minuman teh kekinian

Peluang Bisnis Menyegarkan yang Menguntungkan dari Minuman Teh Kekinian

Bagikan artikel ini

Belakangan ini, jumlah kedai dan booth yang menawarkan minuman es teh semakin banyak jumlahnya. Menjamurnya bisnis minuman teh kekinian bukanlah fenomena yang terjadi tanpa alasan. Usaha ini ternyata memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba usaha ini, Anda perlu mengetahui beberapa hal dibawah ini, mulai dari peluang, kendala, dan estimasi modal bisnis minuman teh kekinian.

Alasan Memilih Bisnis Es Teh

Es teh memang menyegarkan, tetapi bisnis minuman es teh kekinian lebih menyegarkan lagi karena prospeknya yang cukup bagus. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut, mari simak detailnya di bawah ini.

1. Harga Es Teh Sangat Terjangkau

Tahukah Anda mengapa es teh selalu menjadi best seller di restoran atau rumah makan di Indonesia? Biasanya, es teh dibanderol dengan harga paling murah di antara jenis minuman lainnya. Oleh karena itu, konsumen tidak akan berpikir panjang untuk memesan dan membeli minuman tersebut.

Dengan harga yang murah, artinya bisnis es teh bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Anda bisa mengincar anak-anak sekolah, mahasiswa, hingga orang-orang dewasa yang sudah bekerja sebagai target pasarnya. Jadi, target pasar minuman teh kekinian cukup luas.

2. Es Teh Minuman Favorit Orang Indonesia

Alasan kedua mengapa bisnis es teh kekinian begitu menjanjikan adalah kebanyakan orang Indonesia suka es teh. Minuman ini sangat familiar di masyarakat Indonesia pada umumnya. Es teh punya rasa yang simpel dan disukai oleh anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan sampai orang berusia lanjut.

Berbeda dengan usaha minuman coklat, minuman tersebut hanya disukai oleh anak-anak hingga remaja. Biasanya, orang dewasa atau yang sudah berusia lanjut kurang menyukai minuman ini karena rasanya yang terlalu manis dan kurang sesuai dengan selera mereka.

Artinya, Anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen jika berbisnis es teh dibandingkan jenis minuman lainnya. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bisnis ini lebih mudah berkembang.

3. Hanya Memerlukan Modal Minim

Masih berhubungan dengan harga jual es teh yang murah, ternyata modal yang Anda perlukan untuk memulai usaha minuman teh kekinian ini pun tidak terlalu banyak. Pasalnya, alat-alat yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini juga relatif minim. Perabotan dan alat yang Anda butuhkan antara lain adalah:

  • kompor gas,
  • panci,
  • gelas takar,
  • box teh,
  • box es,
  • counter kayu, serta
  • sealer atau alat press gelas.

Semua peralatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan untuk memulai bisnis es teh juga bisa Anda beli dengan harga yang murah. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahan dengan harga terjangkau di toko yang jual bubuk minuman grosir.

4. Tidak Membutuhkan Keahlian Khusus

Memulai bisnis es teh kekinian tidak memerlukan skill atau keahlian khusus. Anda tentu sudah memahami bagaimana cara menyajikan es teh. Secara garis besar, Anda cukup siapkan air panas untuk menyeduh daun teh berkualitas dengan takaran yang sesuai. Setelah itu, campurkan gula serta es batu atau tambahan lain.

Kemudian kemas es teh sesuai dengan selera dan tema brand Anda. Maka, es teh siap untuk Anda pasarkan.

Alat yang akan Anda gunakan saat berjualan es teh juga hanya sedikit. Anda mungkin hanya perlu belajar bagaimana cara menggunakan alat press gelas atau sealer dengan benar. Selebihnya, tidak ada alat lain yang harus dioperasikan dengan cara yang rumit. Faktor ini juga menjadi alasan mengapa bisnis es teh sangat menjamur belakangan ini.

Apa saja Kendala dalam Bisnis Minuman Teh Kekinian?

Meski berjualan es teh sangat menjanjikan dengan 4 alasan yang telah Anda simak di atas, kendala dalam bisnis minuman ini tidak bisa terhindarkan. Jika memilih terjun di bisnis es teh, bersiaplah untuk menghadapi 2 hambatan utama berikut ini.

A. Persaingan Semakin Sengit

Coba perhatikan di lingkungan sekitar Anda, sudah ada berapa booth es teh yang ada saat ini? Di lingkungan sekitar kampus atau sekolah, sudah pasti ada lebih dari satu penjual es teh, baik yang kekinian atau tidak. Artinya, persaingan di bisnis minuman ini cukup ketat.

Untuk mengatasi kendala tersebut, Anda perlu menciptakan hal yang berbeda atau ciri khas yang membuat calon konsumen merasa tertarik. Misalnya, dengan menjual varian es teh yang tidak dijual oleh para pesaing serta pelayanan yang unik dan menyenangkan.

B. Cuaca Dingin atau Hujan

Sudah bukan rahasia lagi jika cuaca yang panas dan terik merupakan ‘sahabat’ bagi pebisnis minuman dingin, terutama es teh. Sebaliknya, cuaca hujan atau udara yang dingin menjadi hambatan besar untuk menjalankan bisnis es teh kekinian.

Omzet bisa menurun drastis saat cuaca sedang hujan. Namun, kondisi tersebut masih bisa teratasi kalau Anda memilih lokasi yang strategis dan mudah diakses. Meski omzet akan menurun untuk sesaat, tidak akan sulit untuk memperoleh pembeli lagi.

Berapa Estimasi Modal Bisnis Teh Kekinian?

Anda dapat memulai bisnis minuman teh kekinian secara mandiri tanpa program waralaba dari brand dengan modal lebih minim, silakan simak rincian di bawah.

1. Modal Awal

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang Anda perlukan sebagai modal awal untuk menjalankan usaha es teh kekinian.

  • Booth/gerobak : Rp1.000.000,00
  • Termos : Rp100.000,00
  • Toples 3 buah : Rp50.000,00
  • Gelas & tutup plastik ukuran 16 OZ : Rp15.000,00
  • Sedotan isi 500 : Rp25.000,00
  • Gelas ukur 500ml : Rp120.000,00
  • Saringan : Rp15.000,00
  • X-banner 60×160 cm + jasa desain : Rp100.000,00

Jadi, total modal awal yang harus Anda siapkan adalah Rp1.600.000,0. Jika memilih menggunakan mesin sealer, modalnya bisa bertambah sekitar Rp500.000,00 hingga Rp1.000.000,00.

2. Penjualan Per Bulan (Realistis)

Estimasikan Anda bisa menjual 60 cup es teh per hari dengan harga Rp4.000,00/cup. Maka, perhitungan omzet dalam sebulan adalah:

60 x Rp4.000,00×30=Rp7.200.000,00

Berdasarkan perkiraan di atas, Anda hanya butuh waktu 1 bulan penjualan yang konsisten untuk mendapatkan kembali modal awal Anda.

Namun, Anda juga tidak boleh lupa memperhitungkan biaya modal bahan dan operasional untuk mengetahui pendapatan bersih dari bisnis ini.

Notes: Nominal modal diatas hanya estimasi yang bisa berubah, artinya modal yang kamu butuhkan bisa lebih dan bisa kurang. Tergantung kapasitas bisnis yang akan kamu jalankan.

Jangan Ragu Memulai Bisnis Teh Kekinian!

Meskipun persaingannya makin ketat, tetapi keuntungan yang bisa Anda hasilkan dari bisnis minuman teh kekinian rupaya cukup besar jika Anda dapat berjualan secara konsisten.

Begitu pun, Anda tetap memerlukan strategi pemasaran dan penjualan yang matang, serta berusaha untuk meninjau berbagai risiko yang mungkin terjadi agar Anda dapat membuat keputusan dan eksekusi bisnis yang minim kerugian.