Yuk Cari Tahu, Apa Perbedaan Moccacino dan Cappucino

Yuk Cari Tahu, Apa Perbedaan Moccacino dan Cappucino

Bagikan artikel ini

Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang disukai oleh banyak orang, khususnya bagi orang dewasa. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali jenis minuman kopi yang bisa Anda konsumsi sesuai selera. Misalnya, seperti moccacino dan cappucino. Namun, sebenarnya apa perbedaan moccacino dan cappucino?

Sebagian orang pasti belum mengetahui perbedaan antara kedua jenis minuman kopi ini. Sebab, sekilas rasanya dan bahan baku yang digunakan hampir mirip. Akan tetapi, ternyata kedua minuman ini memiliki perbedaan yang mudah Anda kenali, lho.

Bagi Anda yang penasaran dengan perbedaan moccacino dan cappucino, simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini, ya!

Apa Itu Moccacino dan Cappucino?

Sebelum masuk ke ulasan mengenai perbedaan moccacino dan cappucino, tentunya Anda harus mengetahui kedua jenis minuman kopi ini terlebih dahulu. Dengan begitu, nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk mengenali perbedaannya ketika mencicipi minuman tersebut.

Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat tentang moccacino dan cappucino sebagai jenis minuman kopi populer sekarang ini.

1. Moccacino

Moccacino merupakan minuman kopi yang berasal dari kombinasi espresso, susu cair, dan juga cokelat. Bahkan di beberapa negara, minuman ini juga bisa dinikmati dengan tambahan sambuca, sejenis minuman beralkohol dengan tambahan tiga biji kopi yang mengambang di atasnya.

Bisa dikatakan, bahwa moccacino merupakan jenis minuman yang banyak mengandung kalori. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan yang terdapat di dalam campuran kopi tersebut, yaitu susu dan cokelat.

Jadi, sudah pasti semakin manis rasa kopi ini, maka akan semakin tinggi kalorinya. Makanya, tidak heran jika moccacino bukanlah pilihan yang cocok bagi para pecinta kopi yang tidak suka rasa kopi yang kurang kuat.

2. Cappucino

Cappucino merupakan jenis minuman kopi yang sangat populer di Italia. Menariknya, hampir setiap hari orang Italia selalu mengkonsumsi minuman ini. Rasanya yang tidak terlalu pahit dengan cita rasa kopi yang rendah membuat banyak orang lebih mudah menerima minuman kopi ini.

Terutama bagi kalangan muda dan perempuan yang tidak menyukai aroma dan rasa kopi yang terlalu pekat.

Adapun komposisi utama dari cappucino adalah espresso yang ditambahkan dengan susu cair dan busa atau foam di bagian atasnya. Beberapa kedai kopi juga sering kali mengganti susu dengan bubuk kayu manis.

Nama cappucino sendiri dipilih sebagai representasi busa atau foam yang ada di bagian atas cangkir dengan bentuk menyerupai sebuah topi atau cap. Pada saat itu, topi ini kerap digunakan oleh para biarawan ordo Capuchin. Hal inilah yang kemudian membuat minuman kopi ini dinamakan dengan cappucino.

Dibanding dengan moccacino, kebanyakan orang justru lebih sulit membedakan antara cappucino dengan caffe latte. Padahal takaran bahan baku yang digunakan pada kedua minuman kopi tersebut jelas berbeda.

Perbedaan Moccacino dan Cappucino

Meski secara sekilas terlihat sama, namun perbedaan moccacino dan cappucino bisa Anda kenali dengan mudah melalui bahan baku dan komposisi yang ada di dalamnya.

Jika Anda gemar mengonsumsi kopi, tentu saja akan lebih mudah mengetahui perbedaan kedua minuman ini. Berikut adalah perbedaan moccacino dan cappucino yang bisa Anda kenali:

1. Komposisi

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan dalam perbedaan moccacino dan cappucino ada pada komposisinya. Secara umum, pembuatan moccacino memiliki komposisi ⅖ cokelat, ⅖ espresso, dan juga ⅕ susu cair.

Berbeda halnya dengan cappucino yang terdiri dari campuran ⅓ espresso, ⅓ susu cair, dan ⅓ foam susu. Jadi, masing-masing bahan baku pada minuman ini memiliki porsi yang sama.
Bahkan, tak jarang sejumlah kedai kopi juga menambahkan cokelat bubuk atau kayu manis di atas minuman ini agar terlihat lebih cantik.

Jadi, sudah bisa Anda pahami bahwa perbedaan kedua minuman ini terletak pada penggunaan cokelat sebagai salah satu komponen utama pada minuman moccacino.

2. Rasa dan Kandungan Gizi

Perbedaan moccacino dan cappucino yang selanjutnya dapat terlihat dari rasa dan kandungan gizi di dalamnya. Umumnya, cappucino akan menyisakan krim putih di area bibir ketika Anda meminumnya.

Hal ini karena cappucino mempunyai tekstur yang lebih creamy dan lembut dari susu yang dipadukan dengan espresso pekat, sehingga membuat minuman ini menjadi lebih kaya rasa.
Berbeda halnya dengan moccacino yang lebih menonjolkan cita rasa cokelat yang lebih kuat. Makanya, rasa creamy yang ada pada minuman ini berbeda dengan cappucino.

Kandungan gizi yang terdapat pada kedua jenis minuman ini juga cenderung berbeda. Perbedaan tersebut bisa terjadi karena tergantung dari bahan baku yang Anda gunakan.

Secara umum, 475 ml cappucino mengandung 130 kkal dengan 5 gram lemak, 8 gram protein, dan juga 13 gram karbohidrat. Sedangkan untuk kandungan gizi pada moccacino berukuran 480 ml, kurang lebih mengandung 44 gram karbohidrat.

Akan tetapi, perlu Anda pahami bahwa kandungan gizi tersebut tidak bisa disamaratakan pada setiap minuman moccacino dan cappucino yang dipesan.

3. Selera

Jika Anda merupakan tipe orang yang suka dengan kopi hitam, namun tidak terlalu menyukai sensasi pahitnya, maka bisa memilih cappucino sebagai alternatifnya. Sebab, perpaduan kopi hitam dan susu mampu memberikan sensasi pahit dan manis sekaligus.

Berbeda halnya jika Anda merupakan penggemar kopi dan cokelat sekaligus, tentu saja akan lebih memilih moccacino yang memadukan keduanya. Penambahan bubuk cokelat pada minuman ini tentunya akan memanjakan lidah Anda dengan sensasi yang berbeda.

Moccacino vs Cappucino, Manakah yang Lebih Anda Suka?

Itu dia ulasan lengkap tentang perbedaan moccacino dan cappucino yang sangat menarik untuk diketahui oleh para pecinta kopi. Semakin banyaknya orang yang menyukai kopi membuat kedai kopi di berbagai daerah banyak bermunculan.

Nah, jika Anda tertarik mencoba peruntungan dengan membuka kedai minuman, maka bisa coba bubuk minuman dari JAPO.

Supplier bubuk minuman biasanya tidak hanya menjual bubuk untuk minuman kopi saja, tetapi juga berbagai bubuk minuman bubble drink lainnya. Jadi, Anda bisa mencoba menjual berbagai jenis minuman yang mampu menarik pembeli.

Apalagi JAPO yang sudah sejak lama jual bubuk minuman di seluruh Indonesia. Cita rasa minuman yang dihasilkan pun sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.