Cara Mudah Mendaftar Bisnis Franchise

Cara Mudah Mendaftar Bisnis Franchise

Bagikan artikel ini

Bisnis waralaba atau yang umum dikenal dengan bisnis franchise keberadaannya kini telah menjamur di Indonesia. Sebelum Anda memulai serta terjun dalam bidang ini ada baiknya Anda mengetahui cara daftar franchise dengan mudah supaya Anda tidak salah langkah.

Jika Anda terpikirkan untuk memulai bisnis franchise namun masih merasa ragu. Jangan khawatir, berikut ini penjelasan sederhana untuk mengenal dan mengetahui cara daftar franchise dengan mudah.

Mengenal Bisnis Franchise

Bisnis franchise pada hakikatnya diartikan sebagai langkah perluasan distribusi produk atau jasa dengan lisensi dagang, mulai dari merek, logo, praktik bisnis hingga perlengkapan.

Sederhananya apabila Anda ingin membuka sebuah bisnis franchise, maka anda perlu membayar royalti kepada pemilik franchise tersebut. Dengan begitu, Anda akan memperoleh hak penuh beserta dukungan dari pemilik utama dalam mengelola bisnis tersebut.

Menurut yang dikutip PEMENDAG aturan mengenai Waralaba, arti dari franchise sendiri merupakan hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis yang mempunyai ciri khas usaha dengan maksud menawarkan jasa atau produk yang bisa digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Singkatnya, bisnis franchise ialah sebuah kerjasama seperti halnya membuka cabang baru. Namun, status kepemilikannya oleh orang lain dengan perjanjian yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan franchise berupa hak penuh atas sistem brand tersebut.

Contoh Franchise

Jenis waralaba yang tersebar di Indonesia sangatlah beragam dan banyak pula di antaranya yang cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Berikut ini beberapa contoh franchise yang bisa Anda coba.

Franchise Minuman

Jenis franchise minuman di Indonesia tergolong ke dalam dua jenis minuman, yaitu bisnis franchise kopi dan yang non-kopi. Namun, tidak sedikit pula yang menggeluti kedua jenis minuman tersebut secara bersamaan.

Anda bebas memilih antara fokus berbisnis satu jenis minuman atau ingin memiliki pilihan menu yang beragam.

Franchise di bidang minuman dan makanan terbilang cukup banyak. Maka, tak heran jika calon Franchisee sering mengalami kebingungan saat memilihnya. Untungnya, kini hadir Poplite, yaitu layanan riset yang membantu calon pengusaha agar bisa mengambil keputusan bisnis dengan tepat.

Jadi, apabila Anda merasa ragu mana bisnis franchise terbaik untuk diambil, Poplite by Populix adalah solusinya!

Franchise Logistik

Sama halnya bisnis makanan dan minuman yang merajalela, bisnis logistik juga tak ingin kalah saing. Berikut ini beberapa franchise logistik yang banyak dilirik para pengusaha.

  1. J&T Express
  2. SiCepat
  3. JNE Express
  4. Ninja Express
  5. TIKI
  6. JET Express

Franchise Retail

Sudahkah anda mengetahui kalau ternyata usaha semacam supermarket juga bisa dijadikan peluang bisnis franchise? Berikut ini contohnya.

  1. Indomaret
  2. Lotte
  3. Alfamart
  4. Alfamidi
  5. Superindo

Franchise Laundry

Selain jenis bisnis di atas, Anda juga bisa menjajal bisnis laundry yang saat ini mulai maju, contoh bisnis dalam bidang ini adalah:

1.     Simply Fresh

2.     Super Wash

Cara Memulai Bisnis Franchise           

Sebelum memulai usaha franchise, pertama Anda harus membeli franchise melalui franchisor terlebih dulu. Namun hal terpenting, Anda harus menyiapkan beragam hal yang sistematis dan terencana supaya usaha yang ingin Anda mulai berjalan dengan baik.

Lalu bagaimana cara daftar franchise tanpa berbelit-belit? Simak uraian tahapan yang bisa Anda ikuti.

  1. Tentukan budget yang menjadi modal Anda untuk berinvestasi di bisnis franchise.
  2. Lakukan riset tentang franchise yang berpotensi memberikan peluang besar dan bagaimana menghadapi pesaing.
  3. Hubungi pemilik franchise dan konsultasikan segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda kedepannya. Anda harus memastikan menghubungi melalui situs atau akun resmi mereka.
  4. Perhitungan keuntungan yang akan didapatkan berdasarkan kesepakatan dengan franchisor.
  5. Ketahui fasilitas yang akan Anda peroleh dari franchisor setelah membeli franchise mereka.
  6. Cek perjanjian dan ketentuan yang ditawarkan oleh franchisor dengan teliti, pastikan sesuai dengan visi Anda.

Tips Memilih Bisnis Franchise

Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari beragam jenis franchise yang telah disebutkan di atas. Namun, Anda tentu tidak boleh sembarangan memilih dan asal mengikuti apa yang tengah menjadi tren begitu saja.

Anda tetap harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi serta lokasi Anda akan membuka bisnis ini. Berikut tips memilih franchise yang menguntungkan.

1. Ciri khas yang menarik

Keunikan adalah salah satu ciri yang harus dimiliki oleh bisnis franchise. Anda harus memilih franchise yang Anda anggap unik dan memiliki nilai tersendiri.

Anda juga bisa melakukan improvisasi pada outlet dengan menambah interior yang unik agar tampak beda dibanding bisnis yang serupa. Tentu saja dengan keunikan ini akan menarik konsumen yang bervariatif.

2. Cek HKI (Hak Kekayaan dan Intelektual) telah terdaftar

Supaya terhindar dari masalah sengketa nantinya, Anda harus memastikan bahwa bisnis yang Anda pilih bukan abal-abal dan pastikan juga merek dagang mereka telah terdaftar.

3. Memiliki SOP yang jelas

Langkah selanjutnya adalah perhatikan SOP yang dimiliki. Standar operasional prosedur menjadi acuan dalam menjalankan usaha.

Jika SOP jelas Jika SOP jelas, Anda akan memperoleh kualitas yang terjamin mulai dari produk hingga pelayanannya.

4. Memiliki kesinambungan

Meski dijalankan oleh orang-orang berbeda, namun bisnis ini merupakan kerjasama yang dilakukan dengan brand yang sama. Sehingga konsumen hanya mengenali brand tanpa tahu siapa pemilik utamanya.

Oleh sebabnya, bisnis franchise yang baik harus berkesinambungan satu sama lain. Biasanya, franchisor akan melakukan cek berkala untuk mengawasi dan memberi pelatihan kepada para franchisee-nya.

5. Catatan keuangan

Catatan keuangan adalah hal yang penting dalam bisnis Anda. Dengan adanya catatan keuangan ini Anda bisa melakukan evaluasi terhadap perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara daftar franchise di atas, Yuk, intip apa saja kelemahan dan kelebihan dari bisnis ini!

Kelemahan dan Keuntungan Franchise

Berikut adalah beberapa kelemahan dan keuntungan franchise :

1.  Keuntungan Franchise

● Franchise memiliki panduan bisnis yang jelas, sehingga keuntungannya bisa didapat lebih cepat

Umumnya, merek pada bisnis franchise adalah brand yang sudah dikenal masyarakat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu pusing memikirkan pemasarannya.

Franchisor akan memberikan Anda pelatihan dan dukungan bisnis.

Tidak perlu khawatir soal supplier, karena semua sudah disediakan oleh franchisor.

Tidak perlu khawatir soal lokasi dan situasi, karena pemilik brand akan melakukan riset dan memastikan Anda mendapat tempat bisnis terbaik.

Memiliki margin profit yang tinggi. dalam kesepakatan pembelian bisnis franchise, franchisor akan memberi jaminan omset yang bisa Anda dapatkan di setiap bulan.

Kemungkinan resiko gagal yang kecil. Bisnis franchise adalah usaha yang terbukti dan teruji, sehingga resiko gagal yang dimilikinya tidak begitu besar. Namun, semua itu tergantung pada bagaimana Anda menjalankan bisnis tersebut.

2.  Kelemahan Franchise

●Franchisor memiliki kendali penuh terhadap sistem operasional bisnis Anda, sehingga akan sulit untuk berinovasi tanpa mendapatkan persetujuan.

Anda hanya memiliki satu supplier nantinya.

● Bisnis franchise adalah usaha yang terikat oleh satu brand, sehingga antar gerai akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Anda harus mengeluarkan sejumlah besar dana sekaligus sebagai modal awal dan royalti di setiap bulannya.

● Ada beberapa perusahaan franchise yang mengambil beberapa persen dari keuntungan ritel yang mereka miliki.

Sekarang setelah Anda mengetahui ulasan dan cara daftar franchise di atas, apakah Anda sudah mantap untuk memulai bisnis ini? Jangan sampai Anda melewatkan tips di atas, ya! Supaya bisnis franchise yang akan dimulai berjalan dengan baik.