contoh daftar menu minuman kekinian

Tips dan Contoh Daftar Menu Minuman Kekinian dan Unik

Bagikan artikel ini

Sebagian besar pemilik bisnis kuliner biasanya selalu fokus pada kenyamanan tempat saja. Padahal, ada aspek penting lain yang perlu dijaga agar dapat menarik perhatian pelanggan. Salah satunya adalah contoh daftar menu minuman kekinian. Daftar menu ini seringkali dianggap sepele, namun sebenarnya penting untuk Anda perhatikan.

Daftar menu bisa menjadi sarana paling utama yang mengantarkan pelanggan untuk mengenal berbagai menu yang ada di kafe atau restoran Anda. Jadi, Anda perlu membuat daftar menu yang menarik dan elegan untuk meyakinkan pelanggan terkait kualitas bisnis Anda. Simak berbagai contoh dan tipsnya dalam ulasan di bawah ini!

Contoh Daftar Menu Minuman Kekinian

Beberapa contoh daftar menu makanan dan minuman yang kekinian dan elegan, antara lain:

A. Daftar Menu Digital

Perkembangan teknologi yang semakin modern, bisa Anda terapkan dalam membuat daftar menu untuk bisnis kuliner Anda. Saat ini, ada banyak kafe dan restoran yang sudah menyediakan daftar menu makanan dan minuman dalam bentuk digital.

Tidak hanya memberikan kesan praktis, cara ini juga bisa membantu Anda untuk menghemat pengeluaran, karena tidak perlu menyediakan daftar menu dalam bentuk cetak. Para pelanggan hanya perlu mengakses menu melalui gadget.

B. Daftar Menu Bergambar

Contoh daftar menu minuman kekinian juga dapat berupa perpaduan gambar dan deskripsi singkat. Anda bisa membuat daftar menu dengan menampilkan gambar makanan dan minuman beserta nama menunya.

Pelanggan banyak menyukai daftar menu jenis ini, lantaran terdapat gambaran yang jelas mengenai menu yang akan dipesan. Sementara itu, keterangan gambar di daftar menu dapat Anda tuliskan nama menu dan rincian harganya.

C. Daftar Menu Katalog

Contoh daftar menu yang memberikan kesan rapi dan mewah bisa Anda lihat pada daftar menu berbentuk katalog atau buku. Jenis katalog ini biasanya banyak digunakan oleh pemilik restoran besar. Daftar menu katalog memuat pilihan menu makanan dan minuman yang sangat banyak dan lengkap, dengan gambar dan deskripsi menu.

D. Daftar Menu Lembaran

Contoh lain dari daftar menu yang masih banyak digunakan hingga saat ini adalah daftar menu berbentuk lembaran. Ini adalah daftar menu yang paling sering Anda temui di kafe maupun restoran.

Daftar menu lembaran cukup sederhana dan praktis, karena bisa memuat informasi menu makanan dan minuman dalam satu lembar saja. Biasanya, bagian depan berisi pilihan menu makanan. Sementara bagian belakang berisi pilihan menu minuman.

Tips Membuat Daftar Menu Minuman Kekinian

Setelah mengetahui berbagai contoh daftar menu minuman kekinian, Anda bisa memahami lebih jauh bagaimana cara membuat daftar menu minuman dan makanan yang menarik. Berikut ini tipsnya:

1. Perhatikan Tata Letak dan Desain Menu

Ada banyak pilihan bentuk daftar menu yang bisa Anda jadikan referensi, misalnya daftar menu berbentuk lembaran, katalog, maupun digital. Anda bisa menyesuaikan bentuknya berdasarkan tipe restoran atau kafe Anda.

Misalnya, Anda memiliki restoran keluarga dengan menu yang banyak, bentuk daftar menu katalog bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara kafe kekinian bisa menggunakan daftar menu bentuk digital.

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan desain buku menu ini. Cobalah untuk menyelaraskan tema restoran atau kafe Anda dengan desain daftar menu, agar tampak lebih menarik.

2. Tambahkan Gambar yang Representatif

Gambar adalah elemen visual yang penting dalam membuat desain contoh daftar menu minuman kekinian. Pastikan Anda menambahkan foto atau gambar minuman dan makanan sesuai menu yang Anda tawarkan.

Foto yang representatif tentu akan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan, sehingga mereka tertarik untuk mencoba menu tersebut. Pasalnya, pelanggan jadi memiliki gambaran seperti apa menu yang Anda tawarkan.

3. Berikan Deskripsi Menu yang Jelas

Tidak hanya foto atau gambar, Anda juga perlu menambahkan deskripsi singkat di setiap menu makanan dan minuman untuk kafe atau restoran Anda. Tips ini bertujuan untuk memberitahu pelanggan terkait makanan seperti apa yang akan dikonsumsi.

Deskripsi singkat menu bisa mencakup terkait rasa, tingkat kepedasan, bahan utama, termasuk menu signature, dan deskripsi lainnya. Pastikan Anda menggunakan bahasa yang baik dan sederhana, sehingga mudah dipahami semua orang.

4. Perhatikan Tipografi dan Warna

Pemilihan warna dan tipografi untuk membuat desain daftar menu yang menarik, juga perlu Anda perhatikan dengan cermat. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan tema bisnis Anda. Umumnya, bisnis kuliner menggunakan warna merah sebagai warna utamanya.

Sementara tipografi berkaitan dengan tulisan yang ada di daftar menu. Pemilihan jenis font yang sesuai dengan desain menu tentu akan memudahkan pelanggan saat membaca menu.

Hindari penggunaan satu font saja, Anda bisa memilih lebih dari satu jenis font dengan ukuran yang berbeda. Misalnya, Anda menggunakan font berukuran lebih besar untuk nama menu. Sedangkan deskripsi menu menggunakan font berukuran lebih kecil.

5. Menyederhanakan Harga

Mencantumkan harga pada daftar menu terbilang cukup tricky. Anda bisa menghindari mencantumkan harga secara detail di setiap menu, agar pelanggan tidak berfokus pada harganya saja. Namun, sebagian pelanggan justru membutuhkan informasi harga ini, agar bisa menyesuaikan uang yang dimiliki.

Anda bisa menuliskan harga di setiap menu secara sederhana dengan menghilangkan angka terakhir dari nominal harganya. Sebagian kafe saat ini sudah menerapkan cara ini pada contoh daftar menu minuman kekinian, agar tidak mengganggu pandangan pelanggan saat akan memesan makanan atau minuman.

6. Mencantumkan Menu Paket dan Signature

Contoh daftar menu minuman kekinian biasanya juga mencantumkan pilihan menu paket dan menu signature untuk menarik perhatian pelanggan. Anda bisa membedakan kedua menu ini dengan membuat tulisan berukuran lebih besar dan warna yang berbeda.

Dengan begitu, pandangan pelanggan akan lebih mudah teralihkan untuk melihat menu ini terlebih dahulu. Ini adalah cara yang efektif untuk memberitahu pelanggan tentang menu apa yang paling favorit dari bisnis kuliner Anda.

Sudah Dapat Gambaran Contoh Daftar Menu Minuman Kekinian?

Itulah beberapa tips penting yang bisa Anda ikuti untuk membuat daftar menu yang berbeda dari yang lain. Tips ini meliputi pemilihan tipografi, warna, bentuk, desain, penambahan gambar, deskripsi menu, tampilan harga, dan pilihan menu signature.

Selain perihal desain daftar menu, bagi Anda yang ingin memulai usaha minuman kekinian, pastikan Anda memilih distributor maupun agen bubuk minuman yang terpercaya. JAPO sebagai distributor bubuk minuman bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyediakan bahan baku produk minuman usaha Anda.

Karena tersedia berbagai varian rasa minuman yang mampu memenuhi kebutuhan menu produk minuman Anda serta kemasannya juga ada yang kiloan. Sehingga, lebih hemat bagi Anda untuk stok bahan baku. Tak hanya bubuk minuman, JAPO juga menyediakan aneka topping untuk melengkapi penampilan minuman Anda.

Tunggu apa lagi? Hubungi kontak JAPO sekarang untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan berdiskusi dengan salah satu tim JAPO.