Tips Memilih Distributor Bubuk Minuman Premium untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Distributor Bubuk Minuman Premium untuk Bisnis Anda

Bagikan artikel ini

Setiap pebisnis yang menjalankan bisnis makanan maupun minuman pasti menginginkan distributor maupun produsen bahan baku berkualitas dan terpercaya. Tetapi, pada kenyataannya tidak mudah menentukan mana produsen bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sehingga, tidak sedikit usaha yang harus gulung tikar karena pemiliknya salah di dalam memilih produsen maupun bahan bakunya.

Selain itu, pengiriman bahan baku yang sering terlambat juga menjadi faktor lainnya. Belum lagi ketika barang tersebut kondisinya rusak ketika sudah sampai ke alamat tujuan.

Tips Memilih Distributor Bubuk Minuman

Berikut ini tips penting bagi yang ingin memilih distributor bubuk minuman. Ketika Anda mempelajari serta memahami informasi tersebut, Anda dapat memilih distributor secara tepat untuk bisnis Anda:

1. Reputasi Jasa

Tips yang pertama yaitu Anda perlu memilih merek minuman yang memiliki reputasi yang jelas. Brand yang telah berpengalaman serta mempunyai pasar sendiri sudah menunjukkan bahwa reputasinya tidak meragukan.

Apalagi ketika brand tersebut secara konsisten mampu bersaing selama beberapa tahun. Artinya, produk tersebut telah teruji dan memiliki peminat yang cukup banyak. Terlebih jika didukung oleh banyaknya pelaku usaha yang bergantung pada brand tersebut sebagai pemasok bahan baku.

2. Harga Kompetitif

Setiap orang yang menjalankan usaha sudah tentu berusaha memanfaatkan modal seefektif mungkin. Karena dengan modal digunakan secara efektif, Anda akan memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

Agar dapat mewujudkannya, Anda bisa menemukan produsen yang menawarkan produk dengan harga yang terjangkau. Jauh lebih baik jika Anda berhasil memperoleh harga grosiran.

Karena hal tersebut akan sangat membantu untuk menghemat lebih banyak dana. Kemudian Anda bisa memanfaatkan uang tersebut untuk kebutuhan yang lain, misalnya pengembangan menu.

3. Memperoleh Izin Resmi

Tips yang ketiga, Anda juga harus memilih distributor bubuk minuman yang telah memperoleh izin resmi. Izin tersebut dikeluarkan pemerintah dan Anda perlu memastikan bahwa perusahaan bahan baku tersebut mengantongi izin edar dari Dinas Kesehatan (Dinkes).

Bukan itu saja, sertifikasi halal yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga harus dimiliki oleh distributor tersebut. Poin yang ketiga ini sangat penting ketika Anda memasarkan produk yang menggunakan bahan baku dari distributor tersebut.

Sehingga, produk yang Anda jual ke konsumen akan terjamin keamanan dan kehalalannya. Jadi, konsumen pun tidak akan meragukan produk yang Anda jual.[/vc_column_text]

4. Pilih Distributor yang Mencantumkan Expired Date

Tidak kalah penting, pastikan bubuk minuman yang Anda pilih mencantumkan tanggal kadaluarsa alias expired date. Informasi ini sangat penting untuk memberikan informasi secara jelas tentang batasan pemakaian produk tersebut.

Perusahaan atau distributor yang mencantumkannya juga menunjukkan bahwa mereka profesional dalam menjalankan bisnis. Mengapa? Karena hingga saat ini, masih ada distributor yang belum mencantumkan tanggal kadaluwarsa.

Namun, tidak semua yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa berarti produknya tidak bagus. Hanya saja, untuk meningkatkan kepercayaan maka sangat penting mencantumkan expired date tersebut.

5. Memperoleh Review yang Bagus

Tips yang kelima, sebuah produk dikatakan berkualitas ketika berhasil mendapatkan respons positif dari para konsumen. Jika Anda baru pertama kali dan masih bingung mencari distributor terpercaya, maka usahakan untuk memilih distributor yang berhasil memperoleh respons yang bagus.

Banyaknya komentar bagus dari konsumen menunjukkan bahwa pihak distributor memiliki produk berkualitas. Karena para pelanggan merasa puas dengan pelayanan serta produk yang mereka dapatkan. Review atau testimoni seperti ini dapat menghapus keraguan Anda untuk memilih distributor tersebut.

6. Kualitas Bahan Baku Terjaga

Kualitas sebuah produk merupakan faktor yang sangat utama. Produsen atau distributor bubuk minuman wajib menjaga kualitas produknya tersebut, mulai dari tahap awal sampai tahan pendistribusian kepada konsumen.

Selain memperhatikan tanggal kadaluarsa, produk yang kondisinya masih bagus juga menandakan kualitasnya terjaga. Mutu di setiap produk atau barang wajib sama sehingga bahan baku tersebut konsisten di bagian rasa, tekstur, serta aromanya.

Karena itu, Anda perlu mencari distributor yang memiliki kriteria tersebut. Ketika sudah menemukannya, Anda bisa langsung menghubungi. Namun, karena ini adalah kali pertama Anda bekerja sama dengan distributor tersebut, mungkin masih ada proses negosiasi terlebih dahulu.

Proses tersebut meliputi penentuan stok yang Anda perlukan serta harganya. Selain itu, mungkin Anda juga masih perlu mengikuti antrian dengan konsumen lain yang terlebih dahulu melakukan pemesanan.

7. Stok Aman

Keamanan stok juga termasuk pertimbangan dalam memilih distributor bahan baku minuman. Usaha Anda kemungkinan akan bermasalah atau malah harus berhenti sementara karena stok barang yang Anda miliki sering terlambat, berubah-ubah, atau bahkan tidak jelas.

Ada distributor yang tidak profesional, di mana proses pengiriman bahan baku cenderung terlambat. Akhirnya, bisnis yang Anda jalankan tidak bisa beroperasi pada hari itu karena tidak ada stok yang cukup.

Solusinya adalah Anda wajib memastikan bahwa distributor tersebut memberikan jaminan terkait stok barang. Sehingga, Anda tidak akan kehabisan bahan baku karena agen bubuk minuman selalu mengirimkan bahan baku secara tepat dengan jumlah yang sesuai.

8. Pengiriman Cepat

Poin yang kedelapan ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Selain menjamin ketersediaan stok, distributor yang Anda pilih juga harus mampu mengirimkan stok bahan baku kepada Anda sesuai kesepakatan.

Tidak sedikit pelaku usaha yang mengeluh karena pengiriman stok bahan baku yang terlambat. Apalagi stok barang yang Anda miliki semakin menipis atau bahkan tidak ada sama sekali. Karena itu, pertimbangkan waktu pengiriman stok bahan baku dari distributor sampai ke Anda.

Karena keterlambatan yang terjadi berpotensi menyebabkan kerugian terhadap usaha Anda. Apalagi ketika usaha yang Anda jalankan memasuki peak season dan permintaan terhadap produk Anda semakin meningkat dari hari-hari biasanya.

Jangan biarkan pelanggan Anda berbalik badan karena kecewa minuman yang dibeli habis karena stok kosong. Kondisi ini juga akan mempengaruhi citra buruk di mata para pelanggan. Karena itu, Anda harus bisa menghindarinya dengan memilih distributor bubuk minuman yang mengirimkan produknya secara tepat waktu.

9. Pilih Distributor yang Jaraknya Dekat

Tips yang kesembilan ini sebenarnya bersifat opsional. Mengapa? Karena distributor yang dekat tidak menjamin kualitas sebuah produk. Akan tetapi, pertimbangan jarak yang dekat dengan lokasi usaha Anda akan memudahkan proses pengiriman bahan baku.

Bahkan Anda tidak harus menunggu distributor tersebut mengirimkan produknya ke Anda. Sebaliknya, Anda bisa mengambilnya sendiri karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Jadi, coba lihat di sekitar Anda lebih dulu, apakah ada distributor bahan baku minuman yang lokasinya dekat atau tidak. Kemudian Anda perlu melihat apakah distributor yang memberikan layanan jual bubuk minuman tersebut memang berkualitas.

Sudah Tahu Tips untuk Memilih Distributor Bubuk Minuman?

Sekian pembahasan tentang tips memilih distributor bubuk minuman. Bagi yang memerlukan produk berkualitas, JAPO adalah distributor bubuk kualitas premium. Karena JAPO memiliki produk yang diproses secara higienis oleh para tenaga profesional sehingga kualitasnya terjamin. Semoga bermanfaat!