5 Bahan yang Biasa Digunakan dalam Minuman Thai Tea

Bagikan artikel ini

Minuman thai tea menjadi salah satu minuman yang paling dicari di Indonesia. Perpaduan berbagai macam bahan yang ada dalam komposisi Thai Tea, membuat minuman ini kaya akan berbagai macam rasa.

Dari mulai teh hitam, susu evaporasi, dan krim kental manis menjadi pelengkap sajian minuman ini. Cara membuat minuman penuh manfaat satu ini juga cukup mudah. Apabila Anda tertarik untuk membuatnya, simak ulasan berbagai macam bahan yang digunakan dalam pembuatan Thai Tea ini.

Apa Saja Bahan untuk Membuat Minuman Thai Tea?

Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan saat Anda ingin membuat minuman thai tea yang segar ini. Bahan yang akan disebutkan berikut ini adalah jenis bahan yang biasa digunakan. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan produknya.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang wajib ada saat akan membuat Thai Tea. Pastikan Anda telah menyiapkan bahan ini dengan baik agar rasa yang tercipta dari minuman ini tetap autentik.

1.   Daun Teh atau Bubuk Thai Tea

  • Daun Teh

Bahan pertama yang wajib ada adalah daun teh yang telah dikeringkan. Sebagaimana Anda ketahui bahwa bahan dasar dari minuman thai tea adalah daun teh, maka Anda harus memiliki daun teh untuk membuat Thai Tea.

Anda bisa menemukan produk atau bahan ini di berbagai supplier minuman. Akan lebih mudah untuk mendapatkan berbagai macam keperluan dalam pembuatan Thai Tea, jika membelinya dari supplier ataupun distributor. Bahkan, Anda juga bisa memilih kualitas bahan yang akan digunakan.

Cukup dengan sebutkan saja apa keinginan Anda kepada pelayan supplier atau distributor toko tersebut. Maka, berbagai macam keperluan Anda akan segera disiapkan dengan baik tanpa merasa bingung akan jenis bahan yang Anda perlukan.

  • Bubuk Thai Tea

Opsi lainnya juga bisa Anda pilih jika tidak menemukan daun teh, yaitu dengan menggunakan bubuk Thai Tea. Cara ini akan lebih mudah untuk Anda lakukan daripada menggunakan cara sebelumnya. Di mana, Anda akan lebih mudah dalam menemukan bahan baku dan lebih praktis penyajiannya.

Cukup dengan mendatangi penjual bubuk minuman, atau bisa juga melakukan pembelian secara online. Maka, kebutuhan yang Anda perlukan dalam membuat Thai Tea akan cepat terpenuhi.

2.   Gula

Bahan baku lainnya yang perlu Anda siapkan adalah gula untuk menambahkan rasa pada minuman yang akan Anda buat. Anda bisa membeli bahan baku ini di mana saja Anda mau. Karena sudah cukup banyak toko kelontong yang menyediakan bahan baku ini.

Perlu Anda ketahui bahwa adanya gula ini akan menjadi pelengkap rasa pada minuman yang akan dibuat. Tinggal sesuaikan saja dengan selera tingkat kemanisan yang Anda miliki. Maka, Minuman thai tea yang akan Anda buat pasti memiliki cita rasa yang sangat nikmat.

3.   Krimer

Bahan pelengkap lainnya yang akan menambah cita rasa minuman yang dibuat adalah dengan adanya krimer. Anda bisa mendapatkan bahan baku ini di berbagai macam toko termasuk supplier bubuk minuman

Justru akan menjadi lebih mudah jika Anda membelinya di toko yang menjual berbagai macam bahan minuman. Karena Anda tidak harus beralih dari satu tempat ke tempat lainnya. Cukup berada dalam satu toko itu saja, dan list apa saja yang menjadi keperluan Anda.

Maka, semua bahan yang ingin Anda gunakan dalam pembuatan minuman thai tea akan didapatkan dengan cepat. Sehingga, Anda bisa segera membuat minuman yang Anda inginkan dan bisa mencicipinya dengan segera.

4.   Es Batu

Untuk bahan selanjutnya ini bisa disesuaikan dengan selera Anda. Apabila Anda lebih suka hidangan minuman dengan keadaan yang lebih dingin, maka Anda bisa menambahkan es batu.

Namun sebaliknya, jika Anda ingin menyajikan minuman dalam keadaan hangat, maka Anda tidak memerlukan es batu. Sesuaikan saja dengan selera Anda atau penikmat dari minuman yang akan dibuat tersebut. Untuk mendapatkan bahan es batu ini juga cukup mudah.

Di mana Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membeli di tetangga yang menjual es batu. Namun, akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri. Karena Anda bisa menyesuaikan ukuran serta mengetahui kualitas dari es batu yang dibuat.

5.   Susu

Bahan pelengkap terakhir yang akan menjadikan minuman thai tea yang Anda buat semakin menyegarkan adalah dengan menambahkan susu. Anda bisa memilih untuk menggunakan susu evaporasi ataupun susu kental manis.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda ataupun pelanggan yang membeli produk Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa akan ada perbedaan hasil akhir saat Anda menggunakan kental manis ataupun susu evaporasi.

Selain hasil akhir, harga dari kedua bahan tersebut juga jauh berbeda. Untuk itu, Anda bisa menyesuaikan dengan selera dan budget yang dimiliki.

5 bahan yang telah disebutkan di atas, harus Anda siapkan terlebih dahulu saat akan membuat Thai Tea. Jika semua bahan yang diperlukan telah disiapkan dengan baik, maka Anda bisa melanjutkan pembuatannya dengan mengikuti penjelasan berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Minuman Thai Tea?

Berbagai macam bahan yang diperlukan dan telah dijelaskan sebelumnya telah Anda siapkan. Kini saatnya Anda membuat minuman paling lezat yang Anda inginkan ini. Namun sebelumnya, Anda harus menyiapkan bahan-bahan tersebut sesuai dengan takaran berikut ini.

●       Bahan Pembuatan Thai Tea

–         4 ½ gelas air

–         4 kantong teh atau 4 sdm bubuk Thai Tea

–         4 sdt gula pasir

–         ¼ gelas SKM atau susu evaporasi

●       Langkah Pembuatan

  1. Pertama, masukkan 4 kantong teh ke dalam air yang telah dipanaskan sebelumnya. Jika Anda ingin menggunakan bubuk minuman, maka masukkan bubuk tersebut ke dalam gelas dan seduh dengan air panas.
  2. Angkat kantung teh yang telah dicelupkan jika warnanya telah berubah dan dirasa sudah cukup dengan yang Anda inginkan.
  3. Masukkan gula dan susu kental manis sebagaimana takaran yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Aduk campuran beberapa bahan yang telah dimasukkan ke dalam gelas tersebut hingga merata.
  5. Tahap selanjutnya, Anda bisa menambahkan es batu jika menginginkan minuman yang Anda buat dalam keadaan dingin. Namun, jika Anda ingin membuatnya dalam keadaan hangat. Maka Anda bisa skip pada bagian pemberian es batu.
  6. Untuk menambahkan cita rasa yang semakin nikmat dan menyegarkan, Anda bisa menambahkan susu evaporasi. Tetapi, jika Anda merasa cukup dengan campuran susu kental manis. Maka, Anda tidak perlu menambahkan susu evaporasi dalam Thai Tea Anda.
  7. Itulah tahapan yang bisa Anda lakukan untuk membuat minuman yang menyegarkan dan hits ini.
  8. Jika Anda ingin mencoba variasi lain atau rasa lain, maka Anda bisa menggunakan variasi teh yang berbeda. Jenis bubuk Thai Tea lain yang bisa Anda gunakan adalah Manao dan Thai iced coffee. Rasa yang tercipta dari bubuk tersebut pasti tidak akan kalah nikmat dengan lainnya.

Beberapa bahan dan tahapan yang dijelaskan di atas bisa Anda ikuti untuk membuat minuman thai tea. Segera siapkan bahannya dengan membelinya di distributor bubuk minuman agar Anda bisa segera membuatnya.