Tips Memilih Susu yang Tepat Untuk Minuman Kopi

Bagikan artikel ini

Minuman kopi akan semakin nikmat jika ditambahkan dengan susu dan juga bahan lainnya. Namun, tidak sembarang susu bisa dijadikan paduan dengan kopi. Oleh karena itu, diperlukan cara terbaik dalam memilih susu untuk kopi agar minuman yang tersaji bisa dinikmati dengan lezat.

Untuk menemukan perpaduan antara susu dan kopi tersebut, Anda bisa menggunakan tips yang akan diulas kali ini. Simak ulasan penjelasan berikut ini untuk mendapatkan tips terbaik memilih susu dari ahlinya.

Tips Terbaik Memilih Susu untuk Kopi

Perpaduan minuman antara kopi dengan susu yang selama ini Anda nikmati, bukanlah sembarang perpaduan. Ada cara tertentu yang memang dilakukan oleh para penyaji minuman untuk menghasilkan minuman ternikmat.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memilih bahan terbaik termasuk susu untuk kopi. Untuk kali ini, akan ada pembahasan mengenai cara terbaik dalam memilih jenis susu yang cocok untuk digunakan sebagai paduan kopi. Cara yang bisa digunakan tersebut antara lain:

1.   Kandungan Lemak

Sebelum memilih jenis susu yang akan Anda gunakan, maka Anda perlu memastikan terlebih dahulu kandungan lemak pada susu tersebut. Tips ini diberikan langsung oleh Mikael Jasin yang merupakan pemenang Barista Championship 2019.

Dimana adanya kandungan lemak pada susu ini akan mempengaruhi rasa malt dan juga creaminess pada minuman yang akan dibuat. Apalagi jika minuman tersebut akan dipadukan dengan bahan baku lainnya, maka kehati-hatian dalam memilih susu perlu untuk dilakukan.

Dalam penjelasannya tersebut, Mikael menjelaskan bahwa kadar 4 persen lemak dalam susu sudah bisa memberikan rasa creamy pada minuman. Sehingga apapun jenis minuman yang akan dibuat dan ditambahkan dengan susu kadar lemak 4%, maka hasilnya akan creamy.

2.   Gunakan Susu Skim

Meskipun kandungan lemak sangat dibutuhkan dalam susu dan akan berpengaruh dalam pencampuran dengan kopi. Anda tetap harus teliti untuk memilih dalam menggunakannya. Karena tidak semua orang suka dengan kandungan lemak dalam susu.

Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan susu skim. Adanya susu skim ini bisa membantu Anda dalam membuat busa dalam minuman tanpa adanya lemak. Sehingga, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan berbagai macam penikmat kopi.

Termasuk Anda sendiri, jika Anda tidak terlalu suka dengan kandungan lemak pada susu. Maka, penggunaan susu skim ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda.

3.   Kandungan Protein

Kriteria pemilihan susu untuk kopi berikutnya adalah adanya kandungan protein dalam susu tersebut. Adanya protein dalam susu akan memberikan rasa yang nikmat karena adanya bubble dan foam yang bisa dihasilkan dari susu tersebut.

Konsep dari protein dalam susu ini sangat mudah. Di mana semakin tinggi kadar protein dalam susu, maka akan semakin tinggi pula kandungan bubble dan foam-nya. Sehingga, minuman apa saja yang akan menggunakan campuran ini bisa menghasilkan busa yang banyak.

Untuk kadar terbaik dalam memadukan antara susu dengan kopi adalah 3%. Persentase ini sudah cukup untuk menghasilkan minuman terbaik. Dimana rasa dari kopi dan susu akan sama-sama terlihat tanpa menghilangkan rasa dari salah satunya.

4.   Kandungan Karbohidrat

Jenis susu untuk kopi terbaik berikutnya adalah yang memiliki kandungan karbohidrat dengan kadar cukup. Di mana adanya kandungan karbohidrat dalam susu ini akan memberikan rasa manis pada kopi. Hal ini bisa terjadi karena dalam susu ada dua jenis gula ketika belum dipanaskan.

Jenis dua gula tersebut yaitu glukosa dan galaktosa yang kemudian akan mengalami perubahan. Adanya perubahan bentuk gugus gula pada susu terjadi karena proses pemanasan. Akibat proses pemanasan pada susu ini, akan membuat gugus glukosa dan galaktosa menjadi sukrosa.

Pada tahapan menjadi sukrosa inilah yang akan membuat minuman menjadi lebih manis dan terasa nikmat. Sedangkan untuk kadar karbohidrat yang cukup saat dicampurkan dengan kopi adalah 3,5 persen. Kadar ini akan lebih baik untuk dipilih daripada jenis susu yang memiliki kadar berlebih.

5.   Pilih Jenis Susu

Rekomendasi susu untuk kopi selanjutnya adalah menentukan jenis susu yang akan digunakan. Di mana pemilihan jenis susu ini sangat penting ketika akan menyajikan minuman tersebut. Anda harus tahu kriteria dari penikmat susu kopi tersebut.

Berikut adalah cara terbaik dalam memilih susu untuk ragam penikmat dengan selera yang berbeda.

  • Susu Hewani

Jenis susu pertama adalah susu hewani yang bisa Anda gunakan untuk memadukan minuman ini dengan kopi. Penggunaan bahan susu hewani ini lebih cocok untuk digunakan saat Anda akan membuat minuman Latte, Cappuccino, ataupun minuman lainnya.

Namun perlu Anda pastikan bahwa penikmat minuman ini bisa mengkonsumsi berbagai macam produk hewani. Karena susu hewani akan menyajikan rasa yang lebih nikmat bagi pecinta kopi.

  • Susu Non-Dairy

Jika susu hewani cocok untuk pecinta makanan dari hewan, maka ada jenis susu terbaik yang bisa digunakan untuk vegetarian. Jenis susu tersebut adalah non-dairy yang akan menghasilkan rasa nikmat untuk para vegetarian.

Selain itu, para vegetarian juga tidak akan mengalami alergi saat meminum minuman tersebut. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis susu yang akan digunakan. Karena tidak semua orang bisa menikmati susu dari hewan.

6.   Pilih Susu Pasteurisasi

Langkah berikutnya dalam memilih susu untuk kopi adalah dengan memastikan bahwa susu yang Anda pilih adalah susu pasteurisasi. Pemilihan ini akan lebih baik untuk Anda lakukan karena susu yang digunakan lebih segar daripada Anda menggunakan jenis susu UHT.

Tentu akan ada keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan saat memilih menggunakan salah satu dari kedua jenis susu tersebut. Berikut adalah perbedaan dari kedua jenis susu tersebut.

  • Tingkat Ketahanan

Perbedaan pertama adalah pada tingkat ketahanan dari kedua susu tersebut. Di mana susu UHT akan tahan lebih lama karena proses pemanasan dengan suhu tinggi yang telah dilaluinya.

Sedangkan susu pasteurisasi akan lebih mudah basi karena susu ini adalah jenis susu segar yang diambil dari hewan. Sehingga, Anda harus menentukan jenis susu apa yang akan Anda gunakan.

Namun, satu hal yang perlu Anda tahu bahwa Anda akan tetap memerlukan proses pemanasan saat akan menggunakan susu UHT dalam pembuatan Latte. Sehingga susu tersebut akan mengalami proses pemanasan secara berulang dan akan mempengaruhi rasa dari minuman yang dibuat.

  • Tingkat Kesegaran

Tidak hanya katahanannya saja yang perlu Anda perhatikan. Kesegaran akan bahan yang Anda gunakan juga perlu diperhatikan dengan baik. Di mana susu pasteurisasi akan memiliki tingkat kesegaran yang lebih baik karena belum mengalami proses pemanasan yang lama.

Sedangkan susu UHT sudah mengalami proses yang cukup banyak dan akan mempengaruhi tingkat kesegarannya. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menyesuaikan selera Anda sendiri. Pastikan pemilihan susu untuk kopi yang Anda lakukan sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Tips memilih susu untuk kopi telah dijelaskan dengan rinci dan jelas. Kini saatnya Anda menggunakan tips tersebut dalam memilih jenis susu yang akan Anda gunakan. Anda bisa membeli berbagai macam bahan baku minuman tersebut di supplier bubuk minuman.