sebuk japo

Bisnis Pemula? Coba Jadi Supplier Bubuk Minuman Premium

Bagikan artikel ini

Saat ini, bisnis supplier minuman bubuk menjadi usaha yang menjanjikan di tengah pesatnya perkembangan industri food and beverages. Hal itu dikarenakan permintaan minuman bubuk yang terus meningkat.

Apabila Anda tertarik, terdapat kiat supaya sukses menjadi supplier minuman bubuk. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui tentang pengertian supplier dan ciri-ciri produsen minuman bubuk yang baik agar Anda mendapatkan pemahaman yang menyeluruh. Silakan baca dengan baik, ya!

Apa Itu Supplier?

Supplier (disebut juga sebagai pemasok) memiliki definisi sebagai pihak perusahaan atau perorangan yang menjual atau menyuplai bahan mentah ke pihak lain, seperti perusahaan atau perorangan supaya bisa diolah menjadi produk yang matang.

Supplier sering disamakan dengan distributor, padahal keduanya memiliki entitas yang berbeda. Distributor berfokus pada menyalurkan atau menjual produknya kepada pihak pengecer supaya bisa dijual kembali ke konsumen akhir.

Sedangkan, supplier menyuplai bahan baku dalam bentuk mentah kepada perusahaan untuk diolah menjadi produk yang matang dan siap dijual.

Sebagai supplier, terdapat lima hal utama yang harus dilakukan. Pertama, yaitu supplier harus memenuhi ketersediaan bahan mentah. Kedua, supplier juga perlu memberikan informasi seputar bahan baku kepada pihak terkait.

Ketiga, supplier melakukan proses marketing yang ampuh. Keempat, supplier harus menjalin kerja sama dengan para pebisnis lain. Kelima, supplier harus menjaga kualitas bahan baku yang dijualnya.

Ciri-ciri Produsen Minuman Bubuk yang Baik

Berikut ciri-ciri produsen minuman bubuk yang baik dan perlu Anda perhatikan.

1. Produk Yang Dihasilkan Berkualitas, Aman, Halal, dan Higienis

Bubuk minuman dengan kualitas yang baik, akan mempunyai cita rasa yang enak dan pas. Hal itu dikarenakan bubuk minuman dengan kualitas baik terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas juga. Jadi, jangan sampai membeli minuman bubuk yang murah tetapi kualitasnya tidak baik.

Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas dari minuman bubuk yang dijual oleh produsen. Caranya, dengan mengamati apakah minuman bubuk tersebut sesuai dengan standar.

Standarnya, minuman bubuk memiliki serbuk dengan butiran yang halus. Untuk mengetahui apakah butiran tersebut cukup halus atau tidak, yakni dengan cara melarutkan bubuk minuman tersebut dengan air biasa atau air hangat.

Jika mudah larut, maka bubuk minuman tersebut memiliki butiran yang halus. Jika sulit larut, maka bubuk minuman tersebut memiliki butiran yang kasar.

Selain itu, pastikan juga produk yang ditawarkan aman dan halal, ya. Anda bisa memeriksanya dengan melihat keberadaan nomor PIRT dan logo halal MUI.

2. Menetapkan Harga yang Terjangkau

Apabila ingin menghasilkan harga jual minuman bubuk yang kompetitif, maka diperlukan produsen yang menawarkan harga terjangkau. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menjangkau konsumen pada semua kalangan.

Tidak hanya itu, mencari produsen yang menetapkan harga terjangkau juga bertujuan agar supplier bubuk minuman juga mendapatkan keuntungan yang mumpuni.

Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitasnya, ya. Jangan tergiur dengan harga murah tetapi kualitasnya tidak baik.

3. Memiliki Stok Produk Yang Cukup Untuk Jangka Panjang

Memperhatikan stok yang dimiliki produsen sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai terjadi kekosongan stok ketika terdapat permintaan konsumen. Sebab, hal tersebut dapat menghambat usaha Anda.

Walaupun begitu, tetap periksa tanggal kedaluarsa atau expired date dari minuman bubuk. Supaya pelanggan tidak mendapatkan produk yang sudah basi/kedaluarsa akibat disimpan terlalu lama.

4. Berpengalaman Di Bidangnya

Sebagai supplier minuman bubuk, Anda harus memastikan bahwa produsen sudah berpengalaman di bidangnya, karena produsen yang berpengalaman sudah mengerti tentang seluk beluk bisnis minuman bubuk.

Hal tersebut sangat bermanfaat jika nantinya Anda mengalami masalah atau kendala pada bisnis minuman bubuk, yakni produsen akan cekatan ketika mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Salah satu produsen minuman bubuk yang sudah berpengalaman yaitu merek Jakarta Powder. Merek yang sering disingkat JAPO ini berdiri sejak tahun 2013 dan sudah dipercaya oleh pasar sejak bertahun-tahun.

5. Memiliki Pelayanan yang Cepat

Kecepatan pelayanan merupakan kunci dari kepercayaan pelanggan. Pastikan produsen kalian mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat waktu. Jangan sampai pelanggan menunggu terlalu lama dan mengira Anda penipu akibat produsen yang kurang cepat.

Kiat Sukses Menjadi Supplier Minuman Bubuk

Untuk lebih sukses menjadi supplier minuman bubuk, ada beberapa kiat sukses yang juga perlu Anda perhatikan.

A. Pahami Betul Tentang Produk yang Disalurkan

Supplier minuman bubuk perlu memahami dan menguasai betul terkait produk yang disalurkan secara menyeluruh. Oleh sebab itu, cobalah untuk mencari informasi tentang cara menjaga kualitas produk, macam-macam produk, cara mengolah produk, dan lain sebagainya.

Harapannya, ketika pelanggan bertanya seputar produk, Anda bisa menjawabnya dengan baik. Selain itu, memahami produk juga dapat menunjang kelancaran bisnis itu sendiri.

B. Buat Kemasan yang Menarik

Kemasan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh pelanggan. Ibaratnya, kemasan itu bagai ‘pakaian’ bagi produk. Oleh karenanya, buat kesan pertama yang menarik ketika pelanggan melihat produk Anda.

Buatlah kemasan dengan desain yang bagus dan unik supaya pelanggan tertarik untuk membeli produk.

Tidak hanya itu, kemasan juga berfungsi dalam melindungi produk. Oleh karena itu, pilih bahan untuk kemasan yang kokoh dan tidak mudah pecah agar produk di dalamnya juga terlindungi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan.

C. Rajin Melakukan Promosi

Promosi merupakan cara supaya produk yang Anda tawarkan dapat dikenal oleh banyak orang. Salah satu cara promosi yang paling efektif untuk menjangkau banyak khalayak yakni promosi online.

Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, atau Twitter untuk mempromosikan bisnis supplier minuman bubuk yang Anda miliki. Jika perlu, Anda bisa membayar jasa influencer untuk melakukan review produk Anda.

D. Perbanyak Inovasi dan Kreasi

Buatlah inovasi yang menarik supaya calon pelanggan lebih memilih Anda dibandingkan kompetitor Anda. Inovasi yang menarik yang dipadukan dengan kreativitas dapat membuat suatu ciri khas atau branding. Sehingga, bisnis Anda akan lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Contoh inovasi yang dapat dilakukan yakni menawarkan banyak varian rasa, menyediakan banyak varian topping, membuat varian rasa unik atau belum ada sebelumnya, dan lain-lain.

E. Jalin Kerja Sama Bisnis

Faktanya, menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan lainnya, mampu mendatangkan keuntungan yang lebih stabil, lho. Hal itu tentunya bermanfaat bagi eksistensi bisnis Anda bukan?

Anda bisa melakukan kerja sama dalam bentuk penukaran produk atau kolaborasi. Dengan begitu, kedua belah pihak akan menguntungkan satu sama lain.

F. Layani Pelanggan Dengan Baik dan Ramah

Sebagai pebisnis, kita tidak hanya menjual barang atau jasa saja, tetapi juga menjual pelayanan yang akan didapatkan pelanggan. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, Anda harus melayani pelanggan dengan baik dan ramah.

Selain itu, pelayanan yang baik juga membuat pembeli tidak enggan untuk berkunjung kembali.

Penutup

Setelah membaca artikel di atas, Anda menjadi tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh seorang supplier minuman bubuk bukan? Jadi, silakan memulai bisnis Anda dan raup keuntungan sebanyak-banyaknya, ya.