Cara Promosi Bisnis Franchise yang Tepat

Cara Promosi Bisnis Franchise yang Tepat

Bagikan artikel ini

Cara promosi franchise menjadi salah satu kunci ketika Anda ingin mengembangkan brand Anda dengan sistem franchise atau waralaba. Bisnis waralaba semakin hari semakin banyak diminati oleh para pelaku usaha karena keuntungannya yang cukup menjanjikan.

salah satu bisnis waralaba yang semakin banyak bermunculan adalah bisnis yang bergerak di bidang minuman kekinian seperti thai tea atau kopi. Nah, apabila Anda memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya ke sistem waralaba, maka simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Promosi Franchise

Beberapa cara di bawah ini bisa dijadikan panduan jika Anda ingin mengembangkan sistem bisnis konvensional Anda ke sistem waralaba atau franchise.

1.     Iklan dan Cara Pemasaran yang Menarik

Cara pertama dalam mempromosikan bisnis franchise milik Anda adalah dengan memberikan iklan atau cara pemasaran yang menarik minat konsumen untuk membeli produk Anda. Anda bisa menggunakan kata-kata ajakan yang powerfull dalam brand Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan promo-promo menarik selama periode waktu tertentu kepada calon mitra sehingga mereka semakin tertarik bekerja sama dengan brand milik Anda.

Kemudian, Anda juga bisa memberikan penawaran bonus kepada calon mitra jika berhasil membuka bisnis baru dan menjual produk di atas target penjualan yang ditentukan. Contoh bonus yang biasanya diberikan adalah seperti rumah, mobil, atau trip ke luar negeri.

2.     Membuat Desain dengan Baik

Cara kedua dalam mempromosikan bisnis franchise milik Anda adalah dengan membuat desain dengan baik dan menarik. Dimana desain produk ini akan Anda gunakan dalam outlet atau kemasan produk merek franchise Anda.

Seperti yang kita ketahui, kekuatan suatu merek atau brand waralaba adalah dari kekuatan desain konten yang menarik perhatian dan mampu memancing rasa keingintahuan calon konsumen untuk mencoba produk yang dijual.

Sehingga, desain produk sangatlah penting. Desain produk disini meliputi logo waralaba, desain kemasan produk, desain outlet dan booth, desain konten untuk pemasaran, dan lain sebagainya.

Jika Anda belum memiliki kemampuan untuk menciptakan desain yang menarik dan memancing rasa penasaran calon konsumen, maka Anda bisa menyewa jasa pembuatan desain.

Orang-orang yang sudah profesional di bidangnya akan mudah merumuskan desain yang bagus sehingga mempermudah bisnis Anda dikenal oleh masyarakat.

3.     Bangun Keyakinan dan Kedekatan dengan Calon Mitra

Cara promosi franchise yang ketiga adalah dengan membangun keyakinan dan senantiasa membangun kedekatan dengan para calon mitra. Dengan demikian, Anda bisa memenangkan persaingan di dalam pasar bisnis waralaba atau franchise.

Dengan semakin banyaknya bisnis dengan sistem franchise, maka membangun keyakinan dengan calon mitra menjadi suatu aspek yang sangat penting. Bisnis Anda akan berkembang karena calon mitra mau bergabung dan bekerja sama dengan Anda.

Membangun kepercayaan calon mitra bisa dengan cara memberikan atau mencantumkan berbagai kisah sukse dari mitra terdahulu yang sudah bekerja sama dengan brand Anda. Hal ini bisa disebut dengan testimoni.

Testimoni sendiri bisa juga dicantumkan dengan menyertakan foto konsumen-konsumen yang membeli produk milik Anda. Foto ini akan membuktikan bahwa produk Anda laris manis dipasaran dan memiliki peluang yang menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Anda bisa memasukkan semua testimoni ini di website perusahaan waralaba milik Anda sehingga bisa menjangkau lebih banyak calon mitra. Dan calon mitra bisa membaca langsung semua testimoni yang ada dimanapun dan kapanpun.

Atau Anda juga bisa memasukkan testimoni di akun media sosial milik brand atau merek waralaba Anda. Karena media sosial menjadi salah satu cara calon mitra untuk mengakses informasi mengenai perusahaan waralaba atau franchise Anda.

4.     Tentukan Brand Positioning

Cara keempat dalam mempromosikan bisnis franchise milik Anda adalah menentukan brand positioning usaha waralaba atau franchise milik Anda.

Brand positioning merupakan tindakan dan strategi perusahaan dalam merancang atau membuat suatu produk tertentu sehingga bisa menciptakan kesan unik dan mudah diingat oleh konsumen.

Agar brand waralaba atau franchise Anda mudah diingat oleh konsumen, maka pastikan bahwa bisnis Anda memiliki ciri khas yang membedakan dengan merek lainnya.

Ciri khas ini bisa Anda peroleh dengan membuat desain logo yang unik menggunakan warna yang berbeda, jenis font tulisan yang berbeda, desain outlet yang berbeda, dan lain sebagainya.

Untuk menentukan brand positioning bukanlah hal yang mudah dan bisa diperoleh secara instan, maka Anda harus siap melakukan riset mendalam mengenai kompetitor-kompetitor bisnis di bidang yang sama.

Jika Anda belum memiliki keahlian di bidang ini, Anda bisa mempekerjakan karyawan yang sudah profesional dalam hal riset pasar dan merumuskannya dalam brand positioning. Hal ini akan jauh lebih efektif dibandingkan harus mengerjakan semuanya sendiri.

5.     Pastikan Kelengkapan Contact Person

Cara kelima dalam mempromosikan bisnis franchise milik Anda adalah dengan memastikan bahwa Anda mencantumkan contact person perusahaan secara lengkap. Contact person disini digunakan untuk menjalin komunikasi dengan baik dengan semua calon mitra.

Dengan demikian, Anda harus memastikan bahwa semua contact person yang dicantumkan dalam semua jenis iklan bisa dihubungi oleh calon mitra. Anda juga bisa mencantumkan alamat lengkap kantor sehingga bisa memudahkan calon mitra jika ingin berkunjung secara langsung.

Anda juga harus menyediakan beberapa karyawan yang khusus untuk menerima telpon dari calon mitra yang siap sedia selama 24 jam. Biasanya calon mitra akan menanyakan berbagai informasi yang berkaitan dengan kerja sama dalam bisnis waralaba di perusahaan Anda.

6.     Menetapkan Harga yang Sesuai

Cara promosi franchise yang keenam adalah dengan menetapkan harga brand atau merek franchise yang sesuai dengan kemampuan pasar. Menentukan harga yang sesuai tidaklah mudah.

Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu dengan mencari tahu minat pasar, mencari tahu harga kompetitor, dan menghitung besaran keuntungan yang akan diperoleh oleh mitra jika sudah bergabung dengan bisnis Anda.

Mengapa keuntungan mitra menjadi salah satu bahan pertimbangan? Karena keuntungan yang diperoleh oleh mitra akan digunakan untuk membayar royalti kepada Anda. Jadi, Anda harus menghitung biaya royalti sesuai dengan pemasukan para mitra.

Namun, jangan sampai memberikan harga yang terlalu murah sehingga Anda sulit memperoleh keuntungan. Anda juga diharuskan mengelola bisnis waralaba dengan branding yang bagus dan selalu menarik perhatian, maka Anda juga membutuhkan modal untuk mengelola hal tersebut.

Jadi, pastikan bahwa Anda sudah menghitung dengan matang dan seksama sehingga bisa menetapkan harga yang sesuai untuk bisnis waralaba atau franchise milik Anda.

Banyaknya perusahaan yang menggunakan sistem bisnis waralaba atau franchise memang menciptakan pasar yang sangat ketat. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa terjun ke dalam pasar tersebut dan memperoleh kesuksesan.

Beberapa cara promosi franchise di atas sudah dibahas secara lengkap dan mendetail. Informasi tersebut bisa Anda gunakan sebagai referensi dan bahan belajar guna mengembangkan dan memperoleh keuntungan melalui bisnis waralaba atau franchise.