ide nama usaha minuman

Ide Nama Usaha Minuman Unik yang Memikat Pelanggan

Bagikan artikel ini

Bisnis minuman merupakan sebuah usaha yang cukup populer belakangan ini. Jika tertarik memulai bisnis ini. Maka, selain harus membuat konsep dan perencanaan matang, Anda juga harus menemukan ide nama usaha minuman yang unik dan dapat menarik pelanggan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa ide nama usaha minuman yang unik dan menarik perhatian banyak orang, sehingga bisnis akan terus berkembang.

Ide Nama Usaha Minuman yang Unik dan Menarik

Pemilihan nama usaha tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan karena berkaitan dengan brand dan identitas dari produk Anda. Berikut adalah beberapa ide nama bisnis minuman menarik yang dapat Anda gunakan:

1. Menggambarkan Produk Anda dengan Jelas

Bisnis minuman umumnya menggunakan nama usaha yang dapat menggambarkan produk yang Anda tawarkan dengan jelas. Dengan demikian, para konsumen dapat mengidentifikasi produk yang Anda jual dengan mudah dan tertarik untuk membelinya karena sesuai dengan preferensi mereka.

Contoh nama usaha berikut juga menggambarkan produk dengan jelas:

  • Boba Lu: Menggambarkan produk minuman boba yang khusus untuk pelanggan atau merupakan minuman favorit “lu” atau “kamu”.
  • Juicy Home: Kedai aneka ragam jus dan memiliki gerai rumahan.
  • Kebun Teh: Menjual variasi minuman teh dengan setting gerai bernuansa alam.
  • Serba Boba: Nama ini menerapkan sajak, namun juga menggambarkan bahwa semua produk yang dijual menggunakan boba.

2. Pengaplikasian Permainan Kata

Penggunaan permainan kata sebagai ide nama usaha minuman dapat memberikan kesan humor, sekaligus cerdas kepada pelanggan. Penggunaan kata-kata yang ‘diplesetkan’ dapat menjadi ciri khas yang membuat pelanggan dengan mudah mengingat dan mengidentifikasi produk Anda.

Selain dengan ‘plesetan’ kata, Anda juga dapat mencoba menambahkan ejaan, rima, tanda baca, dan kosa kata asing pada nama usaha minuman. Terlebih, jika ingin memulai bisnis minuman kekinian, maka Anda harus menciptakan brand yang fresh dan dapat menarik minat kalangan muda.

Beberapa nama usaha minuman yang menggunakan teknik penamaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Soklates: Berasal dari nama filsuf Yunani Socrates, menjual minuman coklat.
  • Ik! Kopi: ‘Iki’ berarti ‘ini’ dalam bahasa Jawa, mengalami modifikasi huruf i terakhir menjadi tanda seru mengindikasikan seruan dan menjual kopi.
  • Shake to Take: Menjual milkshake yang dapat konsumen ambil [take] kapanpun.
  • Petite Coffee: Berasal dari bahasa Inggris petite [kecil], menunjukkan coffee shop berukuran kecil.
  • Espanilla: Cocok untuk Anda yang ingin menjual minuman olahan susu atau vanila.
  • Sun Thai: Ini adalah plesetan kata “santai”. Menggambarkan bahwa konsumen bisa beli minuman sampai santai-santai di kedai.

3. Referensi Lokasi atau Karya Seni

Ide nama bisnis minuman menggunakan referensi lokasi atau karya seni (buku, film, dan sebagainya) membuat konsumen mengingat brand dan produk Anda lebih baik. Sebab, pengasosiasian produk ada pada referensi tersebut. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Es Tape Sonokembang: Menunjukkan gerai pertama es tape yang berlokasi di Jalan Sonokembang.
  • Kopi Gundala: Produk kopi yang dijual dengan konsep seri komik dan film Gundala.
  • Jamu Centhini: Kedai yang menjual jamu-jamu tradisional khas Jawa yang diasosiasikan dengan Serat Centhini.
  • Jack Frost Cafe: Tempat jual kopi bisa mengusung konsep sesuai dengan tokoh animasi Jack Frost.

4. Menggunakan Kata-Kata yang ‘Mengundang’

Agar dapat menarik pelanggan, penggunaan kata-kata yang menggugah selera atau hiperbolis dapat Anda jadikan referensi nama usaha. Pastikan, kata tersebut dapat dipahami orang banyak atau mengikuti trend kata-kata populer. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Milkshake Yummy: Menekankan kata yummy [enak] sebagai kualitas dominan milkshake.
  • Es Teh Joss!: Penggunaan kata ‘joss’ menekankan kualitas rasa es teh yang enak dan sedap.
  • Kopi Kuy!: Penggunaan kata “kuy” adalah untuk mengajak konsumen membeli dan mengkonsumsi kopi.
  • Susu Legit: Nama ini juga cenderung menggunakan kata yang mengundang, karena memberitahu bahwa produk susu yang dijual enak atau legit.

Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Memilih Ide Nama

Setelah memutuskan ide nama usaha minuman yang akan Anda gunakan. Maka, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar brand produk Anda dapat berdiri dan mampu bertahan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pilihlah Target Konsumen dengan Tepat

Ketika akan memulai bisnis, tentunya Anda harus membuat segmentasi target konsumen Anda dengan tepat terlebih dahulu. Penentuan target konsumen ini berperan penting dalam penentuan nama usaha, identitas brand, dan juga strategi pemasaran.

Sebagai contoh, Anda ingin membuka gerai es teh kekinian untuk kalangan usia 17 – 30 tahun. Tentunya, Anda tidak ingin menggunakan nama usaha seperti ‘Es Teh Asli Gula Pasir’ karena tidak terdengar menarik ataupun menjanjikan. Anda sebaiknya menggunakan nama yang lebih simple dan kekinian seperti ‘Es Teh Mu’.

2. Perhatikan Hak Cipta dan Potensi Plagiarisme

Setelah menentukan ide nama usaha minuman yang sesuai. Maka, Anda harus segera cek apakah nama itu telah dipakai oleh pengusaha untuk produk lain atau tidak. Anda tentu tidak ingin terkena masalah plagiasi dan pelanggaran hak cipta untuk identitas brand dan malah berujung sengketa di jalur hukum, bukan?

3. Bangun Identitas Brand Anda dengan Baik dan Kreatif

Saat memutuskan ide nama bisnis, Anda tentu telah merancang strategi pemasaran yang sesuai dan akan mendatangkan keuntungan bagi usaha. Di zaman serba digital seperti sekarang, penggunaan media sosial sebagai media promosi merupakan medium yang ampuh untuk membangun identitas brand.

Usahakan membangun brand Anda dengan konten-konten positif dan menarik. Jangan berupaya membuat konten-konten penuh sensasi bernuansa negatif. Konten-konten positif ini nantinya akan membuat citra brand Anda menjadi baik dan dapat membuka peluang keuntungan yang lebih besar.

Ide Nama Usaha Minuman Mana yang Menarik Perhatian?

Penentuan ide nama usaha minuman yang tepat dapat membuat bisnis minuman Anda berkembang dengan pesat. Jika ingin memulai usaha minuman kekinian dengan beraneka rasa dan varian, Anda dapat bekerja sama dengan distributor bubuk minuman dari JAPO.

JAPO merupakan agen bubuk minuman dengan kualitas terjamin dan harga yang ramah di kantong. Tempat jual bubuk minuman coklat, kopi, hingga berbagai rasa buah-buahan ini akan buat rasa minuman Anda lebih unggul karena kualitas premiumnya.

Anda bisa menghubungi kontak JAPO terlebih dahulu untuk berdiskusi dengan salah satu tim JAPO. Yuk, mulai usaha minuman Anda sekarang dengan nama minuman yang unik.