Cara Membuat Cincau Sendiri di Rumah

Cara Membuat Cincau Sendiri di Rumah

Bagikan artikel ini

Kesegaran es cincau yang dicampur santan dan gula merah, atau dibuat kreasi cincau cappucino yang kekinian memang sangat menggoda.

Sumber: Pinterest

 

Selain membeli minuman yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat cincau sendiri di rumah. Anda hanya perlu mengetahui cara membuat cincau yang benar.

Cincau sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang sering dimanfaatkan untuk membuat minuman, selain segar kandungan nutrisi di dalam cincau juga baik untuk kesehatan.

Jadi, bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk membuatnya sendiri di rumah, silahkan simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Cincau Hijau

Pada dasarnya proses pembuatan cincau cukup sederhana sehingga siapapun bisa mencobanya di rumah. Meski begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil pembuatan cincau bisa kenyal, tidak langu atau berbusa.

Sumber: Pinterest

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa langkah perlu dilakukan.

 

A. Menyiapkan Bahan

Bahan untuk membuat cincau bisa dari dua jenis tanaman. Yaitu tanaman cincau yang karakteristiknya merambat seperti daun sirih dan dikenal dengan nama latin Cyclea barbata. Sementara jenis kedua adalah tanaman perdu dengan nama Melastoma polyanthum.

Anda bisa memilih jenis yang diinginkan namun pastikan untuk memilih daun cincau yang sudah siap petik dan berukuran lebar. Karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas warna hijau dan kekenyalan dihasilkan.

Siapkan 40 lembar daun cincau untuk takaran 1 liter air matang. Dengan takaran ini maka cincau yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang kenyal namun tetap lembut.

B. Meremas Daun Cincau Bukan dengan Blender

Daun yang sudah disiapkan bisa dibersihkan dengan air mengalir sampai bersih agar tidak ada kotoran yang menempel. Selanjutnya daun tidak perlu ditiriskan dengan sempurna dan bisa langsung diremas-remas sampai hancur. 

Daun cincau diremas-remas di dalam wadah kemudian tambahkan sekitar 500 cc air ke dalam wadah sedikit demi sedikit. Hasil campuran tersebut kemudian disaring. Tambahkan kembali air yang tersisa sambil terus meremas-remas daun cincau, kemudian saring.

Mengapa tidak menggunakan blender? Ya, meskipun dianggap lebih praktis namun penggunaan blender untuk membuat cincau justru tidak disarankan. Karena menghancurkan daun cincau dengan blender akan menghasilkan busa yang lebih banyak daripada diremas.

Selain itu, dari segi rasa juga berbeda. Jika menggunakan remasan tangan cincau yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih lembut tanpa ada aroma daun sama sekali. Sementara kalau di blender, teksturnya jauh lebih padat dan tetap ada aroma daunnya.

Selain itu, dengan diblender maka akan lebih sulit untuk disaring sehingga banyak sisa serat daun yang tertinggal. Jadi untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya gunakan remasan tangan untuk menghancurkan daun cincau hijau. 

C. Menyimpan di Wadah Tertutup

Cara membuat cincau selanjutnya adalah menyimpan hasil saringan dari air remasan daun cincau di dalam wadah yang tertutup. Agar tekstur cincau cepat mengeras maka bisa langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Jika sudah mengeras, maka cincau pun siap untuk disajikan.

Bagaimana Cara Membuat Cincau Hitam 

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai proses dan langkah-langkah yang diperlukan dalam membuat cincau hijau. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah proses pembuatan cincau hitam yang sering digunakan dalam berbagai olahan minuman segar. Seperti cincau cappucino Jakarta powder.

Cincau hitam sendiri berasal dari tanaman Mesona chinensis yang biasa tumbuh di dataran tinggi. Jenis tanaman ini juga dikenal dengan sebutan janggelan dan biasanya dikeringkan sebelum diekstraksi. Cara pembuatan cincau hitam berbeda dari cincau hijau. Berikut ini adalah cara membuat cincau hitam:

Bahan yang Digunakan:

 

  • Daun cincau hitam kering 200 gram
  • Air 2 liter
  • Tepung sagu 3 sendok makan

Proses Pembuatan:

Berbeda dari pembuatan cincau hijau, dalam proses pembuatan cincau hitam Anda perlu merebusnya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Rebus air sampai mendidih, kemudian masukkan daun cincau hitam kering yang sudah disiapkan.
  2. Aduk dan biarkan mendidih sampai air berubah warna menjadi kehitaman.
  3. Setelah proses perebusan Anda akan mendapatkan ekstrak dari daun cincau hitam, angkat dan saring kemudian sisihkan.
  4. Selanjutnya siapkan tepung sagu dan larutkan dengan menggunakan air secukupnya.
  5. Jika sudah, ekstrak cincau hitam bisa kembali direbus dan ditambahkan larutan tepung sagu sambil terus diaduk sampai rata.
  6. Setelah mendidih, air rebusan bisa langsung diangkat dan dituangkan ke dalam loyang.
  7. Diamkan hingga padat dan memiliki tekstur seperti jeli.

 

Cara Membuat Cincau agar Tahan Lama

Ada kalanya cincau menjadi tidak segar dan berubah dari segi rasa menjadi sedikit asam. Memang ada sebagian yang menambahkan perasan jeruk ketika membuat cincau hijau sehingga membuat rasanya sedikit asam. Namun bagi Anda yang tidak menggunakan jeruk, tentu rasa yang dihasilkan tidak asam.

Rasa asam tanpa adanya tambahan jeruk serta kondisi yang agak berlendir biasanya terjadi kalau cincau sudah tidak segar sehingga tidak layak untuk dikonsumsi. Lantas bagaimana cara membuat cincau agar tahan lama? Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan,

A. Tidak Perlu Dicuci

Jika Anda ingin menyimpan cincau sebaiknya tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Karena mencuci cincau dengan air hanya akan meningkatkan kandungan air di dalamnya sehingga lebih cepat basi. Biarkan cincau di wadahnya dalam keadaan kering.

B. Jangan Direndam Air

Tadi sudah dijelaskan bahwa tidak perlu mencuci cincau yang akan disimpan agar tetap awet. Nah, Anda juga tidak perlu merendamnya di dalam air. Kalau dicuci dengan air saja akan membuat kandungan airnya semakin banyak, apalagi jika direndam.

C. Simpan di Wadah yang Rapat

Sebaiknya menyimpan cincau dalam wadah yang rapat agar kondisinya tetap bagus. Karena jika tidak maka akan membuat cincau menjadi kering.

Jika wadah yang digunakan rusak atau tidak tertutup sempurna maka segera ganti dengan wadah baru yang benar-benar rapat.

D. Jangan Terlalu Lama Menyimpan

Agar tahan lama, simpan cincau di kulkas ya! Meski begitu, jangan terlalu lama menyimpan cincau di kulkas karena tetap akan menurunkan kualitasnya sehingga kurang layak untuk dikonsumsi. Biasanya cincau bisa bertahan sampai 1 minggu jika disimpan dengan benar.

Cara Membuat Cincau agar tidak Langu

Bagi Anda yang ingin membuat cincau sendiri di rumah, mungkin ada rasa khawatir kalau nanti cincau yang dihasilkan memiliki aroma langu. Agar cincau yang dihasilkan enak tanpa ada aroma langu di dalamnya, Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengangin-anginkan daun cincau agar layu.

Aroma langu sendiri dihasilkan dari getah batang tanaman, sehingga Anda pun perlu membuang semua tulang daunnya sebelum proses peremasan daun. Cara ini banyak digunakan dan sangat efektif untuk menghilangkan aroma langu pada cincau sehingga rasanya pun semakin segar.

Bagaimana, mudah sekali kan cara membuat cincau di rumah? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, agar cincau yang dihasilkan bagus menggunakan daun cincau yang berkualitas. Selain itu, pastikan untuk meremasnya dengan tangan dan bukan dengan blender. Yuk, langsung coba bikin!