Strategi Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Franchise

Strategi Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis Franchise Kamu

Bagikan artikel ini

Saat ini digital marketing franchise sangat dibutuhkan karena sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah menggunakan internet dan media sosial. Sehingga keduanya menjadi media atau alat pemasaran yang lebih menjanjikan dibandingkan menggunakan cara promosi yang tradisional.

JIka Anda merupakan pemilik usaha waralaba atau franchise, inilah saatnya memulai memasarkan produk Anda melalui media online. Kemudian, bagaimana caranya agar pemasaran via online bisa sukses? Berikut pembahasannya mengenai cara melakukan digital marketing.

Cara Digital Marketing Franchise

Beberapa tips yang akan dibahas ini bisa Anda jadikan pedoman, apalagi bagi yang belum memiliki ilmu atau pengalaman dalam digital marketing. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing, di antaranya adalah:

1.     Melalui Google Ads

Cara pertama untuk digital marketing bisnis franchise Anda adalah melalui google ads. Google ads merupakan salah satu jenis ikan dengan sistem PPC atau Pay Per Click yang dibuat oleh Google.

Google ads dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan semua jenis bisnis melalui Google. Google ads dilengkapi dengan fitur target audience sehingga Anda bisa menentukan target pasar yang tepat dan memperbesar kemungkinan memperoleh konsumen-konsumen baru.

Selain itu, website atau blog miliki usaha waralaba atau franchise Anda akan dibantu untuk bisa muncul di halaman pertama Google ketika kata kunci tertentu atau yang relevan diketikkan di mesin pencarian Google.

Disini Anda perlu mengeluarkan uang untuk memproduksi sebuah iklan melalui google ads. Pembayaran iklan berdasarkan pada klik atau seberapa sering iklan Anda dibuka oleh audience.

Semakin banyak audience yang membuka iklan Anda, maka akan semakin mahal biaya yang harus dibayarkan. Namun, artinya semakin banyak juga calon konsumen yang membaca dan tertarik dengan produk milik Anda.

Cara yang pertama ini sudah terbukti efektif dalam mempromosikan berbagai jenis bisnis. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan google ads untuk mempromosikan bisnis waralaba milik Anda.

2.     Melalui Google Bisnisku

Cara kedua untuk digital marketing bisnis franchise Anda adalah dengan menggunakan google bisnisku.

Google bisnisku merupakan fitur yang dibuat oleh google dimana akan memudahkan calon konsumen untuk mengetahui berbagai jenis informasi yang berkaitan dengan bisnis franchise Anda.

Melalui google bisnisku Anda bisa memberikan nama perusahaan, nomor telepon, alamat email, alamat lengkap perusahaan, alamat website, jam operasional pelayanan perusahaan, sampai dengan review atau testimoni mitra yang bekerja sama dengan franchise Anda.

Dengan menggunakan google bisnisku, Anda dimudahkan untuk menjalin komunikasi dengan calon-calon mitra atau konsumen. Keunggulan lainnya dengan menggunakan google bisnisku adalah perusahaan Anda bisa dengan mudah ditemukan melalui aplikasi google maps.

Selain itu, penggunaan Google Maps juga memudahkan Anda memperoleh review atau bintang yang diberikan oleh konsumen yang sudah bekerja sama dengan Anda. Review atau bintang ini bisa dengan mudah dilihat oleh calon konsumen sehingga semakin meyakinkan mereka.

Dan saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia yang menggunakan smartphone android juga menggunakan aplikasi Google Maps. Jadi, sangat menjanjikan jika Anda menggunakan Google Bisnisku sebagai media pemasaran bisnis franchise Anda.

3.     Melalui Social Media Marketing

Cara digital marketing franchise yang ketiga adalah dengan menggunakan social media marketing. Social media marketing sendiri merupakan sebuah metode promosi yang memanfaatkan berbagai jenis platform media sosial.

Platform media sosial yang digunakan bisa seperti Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp, Telegram, Twitter, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan social media marketing, Anda bisa mendapatkan calon-calon konsumen baru serta meningkatkan pengunjung website perusahaan Anda yang pada akhirnya berdampak pada peringkat website milik Anda di mesin pencarian.

Peringkat website ini akan mempengaruhi bagaimana konsumen bisa dengan mudah menemukan website Anda. Jika semakin baik peringkatnya, maka akan semakin mudah website Anda ditemukan, begitu juga sebaliknya.

Kemudian, untuk mencapai keberhasilan melalui social media marketing, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Melakukan analisa kompetitor atau pesaing.
  • Melakukan riset terhadap konsumen.
  • Membuat tujuan iklan yang jelas.
  • Menentukan waktu posting yang sesuai.
  • Menggunakan ads yang tersedia di platform social media, seperti Instagram ads atau Facebook ads.
  • Membuat konten yang menarik.
  • Selalu lakukan evaluasi dan perbaikan.

4.     Melalui Email Marketing

Cara digital marketing franchise yang keempat yaitu melalui email marketing. Email marketing merupakan cara marketing dengan menggunakan email.

Anda bisa mengirimkan email yang berisikan penawaran produk, deskripsi produk, penawaran promo atau diskon kepada email konsumen atau calon konsumen.

Beberapa tools yang memungkinkan Anda mengirimkan email secara sekaligus dalam jumlah yang banyak diantaranya seperti Mailchimp, Vertical Response, atau Bench Mark. Kemudian, beberapa tips agar email marketing bisa sukses adalah:

  • Pilihlah tools email marketing yang paling sesuai dan tepat.
  • Lakukan pencarian konsumen atau segmentasi konsumen sehingga bisa meningkatkan efektivitas keberhasilan email marketing.
  • Membuat list alamat email tujuan.
  • Buatlah konten yang menarik hati konsumen.
  • Selalu lakukan evaluasi dan memelihara komunikasi dengan konsumen atau calon mitra.

Email marketing yang dilakukan dengan baik memiliki keuntungan yaitu dapat memberikan informasi penting dan lengkap mengenai bisnis franchise Anda secara personal kepada calon konsumen, sehingga akan terjalin hubungan yang lebih dekat dengan calon konsumen atau mitra.

Kedekatan ini akan berdampak pada keinginan dan kepercayaan calon konsumen atau mitra untuk bergabung dengan bisnis franchise atau waralaba milik Anda. Kedekatan personal ini memiliki keuntungan karena konsumen yang loyal bisa ikut memasarkan bisnis Anda juga.

5.     Melalui Content Marketing

Cara kelima untuk digital marketing bisnis franchise Anda adalah melalui content marketing. Cara ini sudah sangat familiar di telinga para pengguna digital marketing.

Content marketing merupakan strategi pemasaran secara online yang berfokus untuk membuat, merencanakan, dan menyebarkan berbagai jenis konten yang relevan dan menarik perhatian calon konsumen sehingga mau menggunakan produk atau jasa dari bisnis franchise milik Anda.

Untuk menghasilkan content marketing yang sukses dan bisa memajukan bisnis franchise Anda, bisa lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Menentukan tujuan marketing dan sasaran marketing.
  • Memposisikan diri Anda sebagai konsumen atau calon konsumen, atau biasa disebut dengan buyer persona.
  • Membuat konten-konten yang sesuai, berkualitas, mengikuti tren, dan menarik perhatian konsumen.
  • Sebarkan konten-konten tersebut di berbagai platform media sosial.
  • Selalu lakukan evaluasi dan perbaikan sehingga bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan menghasilkan output yang maksimal.

 

Melakukan digital marketing franchise memang memerlukan ilmu atau kemampuan yang kompleks. Beberapa cara di atas bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk bisnis franchise atau waralaba Anda melalui media online.

Namun, jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa membayar jasa digital marketing franchise dimana mereka sudah profesional dan berpengalaman di bidang ini. Sehingga, angka keberhasilan iklan akan semakin tinggi.