Inilah Perbedaan Brown Sugar dan Gula Aren pada Minuman Kekinian

Inilah Perbedaan Brown Sugar dan Gula Aren pada Minuman Kekinian

Bagikan artikel ini

Belum banyak yang benar-benar memahami perbedaan brown sugar dan gula aren. Padahal, kedua jenis gula ini mungkin kita konsumsi hampir setiap hari. Salah satunya, dalam minuman kekinian.

Bahkan, tak jarang orang-orang menganggap kedua jenis gula ini sama. Apakah benar demikian? Artikel ini akan mengulas lengkap tentang kedua jenis pemanis kekinian ini.

6 Perbedaan Brown Sugar dan Gula Aren

Orang-orang seringkali mengira brown sugar sama dengan gula aren. Kemungkinan sebabnya adalah karena warna kedua pemanis ini mirip, yaitu berwarna coklat. Padahal, keduanya sebenarnya adalah jenis yang berbeda. Berikut 6 perbedaan keduanya:

1. Perbedaan Rasa Manis

Meskipun sama-sama manis, kedua jenis pemanis ini pada dasarnya membawa cita rasa yang berbeda. Brown sugar memiliki tingkat kemanisan yang lebih rendah. Itulah sebabnya, Anda akan butuh lebih banyak brown sugar, jika menginginkan rasa manis yang kuat.

Sementara perbedaannya dengan gula aren, gula aren memang terasa lebih manis dibanding brown sugar. Pemanis yang satu ini juga memiliki cita rasa karamel yang berasal dari proses pembuatannya. Ini adalah cita rasa khas yang menarik.

Inilah perbedaan pertama yang cukup mendasar. Sebab, perbedaan ini dapat langsung kentara begitu pemanis ini sampai di lidah. Meskipun seseorang mungkin dapat kurang merasakannya ketika mencampurnya dalam segelas minuman.

2. Perbedaan Bentuk dan Tekstur

Sedangkan dari sisi tekstur, brown sugar memiliki tekstur keras dengan bentuk butiran seperti kristal. Bentuk ini mirip dengan gula pasir yang Anda konsumsi sehari-hari. Hanya saja, brown sugar berwarna kecoklatan.

Sedangkan gula aren dibuat dengan cetakan. Dengan demikian, bentuknya akan mengikuti cetakan. Beberapa yang ditemukan di pasaran, pemanis aren ini dicetak berbentuk tabung terbungkus daun jati.

Beberapa produsen lain menggunakan batok kelapa sebagai cetakan. Dengan demikian, bentuknya menjadi seperti setengah bola. Namun, hal ini pada dasarnya tidak mempengaruhi rasa kualitas pemanis itu sendiri.

Anda juga tentu dapat mengikuti selera ketika melakukan pemilihan dalam pembelian jenis pemanis ini.

3. Perbedaan Bahan Baku

Berikutnya adalah perbedaan brown sugar dan gula aren yang paling mendasar, yaitu bahan baku pembuatnya. Kedua jenis pemanis ini terbuat dari bahan yang berbeda.

Brown sugar terbuat dari ekstrak tebu. Oleh sebab itu, jenis ini juga kerap dikenal sebagai gula tebu. Sedangkan warna coklat berasal dari sirup molase. Sirup ini yang menciptakan aroma karamel pada brown sugar ketika proses produksi.

Sementara gula aren ini berasal dari nira pohon aren. Nira dimasak dalam wajan besar dengan api sedang. Kemudian, sesekali adonan perlu diaduk, agar tidak beraroma gosong.
Pembuatan gula secara tradisional dengan menggunakan tungku arang, tentunya akan berpengaruh pada rasa. Sehingga, Anda akan mendapatkan kesan rasa nikmat yang tradisional bercampur dengan rasa alami yang kuat, ketika mencicipinya. Inilah yang menjadi ciri khas dari jenis pemanis yang satu ini.

4. Perbedaan Indeks Glikemik (GI)

Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan kandungan gula dalam darah yang berasal dari konsumsi makanan. Oleh sebab itu, kita dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan GI yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Perbedaan brown sugar dan gula aren juga terdapat pada hal ini. Pada brown sugar, angka GI adalah 65 dari skala 100. Sedangkan pada gula aren memiliki GI lebih rendah, yaitu 35.
Hal ini berpengaruh pada kesehatan seseorang. Bagi orang dengan sensitivitas gula yang tinggi, kandungan gula dalam darah mudah naik apabila mengkonsumsi makanan atau minuman dengan indeks glikemik tinggi.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memperhatikan kadar gula dalam darah sebelum memilih jenis gula yang hendak rutin dikonsumsi setiap hari. Agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Perbedaan Manfaat Kesehatan

Kedua jenis pemanis ini tentu memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Beberapa zat yang terkandung dalam brown sugar adalah kalsium, tembaga, kalium, zat besi, mangan, fosfor, dan magnesium.

Sedangkan pemanis dari nira aren memiliki kandungan nutrisi yang sedikit berbeda, antara lain vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, mentega, seng besi, dan inulin.

Merujuk dari informasi tersebut, kedua jenis pemanis ini memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, jumlah konsumsi pemanis per hari sebaiknya tetap merujuk pada jumlah kalori yang dianjurkan.

Misalnya, pada pria, American Heart Association menganjurkan untuk mengkonsumsi 150 kalori atau 37,5 gram yang setara dengan 9 sdt gula per hari. Sedangkan bagi wanita, jumlahnya jauh lebih sedikit, yakni hanya 100 kalori gula atau 25 gram dan setara 6 sdt dalam satu hari.

Sebab, apabila terlalu banyak, konsumsi gula justru berdampak buruk bagi kesehatan serta tidak membawa manfaat baik.

6. Perbedaan Tujuan Penggunaan

Dengan cita rasa yang berbeda, kedua jenis pemanis ini tentu pada dasarnya memiliki peruntukan yang berbeda. Meski demikian, kreasi tetap dapat Anda lakukan sendiri sesuai selera.
Perbedaan brown sugar dan gula aren terakhir, yakni brown sugar lebih banyak digunakan dalam berbagai jenis minuman. Sedangkan perisa aren cocok untuk makanan tradisional, seperti kue cucur, baceman, hingga gudeg.

Walaupun demikian, banyak pengusaha minuman kekinian yang menerapkan perisa aren pada minuman. Sebab, cita rasa khasnya seperti memadukan kesan modern dan tradisional. Terasa unik dan berbeda, namun tetap nikmat.

Untuk mencoba paduan ini sendiri, Anda juga dapat mencari supplier bubuk minuman. Salah satunya adalah Jakarta Powder yang menyediakan berbagai jenis bubuk minuman kekinian, seperti Red velvet, Dark Cookies, Choco Hazelnut, dan lain lain.

Selain pemilihan jenis pemanis, menggunakan bubuk minuman yang berkualitas adalah kunci terciptanya minuman kekinian yang nikmat. Oleh sebab itu, para pengusaha biasanya mencari banyak informasi agen jual bubuk minuman untuk membandingkan satu sama lain.

Selamat Menikmati Minuman Kekinian!

Demikianlah ulasan lengkap mengenai perbedaan kedua jenis pemanis yang marak kita temukan dalam minuman kekinian. Selain dari jenis minuman, pemilihan pemanis juga berpengaruh signifikan untuk menghasilkan rasa nikmat.

Bagi Anda penggemar minuman kekinian, informasi perbedaan brown sugar dan gula aren ini pasti bermanfaat untukmu. Sebab, Anda dapat semakin melakukan eksplorasi rasa untuk memanjakan lidah. Selamat menikmati!