minuman rasa kopi

15 Varian Minuman Rasa Kopi Paling Diburu oleh Kalangan Muda

Bagikan artikel ini

Selain minuman kopi murni, ada berbagai minuman rasa kopi lainnya yang patut Anda coba. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari oleh banyak orang dari berbagai negara.

Sekarang, kopi tidak sekadar untuk menghilangkan mengantuk, tetapi juga menjadi tren dan gaya hidup bagi kalangan muda. Bagi sebagian orang, minum kopi di pagi hari merupakan ritual yang perlu mereka lakukan setiap hari. Ingin tahu lebih lanjut? Ikuti penjelasan lengkapnya di bawah ini.

15 Varian Minuman Rasa Kopi

Berikut ini terdapat 15 varian minuman rasa kopi yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Black Coffee

Black coffee atau kopi hitam merupakan hasil ekstraksi langsung dari bubuk minuman premium kopi yang direndam menggunakan air panas. Varian ini kemudian tersaji tanpa menambahkan perisa apa pun sehingga rasanya pahit. Penggemar kopi hitam kebanyakan adalah orang-orang dewasa.

2. Espresso

Mirip dengan kopi hitam, varian satu ini juga tidak menggunakan campuran susu maupun gula. Untuk membuat espresso, perlu menggunakan alat khusus yang bernama tamper.

Espresso bertekstur pekat, pahit, dan terdapat buih putih di atasnya yang terbentuk dari tekanan minyak di dalam bubuk kopi. Biasanya, varian ini disajikan menggunakan cangkir khusus espresso berukuran 30 ml sampai 118 ml.

Terdapat istilah “shot” yang berkaitan erat dengan minuman ini. Misalnya, 1 shot berarti 1 gelas espresso. Umumnya, varian ini sering digunakan untuk menambah cita rasa kopi yang biasanya tersedia dalam opsi extra shot espresso.

3. Americano

Americano adalah varian minuman kopi dari espresso yang diencerkan. Walaupun begitu, kandungan kafein di dalam americano sama dengan espresso. Varian ini memiliki rasa pahit yang tidak terlalu pekat dan bisa Anda nikmati dalam keadaan panas maupun dingin.

4. Cold Brew

Varian selanjutnya adalah cold brew yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Untuk membuat minuman ini, seduh bubuk kopi terlebih dahulu menggunakan air dingin semalaman agar rasanya lebih halus dan tidak terlalu pahit.

Setelah itu, sesuai dengan namanya, seduhan cold brew yang dingin ini bisa langsung Anda saring dan minum. Selain itu, Anda juga bisa tambahkan dengan air jika rasanya terlalu pekat.

5. Latte

Minuman latte atau kopi susu terbuat dari espresso dan susu dengan perbandingan 1:2. Latte merupakan minuman yang cocok jika Anda tidak suka rasa kopi yang terlalu pekat.

Biasanya, jenis minuman rasa kopi ini disajikan dalam cangkir dengan sedikit busa di atasnya yang digunakan untuk membuat motif-motif lucu dan indah. Latte dapat Anda nikmati dalam bentuk dan rasa originalnya atau dengan perisa, seperti vanilla dan kayu manis.

6. Cappuccino

Mirip dengan latte, varian ini juga merupakan campuran dari espresso, susu panas, dan frothed milk. Bedanya, busa yang ada di Cappuccino lebih tebal sekitar 2 cm dan ditaburi dengan bubuk kakao atau kayu manis di atasnya.

Tersedia juga varian cappucino yang menggunakan krim sebagai pengganti susu dan ada juga yang memberikan penambah rasa.

7. Macchiato

Macchiato adalah varian minuman rasa kopi yang juga berbasis espresso dan sedikit susu dengan perbandingan 4:1. Minuman ini memiliki kemiripan dengan latte dan cappuccino.

Namun, macchiato memiliki rasa kopi yang lebih pekat dibandingkan keduanya. Biasanya, terdapat tuangan sirup seperti karamel di atasnya saat disajikan.

8. Mochaccino

Varian yang kedelapan adalah mochaccino yang terbuat dari espresso, cokelat, steamed milk, dan foamed milk. Minuman ini merupakan espresso dengan susu yang lebih sedikit yang dicampur dengan bubuk atau sirup coklat.

9. Frappe

Frappe termasuk minuman rasa kopi yang harus disajikan dalam keadaan dingin. Varian satu ini dibuat dengan cara memblender susu dengan es batu yang ditambahkan dengan espresso. Tekstur minuman ini seperti es serut dan bisa Anda tambahkan dengan sirup sesuai dengan selera.

10. Affogato

Varian ini sering kali dianggap sebagai hidangan penutup atau dessert. Cara membuat minuman ini yaitu dengan menambahkan satu sendok es krim vanila ke satu atau dua gelas espresso.

Anda dapat mengkonsumsi affogato dengan menunggu es krim mencair atau memakan es krimnya lebih dulu, kemudian meminum kopinya.

11. Doppio

Doppio adalah varian yang terdiri dari espresso shot ganda dan tentunya memiliki volume yang lebih banyak dari espresso biasa. Satu cangkir doppio berisi 60 ml dan sesuai untuk dikonsumsi bagi Anda yang membutuhkan semangat dan energi ekstra untuk menjalani hari.

12. Cortado

Jenis minuman rasa kopi asal Spanyol ini terbuat dari espresso dan susu dengan perbandingan 1:1. Cortado kerap kali terbilang mirip dengan macchiato, bedanya varian ini memiliki rasa kopi yang tidak terlalu pekat dan lebih manis.

13. Flat White

Flat white terdiri dari espresso dan susu dengan perbandingan 2:3. Varian ini sesuai dengan perbandingannya, menggunakan dua espresso shot dan susu yang lebih banyak dari latte. Minuman ini disajikan tanpa foamed milk serta memiliki rasa yang lebih kuat dari latte dan lebih lembut dari cappuccino.

14. Galao

Galao juga merupakan minuman rasa kopi yang berbahan dasar espresso dan memiliki kemiripan dengan latte dan cappucino. Varian ini memiliki perbandingan kopi dan susu 1:3. Bedanya, minuman ini tidak menggunakan tambahan steamed milk, melainkan frothed milk.

15. Long Black

Varian yang terakhir adalah long black. Minuman ini mirip dengan americano, tetapi memiliki cara pembuatan yang agak berbeda. Jika americano dibuat dengan menyeduh espresso dahulu dan ditambahkan air, minuman ini justru sebaliknya.

Long black dibuat dengan menuangkan air terlebih dulu, kemudian menambahkan espresso sesuai dengan selera. Takaran air di dalam varian ini lebih sedikit sehingga teksturnya tidak seencer americano.

Tertarik Mencoba Berbagai Minuman Rasa Kopi di Atas?

Secara garis besar, berbagai varian minuman rasa kopi di atas terdiri dari dua bahan, yaitu espresso dan susu. Walaupun begitu, setiap minuman memiliki cita rasanya sendiri dan tentunya menarik untuk dicoba bagi Anda para pecinta kopi.

Jika Anda tertarik untuk menciptakan minuman berbahan dasar kopi, maka Anda bisa mendapatkannya di JAPO. Sebab, JAPO jual bubuk minuman premium dan tentunya berkualitas. Jenis bubuk minuman kopi dari JAPO pun beragam, mulai dari cappucino, mochaccino, dan latte.

Anda bisa mencoba berbagai jenis bubuk minuman kopi dari JAPO dengan berbagai sensasi yang berbeda, hubungi kontak JAPO sekarang dan dapatkan informasi yang lebih lengkap lainnya.