasan memang mendominasi industri minuman di tanah air saat ini. Tentunya kamu juga ingin dong merasakan manisnya bisnis di bidang ini. Kalau memang ingin mencoba, cermati informasi bermanfaat berikut ini:

Kenapa Harus Bisnis Minuman Kemasan?

Cup drink atau minuman kemasan saat ini memang lagi booming. Tak percaya? Coba saja kamu amati beberapa sudut jalan yang biasa kamu lewati tiap harinya, pasti ada saja stand atau outlet minuman kemasan kekinian di sana, entah itu bobba drink, coffee drink, dan sebagainya.

Selain dikemas dalam cup plastik ala minuman kekinian, minuman kemasan juga biasa dikemas dalam botol plastik aneka rasa. Tak lagi berisi air putih tanpa rasa, kini aneka flavor mulai dari kopi, teh, buah, hingga sayuran pun tersedia. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mencoba bisnis di segmen ini, yakni:

1.    Tak Pernah Sepi Peminat

Usaha minuman jarang sekali sepi pelanggan. Asal rasa cocok di lidah dan dikemas dalam suatu packaging menarik, sudah bisa dipastikan produk minuman akan laku terjual.

Kamu bisa menangkap peluang ini dengan terjun ke usaha minuman kemasan berbekal animo masyarakat yang cukup besar pada bisnis ini.

2.    Mudah Dikelola

Usaha minuman kemasan termasuk usaha yang tidak ribet dan mudah dalam pengelolaan. Kamu cukup menyiapkan konsep dan mempersiapkan segala sesuatunya seperti bahan, kemasan, dan tempat jualan.

Selebihnya, dari segi penyajian tidaklah cukup rumit. Sedangkan untuk pengelolaan bisnis, kamu bisa mengelola sendiri pada awalnya atau bisa juga dengan menggaji karyawan part time.

3.    Keuntungan Menggiurkan

Usaha minuman memang menjadi segmen dengan margin profit cukup besar, bahkan bisa mencapai 100%. Maka wajar kalau dari dulu sampai sekarang usaha ini selalu ada dan berkembang.

Bila dulu usaha minuman hanya dijalankan seadanya, tapi kini semuanya sudah terkonsep. Mulai dari kemasan atau wadah, stand tempat jualan, rasa yang ditawarkan, semuanya direncanakan dengan matang.

6 Ide Bisnis Minuman Kemasan

Dari sekian banyak usaha minuman saat ini, ada beberapa usaha minuman kemasan dengan konsep unik yang tak pernah sepi pelanggan. Di antaranya adalah:

1.    Boba Drink

Minuman unik dengan bahan menyerupai cendol bernama bobba ini memang sedang melejit saat ini. Kamu sendiri pasti tak ketinggalan untuk mencobanya. Ya, bobba drink merupakan minuman kekinian dengan bahan bobba yang terbuat dari tepung tapioka.

Minuman kemasan dengan konsep ini sebenarnya sudah sejak lama ada, lho, tapi pamornya baru saja melejit belakangan ini.

2.    Olahan Susu

Minuman susu aneka rasa sudah sejak lama ada dan menjadi favorit para pecinta susu. Susu sapi adalah bahan utama minuman susu dalam kemasan ini selain juga susu kedelai.

Kamu bisa menambahkan aneka perasa dan pewarna makanan untuk menambah cita rasa dan tampilan susu, seperti putih untuk rasa original, warna coklat untuk rasa coklat, warna-warni untuk rasa buah-buahan, dan sebagainya.

3.    Minuman Kopi

Dengan image kopi sebagai minuman bagi sejuta umat, tentunya kamu tak usah khawatir jualan minuman kopi kamu akan tidak laku.

Untuk memulai usaha minuman kopi dalam kemasan, rasa original biasanya kalah populer dengan olahan kopi versi mix atau campuran. Campuran kopi dengan susu biasanya adalah versi minuman kopi kemasan yang paling banyak disukai.

4.    Aneka Teh

Minuman berbahan dasar teh juga menjadi ide jualan yang laris. Rasa teh yang otentik apalagi bila disajikan dingin sudah menjadi satu nilai jual tersendiri.

Kamu tinggal menemukan formula teh yang paling enak, karena ada banyak sekali rasa teh di pasaran, tergantung pada merk. Minuman kemasan teh juga bisa kamu padukan dengan campuran lain seperti susu.

5.    Fruit Juice

Ini dia konsep minuman kemasan yang paling banyak dipilih, fruit juice. Buah-buahan memang menjadi icon utama usaha minuman kekinian dalam kemasan. Bila dulu jus buah hanya dijual dalam plastik dan diikat dengan karet, kini pengusaha minuman rupanya sudah sadar akan pentingnya packaging.

Fruit juice kini sudah dikemas dalam cup atau botol plastik bersegel dengan cap menarik. Kamu juga bisa menambahkan campuran susu selain jus buah original.

6.    Herbal Instan

Minuman herbal dalam kemasan termasuk konsep yang terbilang baru. Dulu konsep ini tak terlalu populer untuk ide jualan minuman, namun kini beda cerita.

Bermacam olahan herbal yang bisa digunakan sebagai ide jualan minuman kemasan misalnya wedang jahe, es sinom, beras kencur, dan sebagainya.

Merintis Bisnis Minuman Kemasan

Untuk merintis usaha minuman kemasan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Ini penting demi kelancaran dan keberhasilan sebuah bisnis minuman yang akan kamu jalankan. Hal-hal tersebut antara lain:

1.    Tentukan Konsep

Untuk memulai, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan konsep. Intinya disini adalah pilih konsep yang kamu suka. Misalnya kamu menyukai kopi, maka pilihlah bahan utama kopi untuk produk minuman yang kamu jual.

2.    Pilih Waralaba Bereputasi Baik

Jika kamu memilih mengambil suatu waralaba tertentu untuk bisnis minuman kamu, maka pilihlah waralaba yang telah memiliki reputasi baik. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan besaran modal, perputaran modal, dan potensi profit.

3.    Cermati Tiap Poin dalam Perjanjian

Bila mitra waralaba sudah kamu tentukan, perhatikan secara seksama tiap poin pada perjanjiannya. Dengan begitu, maka dapat dipastikan tiada pihak yang dirugikan dalam perjanjian tersebut.

4.    Pilih Lokasi Strategis

Pilihlah lokasi yang cukup strategis, semisal area yang berada di pusat keramaian, pusat perbelanjaan, area pertokoan, dan sebagainya.

5.    Berikan Layanan Terbaik

Tidak hanya menawarkan pelanggan dengan produk yang terbaik, tetapi jangan lupa juga untuk memberikan service terbaik kepada pelanggan. Survey membuktikan bahwa layanan yang ramah terbukti mampu meningkatkan angka penjualan.

6.    Manfaatkan Kekuatan 4.0

Maksudnya disini adalah manfaatkan kekuatan dunia digital atau online. Sebagai bisnis yang menyasar kaum muda, sangat disarankan agar kamu sering mempromosikan produk via online.

7.    Rutin Mengikuti Event

Sering hadir dalam sebuah event tentu saja sangat menguntungkan usaha minuman yang kamu jalankan. Selain itu, bisnis kamu akan jadi lebih dikenal masyarakat.

.

8.    Inovasi dan Kreasi

Bisnis kuliner mirip dengan teknologi yang senantiasa memerlukan daya inovasi dan kreasi guna menemukan terobosan-terobosan baru yang berpeluang digemari pasar, termasuk dalam usaha minuman. Inovasi yang kamu berikan bisa berwujud kreasi rasa maupun layanan.

Kreasi dalam layanan misalnya saja melalui pemberian diskon untuk pembelian tertentu atau pemberian giveaway. Ini tentu menarik dan disukai para pelanggan kamu.

Terlepas dari semua hal diatas, pada intinya sebagai pengusaha minuman pemula, kamu perlu memiliki tekad dan semangat untuk menjalankan usaha apapun yang hendak dilakukan. Dengan pemahaman yang baik atas produk dan konsep tertata, sudah bisa dipastikan sukses dalam genggaman

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis minuman kemasan dan ingin memastikan kualitas produk yang terbaik, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli bubuk minuman premium dari JAPO. Dengan bahan berkualitas tinggi, kamu dapat menciptakan minuman yang memukau pelangganmu dan membedakan bisnismu di pasar yang kompetitif. Dengan demikian, kamu dapat memulai perjalanan bisnis minuman kemasan dengan keyakinan bahwa kamu menawarkan produk berkualitas unggul.